Tips

Ada 6 Jenis Kamera Buat Traveling yang Wajib Kamu Ketahui

Traveling nggak lengkap kalau nggak ada dokumentasinya. Apapun destinasinya, selama ada dokumentasi, momen-momen langka bisa kamu abadikan dan dipajang seumur hidup.

Untuk mendapatkan dokumentasi yang baik, kamu butuh alat bernama kamera. Nah, di era teknologi yang sudah berkembang pesat, ragam kamera dengan platform yang berbeda pun bermunculan.

Soal kecanggihannya pun nggak bisa dipandang sepele. Sayangnya, nggak semua orang tahu mana kamera yang cocok dibawa liburan ke gunung atau mana yang pas dimuat di kantong saku.

Nah, biar referensi kamu bertambah, Pegipegi sudah siapkan enam jenis kamera dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Siapa tahu cocok buat kamu ajak liburan.

Smartphone Camera

Foto: New Yonker

Kapasitas kamera pada smartphone masa kini sudah sangat canggih. Apapun sistem operasinya, Android maupun iOS, mampu menunjang kebutuhan dokumentasi kamu dengan baik.

Soal lensanya pun, sudah hadir dalam ukuran 12-16 megapixel. Makin mudah, karena banyak aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan sebelum dilepas ke media sosial.

Sayangnya, kebanyakan kamera smartphone sangat terbatas untuk urusan zooming. Nggak cuma itu soal fotografi dalam kondisi redup, kamera smartphone nggak bisa dibilang bagus.

Point-and-shoot (Pocket Camera)

Foto: PCMagz

Kamera jenis ini sangat mudah dibawa. Jadi, buat kamu yang ingin traveling ke tempat-tempat wisata tengah kota maupun pinggir pantai, point-and-shoot cocok buat kamu ajak liburan.

Pada beberapa tipe, seperti Sony RX100, kapasitas lensanya sangat baik, 20 megapixels. Dibanding kamera smartphone, kamera point-and-shoot unggul dalam hal pembesaran optik dan mode pengambilan gambar yang bervariasi.

Kelemahan kamera point-and-shoot sama seperti smartphone, nggak bisa dapat gambar bagus dalam cahaya yang redup. Tapi lumayan buat dibawa jalan-jalan.

Action Camera

Foto: bhphotovideo

Kamu tipikal traveler yang suka berpetualang? Maka, action camera adalah jodoh kamu! Memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pocket, memang nggak banyak fitur manual hadir di jenis kamera ini.

Namun, soal kemampuan, jenis kamera action dapat tampil sangat baik di berbagai kondisi maupun medan. Mau foto di dalam air, di atas salju maupun kondisi berdebu, kamera ini sangat mengesankan. Dengan jangkauan yang lebar, kamu bisa mendapatkan foto yang menyeluruh.

Cuma satu kekurangan dari action camera, nggak bisa di-zoom!

Bridge Camera

Foto: timeincuk

Secara kualitas, bridge camera berada di atas smartphone. Untuk beberapa tipe, kamera ini mampu mengugguli kamera pocket manapun.

Nah, jika pocket hanya mampu zooming hingga 30 kali, makan bridge camera bisa dua kali lebih jauh. Jadi, untuk kamu yang ingin traveling ke kawasan dengan kontur ekstrim seperti gunung maupun spot bertebing, bridge camera jadi solusi yang tepat.

Kekurangan bridge camera ada pada bukaan lensa yang makin kecil saat di-zoom. Jadi, kamu butuh cahaya yang lebih untuk mendapatkan kualitas foto yang baik. Meski modelnya mirip DSLR, bridge camera cuma punya lensa fixed.

DSLR

Foto: Flipkart

Model kamera ini sangat direkomendasikan kepada kamu yang punya skil foto baik. Maklum, dengan fitur manual, kamu bisa mendapatkan kualitas gambar, pilihan jangkauan hingga cakupan lensa yang lebih baik.

Pilihan lensa bisa kamu sesuaikan dengan destinasi wisata kamu. Jika ingin foto pemandangan, kamu bisa pakai lensa standar. Tetapi jika ingin mendapatkan obyek jauh, kamu bisa bawa lensa tele.

Kekurangannya soal kepraktisan lantaran kamu harus siap ruang lebih untuk membawa pilihan lensa. Jadi, siap-siap ribet saja, deh!

Mirrorless

Foto: Shutterbug

Nah, model kamera yang satu ini adalah penyempurnaan dari DSLR. Hanya saja, ukurannya jauh lebih kecil dan hemat ketimbang DSLR.

Soal kemampuan, kamu dapat menggunakan kamera ini dengan kontrol manual. Lensa kameranya pun bisa diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan.

Nah, sayang, kamera mirrorless harganya cukup mahal dibanding dengan DSLR. Tapi, kalau kamu ingin serius berburu foto bagus saat liburan, maka mirrorless adalah pilihan terbaik.

Foto utama: thegreatcourses

Siap mau beli kamera seperti di atas? Sekalian liburan, yuk! Rencanakan liburan kamu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 529 times, 14 visits today)

Comments

To Top