Tips

9 Trik Hemat Ala Mahasiswa Ngekos Agar Bisa Traveling

mahasiswa

Siapa bilang tiap mau traveling mesti minta uang orang tua terus? Kamu bisa kok sekali-sekali traveling dengan mengandalkan uang tabungan sendiri, meskipun kamu cuma anak perantauan yang jauh dari orangtua dan harus ngekos. Kali ini, pegipegi mau bagi trik hematnya buat kamu.

1. Cari tempat kos yang strategis

Lokasi rumah kos juga dapat memengaruhi pengeluaranmu. Jadi, carilah tempat kos yang strategis atau dekat dengan kampusmu agar kamu nggak perlu mengeluarkan ongkos besar ketika berangkat ke kampus. Tempat kos yang sedikit lebih mahal, tapi lokasinya dekat dengan kampus lebih baik daripada tempat kos murah, tapi lokasinya jauh dari kampus. Selain bisa menghemat ongkos, kamu juga bisa menghemat tenaga dan waktu.

2. Bawa uang cash secukupnya ke kampus

Kalau ikutin kata teman-teman yang boros, pergi ke kampus bawa uang sedikit itu nggak keren. Namun, kalau kamu ingin uang bulananmu tetap banyak sampai akhir bulan, kamu harus membiasakan diri sendiri untuk membawa uang cash secukupnya. Walapun, uang kamu di ATM masih tersisa banyak. Membawa uang cash terlalu banyak di dompet, bakal bikin kamu tergoda untuk menghabiskannya secara cepat.

cash money

www.seventeen.com

3. Belajar masak sendiri

Kamu yang suka masak bisa menghemat uang dengan cara masak sendiri di kosan, jadi kamu nggak perlu beli makanan di luar. Karena, biaya memasak sendiri biasanya jauh lebih murah. Buat yang nggak bisa masak, kamu bisa mencoba belajar masak atau minta diajari teman memasak. Jika di kosan kamu nggak boleh memasak, kamu bisa memilih makanan yang harganya lebih murah, tapi kamu harus tetap memerhatikan gizinya, ya!

masak

www.telegraph.co.uk

4. Hiburan murah = nobar di kosan aja

Pengin berhemat, bukan berarti nggak boleh refreshing ketika weekend. Apalagi, kamu sudah stres banget dengan tugas kuliah yang menumpuk. Tapi, jangan sampai hiburan weekend kamu dihabiskan dengan banyak nongkrong di mal. Coba aja ajak teman nonton bareng (nobar) DVD di kosan dan ditemani camilan yang bisa kamu beli di mini market. Atau, kamu bisa cari hiburan lain yang bisa dilakukan di rumah, misal main game atau surfing internet.

nobar

movie-memories.net

5. Aktif di kegiatan kampus

Biasanya jika kamu aktif di kegiatan kampus, kamu dapat menjadi perwakilan untuk menghadiri acara-acara, seperti seminar dan berbagai acara lain yang menguntungkan. Karena, jika sering mengikuti acara tersebut, biaya transportasi dan makan telah disediakan oleh pihak acara. Lumayan kan buat berhemat, sekaligus menambah koneksi. Beberapa kampus juga ada organisasi AIESEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales) yang memungkinkan mahasiswanya bisa menghadiri banyak acara di luar kota, bahkan luar negeri. Asyik kan bisa sekalian traveling gratis. Seperti yang dilakukan oleh Anindya Kusuma Putri yang sering aktif di kegiatan kampus.

aiesec

http://aiesec.org/

6. Diet

Secara tidak langsung, kamu yang melakukan diet telah melakukan upaya penghematan uang untuk membeli makanan. Biasanya, orang yang sedang diet akan mengurangi porsi makan dan jajan. Otomatis kamu nggak mengeluarkan uang terlalu banyak untuk makan. Buat yang tadinya punya berat badan berlebih, bonusnya adalah berat badan kamu turun, lebih sehat, dan penampilan lebih menarik. Tapi, jangan sampai kamu diet terlalu ketat, ya! Takutnya malah berpengaruh terhadap kesehatan kamu.

diet-clock

http://yourfitspiration.com/

7. Bikin quotes yang motivasi diri

Tidak ada salahnya untuk menghipnotis diri dengan menempel quotes  bijak, misalnya “HEMAT PANGKAL KAYA” di dinding kamar kosmu. Atau kata-kata lain yang bisa memotivasi kamu untuk berhemat. Kamu juga bisa menuliskan tempat tujuan traveling yang ingin dikunjungi atau menempel fotonya di dinding kamar agar makin semangat.

8. Prioritaskan kebutuhan kamu

Hidup sendiri di kota besar, kamu harus pintar menentukan prioritas pengeluaran. Bedakan mana yang menjadi keinginan atau kebutuhan. Jika bulan ini kamu punya banyak pengeluaran untuk tugas kuliah, kamu harus memprioritaskan kebutuhan tersebut. Tunda aja kebutuhan lain yang kurang penting hingga bulan depan.

9. Cari penghasilan tambahan

Selain berhemat dengan menyisihkan uang bulanan, kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan sebagai tabungan untuk traveling. Misalnya, jadi guru les, mencari kerja freelance, seperti menulis artikel. Jika kamu punya blog, kamu bisa jadi member affiliate pegipegi, atau buka bisnis online shop.

Nah, itu adalah 9 trik yang pegipegi bisa kasih untuk kamu mahasiswa ngekos yang pengin banget traveling. Saat ini, traveling mudah banget kok buat dilakukan, apalagi pegipegi juga jual tiket pesawat dan hotel murah yang gede banget diskonnya! Dijamin murah dan traveling kamu bakal makin menyenangkan.

cari tiket pesawat cari hotel murah

(Visited 725 times, 1 visits today)

Comments

To Top