Tips

9 Tips Puasa Sehat untuk Penderita Maag

Tanpa terasa, saat ini ummat Muslim kembali menjalani ibadah puasa. Tentu aja hal ini akan menjadi kesempatan untuk menambah pahala. Tapi, bagaimana untuk kamu yang mengalami penyakit maag? Apalagi jika maag yang kamu derita cukup akut. Jangan khawatir, ya, soalnya Pegipegi punya tips untuk mengatasi hal tersebut.

1. Minum segelas susu ketika sahur

Susu dipercaya baik untuk dikonsumsi oleh penderita maag. Susu juga bisa menetralisir asam lambung karena susu memiliki zat yang disebut antidotum. Selain bisa menetralisir asam lambung, susu juga bisa mengisi lambung dengan protein yang bisa dipecah oleh asam lambung.

2. Banyak minum air putih saat sahur dan berbuka

Sudah tahu kan manfaat air putih untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi sakit maag. Sangat penting untuk banyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Air putih bisa mengobati dan menetralisir bakteri organisme pada luka di lambung. Selain itu, air putih juga bisa membersihkan dan mendorong sisa makanan yang menempel pada dinding lambung.

3. Hindari kopi, jus yang asam, dan minuman bersoda

Kopi, minuman bersoda, atau jus yang terlalu asam bisa melukai dinding lambung dan memperparah maag kamu.

4. Hindari gorengan, makanan pedas, dan terlalu manis

Ketiga jenis makanan tersebut juga bisa melukai dinding lambung.

5. Jangan makan terlalu banyak saat berbuka dan sahur

Sudah menahan lapar dan haus dalam waktu yang lama, bukan berarti kamu bisa melampiaskan nafsu makan sebanyak-banyaknya. Supaya maag nggak kambuh, sebaiknya makanlah dengan porsi yang cukup. Makan terlalu banyak saat sahur dan berbuka malah akan membuat lambungmu kaget.

6. Makan pisang dan kacang-kacangan

Pisang bisa mencegah kelebihan asam lambung. Kandungan seratnya juga tinggi, sehingga bisa memperlancar proses pencernaan. Begitu juga dengan kacang-kacangan yang baik untuk penderita maag. Asalkan kacang-kacangannya tidak digoreng. Kacang-kacangan yang digoreng memiliki tekstur yang keras, sehingga memicu asam lambung.

7. Jangan merokok

Puasa juga bisa dijadikan sebagai momen untuk berhenti merokok, lho. Terutama untuk kamu yang menderita maag. Penderita maag tidak boleh merokok karena rokok bisa mengurangi antibodi yang melawan bakteri perusak lambung. Rokok juga bikin perut bertambah kembung, juga menyebabkan terjadinya luka di usus atau lambung.

8. Kurangi karbo dan perbanyak protein dan lemak baik

Karbohidrat dapat difermentasi di perut dan menciptakan gas, sehingga meningkatkan tekanan di dalam perut dan menyebabkan kembung, gas, bau mulut, dan gangguan pencernaan. Ini juga bisa membuat masalah pencernaan lainnya dalam usus yang lebih parah.

Dengan mengonsumsi lebih banyak protein, kelebihan asam lambung dalam perut dapat digunakan untuk mencerna protein, bukan naik ke kerongkongan kamu. Konsumsilah protein yang baik bagi tubuh, seperti daging, ikan, telur, susu, dan lain-lain. Lemak baik juga berguna untuk kesehatan dan nggak akan melukai lambungmu, misalnya keju, mentega tawar, olive oil, dan lain-lain.

9. Jangan lupa konsumsi obat sakit maag saat sahur dan buka puasa

Untuk penderita maag akut, mungkin kamu harus mengonsumsi obat maag. Agar puasamu lancar, jangan lupa minum obat sakit maag ketika sahur dan buka puasa, ya!

Supaya kegiatan puasa kamu makin asyik, jangan lupa rencanakan liburanmu bersama teman atau keluarga dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi, ya! Selamat menjalankan ibadah puasa!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Arwini.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 378 times, 1 visits today)

Comments

To Top