Destinasi

9 Tempat Angker di Semarang yang Bikin Merinding!

tempat-angker-di-semarang

Mumpung lagi suasana Halloween, gimana kalau kita bahas soal sembilan tempat angker di Semarang yang bisa bikin bulu kuduk merinding? Sudah cukup banyak warga yang merasakan suasana angket di tempat-tempat berikut ini, lho. Kalau kamu hobi berwisata mistis, coba aja kamu datangi kesembilan tempat angker ini saat traveling ke Semarang!

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu bukan hanya terkenal akan kemegahannya, tapi juga keangkerannya. Soalnya, Lawang Sewu menjadi saksi bisu kelamnya masa penjajahan Jepang. Gedung tersebut menjadi saksi bertempurnya para pahlawan Indonesia yang mengusir para serdadu Jepang. Juga menjadi saksi bisu pejuang Indonesia yang disiksa di sana.

Berdasarkan pengakuan warga di sekitar Lawang Sewu, ribuan makhluk gaib bermukim di gedung empat lokal tersebut. Bahkan, di titik-titik tertentu, mulai dari bagian sumur tua, pintu utama, lorong-lorong, lokasi penjara berdiri, penjara jongkok, penjara bawah tanah, ruang utama, serta di bagian ruang penyiksaan. Konon, di penjara bawah tanah adalah tempat para tahanan yang dimasukkan dan berdesak-desakan hingga meninggal dunia. Bukan rahasia lagi jika cerita misteri hantu seperti kuntilanak, genderuwo, hantu berwujud para tentara Belanda, serdadu Jepang, dan hantu wanita nonik Belanda sangat kental terdengar di Lawang Sewu.

2. Marabunta

Yang mencolok dari Marabunta adalah ada dua semut merah raksasa yang menjadi simbol gedung bersejarah ini. Marabunta merupakan semut jenis carnivore yang terkenal akan kebuasannya. Semut ini nggak punya rumah dan hidup berpindah-pindah. Mereka buas seperti piranha dan tidak takut terhadap binatang buas. Marabunta berburu mangsa dengan mengandalkan jejak bau. Hingga kini, nggak ada yang tahu mengenai korelasi semut Marabunta dengan gedung ini.

Namun, yang diketahui oleh orang-orang adalah Marabunya dulunya sering dijadikan tempat pertunjukan sandiwara ketika zaman penjajahan Belanda juga kafe. Kini, Marabunta dijadikan sebagai gedung resepsi pernikahan. Menurut cerita warga sekitar, mereka sering merasakan hal aneh di sekitar Marabunta. Cerita yang sering beredar adalah penampakan wanita Belanda yang menari-nari di dalam gedung seperti sedang main drama.

3. SMA Negeri 1

SMA Negeri 1 bukan hanya dikenal sebagai sekolah favorit di Semarang, tapi juga sebagai tempat bersejarah yang angker. Peninggalan pemerintah Belanda di sana bukan hanya lorong rahasia yang bisa terhubung dengan Lawang Sewu, tapi masih ada bagian lain. Dulunya, bangunan ini merupakan sekolah bernama Hogere Burger Schoool (HBS) pada tahun 1939-1942. Lalu, pada tahun 1942-1945, sekolah tersebut dijadikan asrama sekolah pendidikan tentara Jepang. Hingga akhirnya dijadikan pemerintah Belanda sebagai Rumah Sakit Tentara pada 29 September 1945, tapi hanya beberapa bulan.

Menurut seorang murid yang punya indra keenam, ia merasakan kesedihan yang amat dalam di aula besar sekolah. Ia juga melihat ada banyak darah di lantai, juga isak tangis. Ratusan roh berkumpul di sana, ada yang tubuhnya utuh hingga terpotong-potong. Sepertinya, lokasi tersebut menjadi lokasi peperangan, soalnya bukan hanya tentara Belanda, tapi juga ada tentara Jepang dan pribumi. Di sepanjang Koridor Sejarah sampai Koridor Kelas 10 juga terasa angker. Di sana ada penampakan puluhan tentara Belanda berbaris, dua noni yang memakai gaun megah, dan beberapa orang pribumi.

4. Gereja Katolik St Yusuf Gedangan

Gereja St Yusuf merupakan gereja megah yang menghadap ke barat. Tapi, orang menyebutnya Gereja Gedangan karena gereja ini berdiri di daerah bernama Gedangan. Dulu, di sana juga banyak pohon pisang yang dalam Bahasa Jawa disebut “gedang”. Gereja Gedangan nggak hanya difungsikan sebagai gereja. Ada pula pastoran dan gedung pertemuan. Bagian gedung yang digunakan sebagai gereja berlokasi di paling selatan dan membujur dari barat ke timur.

Dalam sejarah pembangunannya, gereja dengan ciri khas warna tembok merah alami itu pernah roboh dan memakan korban jiwa. Dan menurut pengakuan warga sekitar, mereka sering melihat penampakan seorang pastor berwajah bule yang berjalan mengelilingi gereja di malam hari. Mereka juga sering dikagetkan dengan bunyi lonceng yang berbunyi sendiri.

5. Tanjakan Gombel

tanjakan-gombel

foto dari: merdeka.com

Kalau kamu menuju Semarang dari arah selatan, kamu akan melewati Tanjakan Gombel, yaitu sebuah tempat yang memiliki pemandangan indah yang menghadap ke laut di sebelah utara, sekaligus pemandangan landscape Kota Semarang. Di balik keindahannya, Tanjakan Gombel juga memiliki mitos yang berkembang di kalangan masyarakat. Mereka percaya di sana ada Wewe Gombel (hantu perempuan) dan penunggu lain dari bukit.

Warga juga percaya bahwa tingginya angka kecelakaan di Tanjakan Gombel terjadi karena adanya makhluk halus yang berada di sana. Katanya, sering terlihat Wewe Gombel yang menggoda pengemudi. Soalnya para hantu tersebut merasa rumahnya sering diganggu manusia.

6. Rumah Abraham Fletterman

Rumah Abraham Fletterman yang di sekitar Jalan Veteran memiliki arsitektur bergaya kolonial Belanda ini sudah lama nggak ditempati oleh pemiliknya. Saking horonya suasana di Rumah Abraham Fletterman, membuat rumah ini sempat dijadikan lokasi syuting film Beranak Dalam Pendam yang dimainkan oleh mendiang Suzanna. Sejak saat itu, banyak warga yang memiliki pengalaman mistis jika melintas dekat sana. Salah satu penampakan yang mereka lihat adalah perempuan berambut panjang yang mondar-mandir di sekitar halaman rumah.

7.  Hotel Siranda

Hotel Siranda dulunya adalah hotel yang laris di Semarang soalnya hotel ini menawarkan pemandangan Simpang Lima dari atas. Namun, sejak terjadi pembunuhan di salah satu kamar lalu muncul berita soal arwah si korban yang gentayangan dan pengunjung hotel kerap melihat penampakan, Hotel Siranda makin sepi akan pengunjung. Bahkan, pengamen yang sering bermalam di depan hotel juga sering merasakan pengalaman gaib. Bukan hanya di malam hari, tapi suasananya juga terasa angker ketika siang hari.

8. Rumah Setan

rumah-setan

foto dari: semarangkota.com

Dulu, ada bangunan di Semarang yang disebut Rumah Setan. Lokasinya berada di sekitar Stasiun Poncol. Rumah angker tersebut sering dijadikan sebagai markas penganut aliran sesat. Ada warga yang pernah menjadi petugas kebersihan di sana mengaku sering merasakan pengalaman mistis, seperti melihat hantu toilet, suster ngesot, hantu kuda, hantu mesin ketik, dan hantu tentara baris. Katanya, hantu suster ngesot adalah seorang suster yang diperkosa dan dibantai oleh tentara Jepang. Rumah Setan dibongkat tahun 1976 dan kini menjadi pusat pertokoan.

9. Gedung bekas pabrik gas

Di kota lumpia juga ada gedung bekas pabrik gas zaman Belanda. Namanya Nederlandsch Indische Gas Maatschappij yang nggak kalah horor. Gedung tersebut berada di jalan Sleko No. 17. Tapi, sudah tutup karena sempat terendam Kali Semarang yang meluap. Ada salah satu penjaga gedung yang bercerita bahwa ia sering mendengar suara orang bercanda sambil bekerja sekaligus langkah-langkah kaki. Di belakang gedung tersebut juga ada lintasan kereta api yang sering menimbulkan banyak korban jiwa.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Yuk, traveling ke Semarang sekaligus adu nyali di sembilan tempat tersebut! Hihihi… Agar bujet traveling kamu terjangkau, pesan aja tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Semarang lewat pegipegi. Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Semarang, ya!

pesan tiket pesawat murah ke semarang  pesan tiket kereta api murah ke semarang  cari hotel murah di semarang

Foto utama: http://www.skyscrapercity.com/

(Visited 1,160 times, 8 visits today)

Comments

Mariska Tracy

Mariska Tracy

Mariska adalah penulis yang cinta lingkungan. Destinasi traveling favorit Mariska adalah Islandia, karena Islandia adalah negara terhijau di dunia.
Mariska Tracy
To Top