Berita

9 Perbedaan WhatsApp dan Telegram yang Harus Kamu Tahu

Baru-baru ini, dunia teknologi dihebohkan dengan pemblokiran aplikasi chatting Telegram yang dianggap sebagai saingat berat WhatsApp. Namun, ada harapan Telegram bisa digunakan kembali di Indonesia. Kamu pun bisa aja memanfaatkan Telegram dan WhatsApp untuk keperluan komunikasi. Tapi, sebelumnya Pegipegi ingin mengajak kamu untuk mengenali perbedaan WhatsApp dan Telegram.

1. Sinkronisasi

WhatsApp nggak bisa digunakan bersama di berbagai perangkat. Kalau kamu sudah login di satu perangkat, kamu nggak bisa login di waktu yang sama menggunakan perangkat lain. Sedangkan Telegram berbasis cloud, jadi kamu bisa login Telegram menggunakan berbagai perangkat, seperti ponsel, PC, tablet, dan lain-lain.

2. Keamanan

Di Telegram, kita bisa chatting sepuasnya dengan aman. Soalnya, ada fitur chat rahasia dengan pesan, foto, dan video yang bisa hilang dengan sendirinya. Telegram juga menyediakan passcode tambahan, sehingga kamu perlu memasukkan passcode untuk membuka aplikasi.

Telegram menggunakan infrastruktur multi-data center dan enkripsi. Sementara WhatsApp mengikuti jejak Telegram dengan menambahkan fitur end-to-end encription. Kalau kamu sudah nggak pengin main Telegram lagi, kamu bisa bikin akun kamu menghilang dengan sendirinya jika kamu nggak login selama jangka waktu yang ditentukan.

3. Jumlah anggota grup

Jumlah anggota di grup Telegram bisa mencapai 10 ribu orang. Saat menyampaikan pesan secara broadcast, Telegram nggak membatasi jumlah orang yang bisa dikirimi pesan. Sedangkan jumlah anggota di grup WhatsApp hanya terdiri dari 250 orang.

4. Jenis dan besarnya file yang dikirim

Dengan Telegram, kamu bisa mengirimkan pesan, foto, video, dan berbagai macam file. Besarnya file yang bisa dikirim mencapai 1,5 GB. Pesan yang diterima bisa disimpan di cloud atau diunduh ke ponsel. Sedangkan WhatsApp cuma bisa mengirim file dengan besar maksimal 100 MB.

5. Penyimpanan

Telegram bisa menyimpan pesan di cloud, sedangkan WhatsApp menyimpan pesan di ponsel, sehingga bikin memori ponsel cepat habis.

6. Stiker

Telegram mendukung pencarian gambar gif animasi, aplikasi edit foto, dan mendukung platform open sticker. Sedangkan WhatsApp baru memiliki sebagian dari fitur tersebut.

7. Hashtag

Telegram memiliki fitur hashtag yang membuat chat pada grup lebih terstruktur. Sementara WhatsApp belum memiliki fitur hashtag. 

8. Bot

WhatsApp nggak memiliki fitur bot seperti Telegram. Bot adalah akun yang dijalani oleh aplikasi. Bot dapat melakukan apa aja, seperti broadcasting, game, dan berbagai aktivitas.

9. Voice call

Di WhatsApp, kita bisa mengirimkan voice call (pesan suara). Sedangkan di Telegram belum bisa mengirimkan voice call. 

Pastinya kedua aplikasi di atas bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan foto liburan ke teman. Kalau untuk liburan terjangkau, kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://mamiverse.com/

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 453 times, 1 visits today)

Comments

To Top