Kuliner

9 Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Akibat Mengonsumsi Santan Ketika Lebaran

makanan penurun kolesterol

Buat travelers yang memiliki kolesterol tinggi, kamu masih tetap bisa menikmati makanan enak bersantan ketika Lebaran tanpa rasa cemas. Asal, setelah menikmati berbagai hidangan Lebaran yang bersantan, kamu nggak lupa untuk mengonsumsi salah satu dari sembilan makanan yang bisa menurunkan kolesterol berikut ini.

1. Teh hijau

Ada penelitian di Jepang yang menemukan bahwa theanine pada teh hijau bermanfaat meningkatkan kolesterol baik dan mencegah pembentukan kolesterol jahat. Disarankan untuk minum minimal empat cangkir teh hijau bebas gula setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

teh hijau

www.liputan6.com

2. Jus tomat

Minum dua gelas jus tomat dalam sehari bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh kamu secara signifikan. Sama seperti teh hijau, alangkah lebih baik jika kamu minum jus tomat tanpa memakai gula agar lebih sehat.

jus tomat

www.nuga.co

3. Jus anggur

Buah anggur juga dipercaya bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Disarankan untuk minum dua gelas jus anggur setiap hari.

jus anggur

www.tanyoe.com

4. Blueberry

Blueberry mengandung sejumlah besar zat yang bisa melawan kolesterol jahat. Senyawa di dalamnya bisa menurunkan kolesterol seefektif obat komersial. Tentu aja mengonsumsi blueberry dinilai lebih baik karena nggak mengandung efek samping seperti obat.

blueberry

www.blueberrycouncil.org

5. Produk kedelai

Produk kedelai seperti susu kedelai, tahu, dan tempe nggak hanya mengurangi kolesterol dalam darah, tapi juga kaya akan protein yang bisa memelihara sel tubuh, membantu perkembangan otot, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

kedelai

www.tokomesin.com

6. Bawang putih

Ternyata, bawang putih nggak hanya baik untuk memasak, tapi juga menjaga kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat. Juga berpengaruh baik untuk kesehatan jantung. Disarankan agar kita mengonsumsi 600-900 mg (sekitar 1 siung segar) bawang putih per hari.

bawang putih

www.bawangputih.org

7. Alpukat

Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat tentu menyehatkan untuk tubuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

alpukat

husnaherbal.com

8. Jus delima

Jus delima bisa mengurangi penumpukan plak kolesterol dan meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi plak arteri.

jus delima

mrs-reviwe.indonesiaz.com

9. Yogurt

Paling bagus sih yogurt yang mengandung probiotik karena penelitian menunjukkan bahwa probiotik Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus reuteri bisa membantuk menurunkan kolesterol. Zat-zat ini bekerja dengan mencegah reabsorpsi kolesterol kembali ke aliran darah.

yogurt

life.guardian.ng

 

(Visited 535 times, 1 visits today)

Comments

To Top