Kuliner

9 Makanan Indonesia yang Terpengaruh Budaya Belanda

Sempat dijajah selama 3,5 abad oleh Belanda, tentunya berpengaruh terhadap beberapa hal di Indonesia. Salah satunya kuliner. Ternyata ada beberapa makanan Indonesia yang dipengaruhi budaya Belanda. Makanan apa aja yang dimaksud?

1. Perkedel

Perkedel dan Frikadeller (foto dari: http://ncc-indonesia.com dan http://www.copenhagenet.dk)

Nggak nyangka banget deh, perkedel yang selama ini kita kenal sebagai menu murah meriah di rumah makan Padang atau warteg, ternyata terpengaruh oleh budaya Belanda, yaitu makanan bernama frikadeller, gorengan berbahan kentang dan daging dari Belanda. Frikadeller juga diadaptasi oleh Belanda dari gorengan daging cincang khas Denmark.

2. Lapis Legit

Kalau lapis legit terpengaruh dari kue Belanda bernama spekkoek. Lapis legit rasanya manis seperti kue kebanyakan, tapi kalau spekkoek di Belanda diperkaya dengan aroma rempah, seperti kayu manis, kapulaga, adas, dan cengkeh. Bentuknya juga hampir mirip, ya!

3. Semur

 

Semur adalah makanan berkuah dan berbumbu kecap yang berisi potongan daging sapi. Semur merupakan makanan adaptasi dari masakan Belanda bernama smoor. Di Belanda, smoor dimasak dengan potongan tomat dan bawang bombay.

4. Kue cubit

Kue Cubit dan Poffertjes (foto dari: https://www.andreasmandiri.com dan http://veganchallenge.nl)

Kue cubit yang asli Indonesia terbuat dari bahan yang sama dengan poffertjes, yaitu tepung terigu, susu, telur, dan mentega. Bentuknya juga hampir mirip, tapi kue cubit menggunakan topping yang beraneka ragam, seperti cokelat, keju, selai, kismis, dan lain-lain. Sedangkan poffertjes disajikan dengan taburan gula putih bubuk.

5. Klappertaart

 

Klappertaart adalah dessert dari Manado yang terbuat dari terigu, susu, gula, santan, mentega, dan daging buah kelapa. Rupanya, klappertaart sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

6. Kaastengels

Kaastengels yang biasa kita cicipi di hari Lebaran atau Natal, ternyata merupakan kue kering yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Kaastengels merupakan snack keju yang terkenal di Belanda.

7. Sup brenebon

Sup Brenebon dan Bruine Bonensoep (foto dari: https://www.goodindonesianfood.com dan http://www.farmerpeulvruchten.nl)

Sup brenebon adalah sup kacang merah yang populer di daerah timur Indonesia. Ternyata, sup brenebon diadaptasi dari bruine bonensoep dari Belanda. Bedanya, sup brenebon lebih bening, sedangkan bruine bonensoep kuahnya kental karena dicampur krim.

8. Kroket

Kroket dan Sate Kroket (foto dari: http://www.dapurkobe.co.id dan http://www.beckers.nl)

Kroket adalah olahan daging berbalut tepung panir dan berbentuk bulat. Di Belanda, juga ada sejenis kroket namanya sate kroket yang berbentuk lonjong terbuat dari ragout dan dilapisi tepung panir.

9. Selat Solo

Selat Solo merupakan makanan kaum ningrat Keraton Solo. Selat Solo tentunya merupakan adaptasi dari aneka steak di Belanda. Bedanya, kalau Selat Solo dimodifikasi dengan keripik kentang dan saus encer, manis, juga kaya akan rempah. Sedangkan steak Belanda berbasis kaldu dan lebih kental.

Meskipun diadaptasi dari Belanda, tapi makanan-makanan di atas sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, kok. Dijamin kamu bakal suka dengan makanan tersebut. Untuk kamu yang tengah merencanakan liburan, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi agar liburanmu terjangkau!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://resepgulaku.com

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

(Visited 457 times, 3 visits today)

Comments

To Top