Kuliner

9 Kuliner Khas Palembang, Lemak Nian!

Biasanya sih, orang Palembang kalo makan makanan yang enak, pasti bilangnya, “lemak nian!” yang artinya “enak banget!”. Kali ini, pegipegi pengin jabarin berbagai hidangan lemak khas Palembang yang wajib kamu coba, terutama jika kamu berkunjung ke Palembang.

1. Pempek

Memang lebih enak makan pempek langsung di kota Palembang. Nah, pegipegi merekomendasikan Pempek Lince yang memiliki cita rasa yang tiada duanya karena menggunakan bahan-bahan pilihan dan berkualitas. Lebih uniknya lagi, Pempek Lince turut menyediakan pempek yang dibakar dan dipanggang. Bahkan, salah satu maskapai ternama di dunia yaitu Singapore Airlines pernah mengklaim bahwa Pempek Lince merupakan pempek yang paling enak dibandingkan pempek lainnya. Kalau kamu sudah nggak sabar pengin coba Pempek Lince, kamu bisa kunjungi kedai Pempek Lince yang terletak di jalan Tugu Mulyono no. 2398, Palembang.

Buat kamu yang berdomisili di Jakarta, nggak perlu sedih, karena di Jakarta banyak kedai pempek yang nggak kalah enak. Salah satunya, Pempek Megaria yang terletak di jalan Pegangsangan Timur no. 21, Cikini. Pempek Megaria menyajikan berbagai jenis pempek seperti kapal selam, lenjer, kulit, adaan, keriting, dan lain-lain. Buat kamu yang pengin mencicipi hidangan lezat lainnya, seperti pindang ikan patin, tekwan, rujak mie, dan otak-otak ikan juga ada, kok. Santap siang di kedai Pempek Megaria juga nggak bikin kantung jebol, harga makananya mulai dari Rp 5-25 ribu*.

20160130_132403

2. Tekwan

Bahan dan cara pembuatan tekwan mirip dengan pempek, tapi tekwan berkuah. Biasanya, tekwan juga dihidangkan bersama bengkuang, jamur kuping, udang, dan soun. Sebaiknya sih, tekwan dinikmati ketika masih hangat.

Tekwan, sangat mudah dijumpai di Palembang. Hidangan sup berkuah dengan bola-bola yang terbuat dari ikan dan tepung sagu ini juga menjadi primadona kuliner khas kota Palembang. Buat kamu penggemar berat hidangan tekwan, jangan lupa cicipi hidangan tekwan di rumah makan Pempek Saga Sudi Mampir di jalan Merdeka no. 8 22 ilir, Palembang. Jika pengin menikmati kelezatan tekwan di Jakarta, kamu bisa mampir ke Pempek Megaria, harga tekwannya super miring yaitu Rp 20 ribu*.

resepmasakanrumahan.com

resepmasakanrumahan.com

3. Mie Celor

Berbeda dengan sajian mie dari kota-kota lain di Indonesia. Mie celor adalah sajian mie dengan kuah santan kental dan kaldu udang. Uniknya, proses memasak mie bukan direbus, tapi hanya diseduh dengan air panas. Mie celor disajikan dengan potongan udang, telur, toge, daun seledri, dan bawang goreng.

Kedai mie celor paling tersohor di Palembang ada di Mie Celor 26 Ilir Palembang H.M Syafei Z yang terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan No 2 – 26 Ilir. Cukup dengan harga Rp 15 ribu* per porsi, kamu bisa nikmati mie celor yang nggak ada tandingannya. Di Jakarta juga ada kedai yang menjual mie celor yang nggak kalah terkenal, yaitu Mie Celor Palembang Haji Abdoel Razak yang terletak di jalan Biak No. 29 C, Roxy.

www.tribunnews.com

www.tribunnews.com

4. Es Kacang Merah

Kacang merah memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti menguatkan tulang, mengeluarkan racun di dalam tubuh, mencegah dan mengontrol diabetes, menyehatkan jantung, mengatasi masalah pencernaan, dan menambah energi.

Kamu bisa menikmati manisnya es kacang merah di Warung Es Mamat yang terletak di Padang Selaksa depan Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya, Lapangan Hatta, Jalan Kebun Manggis. Es kacang merah Mamat dibandrol harga Rp 12 ribu* aja, bahkan es yang melegenda ini menjadi langganan pejabat, lho.

Di Jakarta Barat tepatnya di Komplek Green Ville blok AW 2, juga terdapat es kacang merah yang populer banget yaitu Milan. Es kacang merah Milan porsinya cukup besar, rasa manisnya pas, dan segar. Harga semangkuk es kacang merah Milan harganya cukup terjangkau, yaitu Rp 17 ribu*.

www.kokicafe.com

www.kokicafe.com

5. Model

Mungkin namanya agak membingungkan, tapi model dijamin enak! Ada yang namanya model gandum dan model ikan. Model gandum terbuat dari tepung dan menggunakan kaldu sapi, sedangkan model ikan berbahan dasar ikan dan tahu, dengan kaldu ikan atau udang.

Umumnya hidangan model dapat ditemui di rumah makan atau kedai yang menjual pempek. Ada beberapa kedai pempek yang terkenal di Palembang yaitu Pempek Vico (jalan Letkol Iskandar no. 541-542), Pempek Candy (Jalan Sudirman No. 21), Pempek Leni (Petanang No.6875 C, Ilir Tim. I), dan lain-lain.

Nggak jauh beda dengan di Jakarta, biasanya rumah makan pempek turut menyediakan hidangan model gendum di Pempek Megaria (Jl. Pegangsaan Timur No. 21, Cikini) seharga Rp 20 ribu*.

elfilife.wordpress.com

elfilife.wordpress.com

6. Nasi Goreng Merah

Berbicara kuliner Palembang, nggak hanya soal pempek saja, kok. Buat kamu yang belum tahu, Palembang juga terkenal dengan nasi goreng merah yang menggunakan buah tomat serta pasta atau saus tomat. Rasanya pun cukup unik, ada sensasi rasa asam, manis, dan segar. Nasi goreng merah yang cukup terkenal di Palembang adalah Nasi Goreng Slamet yang terletak di Depan Pasar Kuto, Jalan Segaran Kelurahan 9 Ilir. Satu porsi nasi goreng merah harganya cukup aman di kantung, cuma Rp 22 ribu*, hihihi.

nasi goreng merah

www.doyankuliner.com

7. Martabak Har

Martabak Har dimiliki oleh seorang saudagar Palembang asal India yang bernama Haji Abdul Razak. Inovasi martabak telur yang disajikan dengan kuah kari ini sungguh nggak ada duanya. Saat ini, Martabak Har sudah memiliki delapan cabang yang dikelola oleh anak dari Haji Abdul Razak. Kamu bisa kunjungi kedai Martabak Har yang pertama di jalan Jendral Sudirman 120/39. Jika kamu lebih suka suasana yang lebih modern, kamu bisa kunjungi Martabak & Resto HAR milik cucu Haji Abdul rozak di Jalan Jendral Sudirman no. 2269.

debbyummy.ga

debbyummy.ga

8. Pindang Patin

Pindang patin menjadi salah satu buruan kuliner kalau melancong ke Palembang. Selain lezat, ikan patin yang menjadi bintang utama hidangan ini juga mengandung nutrisi tinggi dan baik untuk kesehatan, seperti mencegah penyakit jantung, membantu pembentukan otot, menjaga kesehatan tulang, mencegah penumpukan lemak, dan lain-lain.

Terdapat beberapa destinasi kuliner pindang patin yang terkenal di Palembang, yaitu Rumah Makan Pindang Sri Melayu (jalan Demang Lebar Daun Palembang), Rumah Makan Pindang Bu Ucha (jalan Demang Lebar Daun No.14, Ilir Bar. I), dan Rumah Makan Pindang Musi Rawas (Jl. Angkatan 45 No.18, 12, Lorok Pakjo, Ilir Bar. I).

Buat kamu yang tinggal di Jakarta dan kepengin cobain pindang patin khas Palembang, kamu bisa mampir ke Pondok Wong Palembang di Jalan Veteran 1, Jakarta Pusat, atau ke Restoran Sari Sanjaya yang cabangnya bisa ditemui di Kelapa Gading, Casablanca, dan Alam Sutera (Tangerang Selatan).

berrykitchen.com

berrykitchen.com

9. Kerupuk atau kemplang

Palembang memang terkenal dengan olahan kuliner berbahan dasar ikan, nggak cuma makanan beratnya aja, tapi juga cemilannya berupa kerupuk atau kemplang. Kuliner ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat. Makan kerupuk kemplang bisa ditemani dengan sambal yang terbuat dari racikan cabai dan kecap yang bakal bikin kamu ketagihan. Harga per bungkus kerupuk kemplang juga nggak mahal, biasanya berkisar Rp 20 ribuan*.

kerupuk palembang

opensnap.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Penasaran sama kuliner khas Palembang yang bikin ngiler kayak di atas? Untuk liburan selanjutnya, yuk rencanain untuk main ke Palembang bareng keluarga, pacar, atau temen-temen kamu. Jangan lupa buat booking tiket pesawat dan hotel murah di Palembang lewat pegipegi.com. Selamat kuliner!

cari tiket pesawat murah  cari hotel murah di palembang

*Harga berlaku saat artikel dibuat

(Visited 4,739 times, 15 visits today)

Comments

To Top