Destinasi

8 Wisata Balon Udara ala Cappadocia Versi Kearifan Lokal

wisata balon udara di Indonesia

Belakangan ini, nama Cappadocia viral berkat serial hit Indonesia, Layangan Putus. Selain merupakan tempat impian yang ingin dikunjungi oleh sang pemeran utama, destinasi wisata Cappadocia ternyata juga masuk Top 2 Best of the Best Travellers Choice in 2021 menurut survei yang diadakan Tripadvisor dengan pesanan lebih dari 237 wisatawan! Wah menarik, ya.

Selain terkenal dengan kota-kota bawah tanah dan hamparan batuan berbentuk kerucut layaknya negeri dongeng, di Cappadocia juga terkenal dengan atraksi wisata balon udara. Destinasi ini menawarkan balon udara warna-warni yang menghiasi langit Turki. Nah, bagi kamu yang ingin merasakan sensasi naik balon udara versi kearifan lokal, yuk, check this out, wisata balon udara yang ada di Indonesia!

Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (TNGBTS)

wisata balon udara di Indonesia
Sumber: IG @mountnesia

Destinasi balon udara pertama terletak di Taman Nasional Gunung Bromo. Di sini, kamu akan diajak terbang untuk melihat lanskap vulkanik menakjubkan dari Gunung Bromo. 

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat dua jenis balon udara di TNGBTS, walaupun balon udara yang tersedia tak sebanyak di Cappadocia. Pertama adalah penerbangan statik dan kedua adalah varian cold inflation, atau balon udara yang tidak terbang. Cold inflation dikhususkan bagi kamu yang hanya ingin foto-foto ciamik dengan balon udara dan pastinya biayanya lebih murah. Namun, bagi kamu yang ingin merasakan sensasi terbang, bisa memilih balon udara statik. Balon udara di sini terbang mencapai ketinggian 500 meter, loh. Berani coba?

Harga tiket: Sekitar Rp150.000*–875.000* per orang

The Lodge Maribaya

wisata balon udara di Indonesia
Sumber: IG @thelodgemaribaya

Destinasi balon udara selanjutnya terletak di tempat wisata alam dan kuliner. Terletak di Lembang, Jawa Barat, The Lodge Maribaya menawarkan daya tarik seperti camping, trekking, outbound, zip bike, pemandangan hutan pinus, wisata kuliner, dan balon udara. 

Lantaran destinasi wisata ini dikelilingi oleh hutan pinus, kamu akan seolah-olah diajak terbang menaiki balon udara dengan panorama hutan pinus dan balutan udara Lembang yang sejuk. Balon udara di sini tidak terbang, hanya saja, kamu bisa menaikinya sambil mengabadikan momen dengan foto. Apalagi bareng teman, keluarga, atau orang terkasih.

Harga tiket: Sekitar Rp20.000* per orang

Tanah Gajah, Ubud

wisata balon udara di Indonesia
Sumber: IG @tanahgajahubud

Wisata balon udara selanjutnya yaitu di Tanah Gajah Resort Ubud. Yup, sebenarnya tempat ini adalah sebuah resort yang menyediakan berbagai wahana menarik. Fyi, kamu nggak harus menginap di sini, loh, untuk bisa menaiki balon udara. 

Balon udara di Tanah Gajah terbang di ketinggian 50 meter dengan pemandangan ciamik hamparan sawah serta Gunung Agung. Kamu juga bisa sambil foto-foto cantik untuk mengabadikan momen. Tenang! Tersedia jasa fotografer untuk membuat hasil foto lebih bagus. Balon Udara Tanah Gajah, hanya bisa mengangkut maksimal dua penumpang dengan jam operasional dibagi menjadi dua. Sunrise pukul 06.30–07.30, sementara sunset pukul 17.30–18.30 waktu setempat.

Harga tiket: Sekitar Rp1.200.000*–Rp2.250.000* untuk dua orang

Sari Ater, Subang

wisata balon udara di Indonesia
Sumber: IG @sariaterhotairbalon

Selain Lembang, wahana balon udara juga ada di Subang, Jawa Barat, loh. Kamu akan diajak terbang keliling dengan pemandangan menakjubkan dari Gunung Tangkuban Perahu dan hamparan kebun teh yang hijau. Keren banget, kan? 

Wahana ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Sari Ater Hotel & Resort. Dengan daya tampung kurang lebih 400 kilogram, balon udara ini akan mengudara selama 15 menit. Fyi, kehadiran balon udara ini berkat kerja sama antara Indonesia Terbang, sebuah tim Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dengan Fly Tours Indonesia. Wahana ini beroperasi mulai pukul 06.00–09.00 saja. Namun, jika antusiasme pengunjung membludak, kemungkinan bisa dibuka kembali pada pukul 05.30–10.00 WIB.

Harga tiket: Sekitar Rp450.000*–1.700.000* per paket

Bukit Teletubbies Jawa Timur

Sumber: IG @gardukelud

Wisata balon udara kali ini terletak di Blitar, Jawa Timur, tepatnya di Bukit Teletubbies. Bukit ini menawarkan lanskap perbukitan hijau plus pemandangan Gunung Kelud. Meskipun tidak mengudara, tapi kamu masih bisa foto-foto untuk mengabadikan momen spesial. 

Selain balon udara, kamu juga bisa menikmati wahana lain seperti ayunan, mobil ATV, hammock hingga paralayang. Wisata ini beroperasi mulai pukul 08.00–17.00 WIB.

Harga tiket: Sekitar Rp3.000* per orang (tidak termasuk wahana)

HeHa Ocean View

wisata balon udara di Indonesia
Sumber: IG @hehaoceanview

Heha Ocean menawarkan panorama laut lepas dari ketinggian perbukitan di pesisir selatan Yogyakarta. Meski panorama bahari merupakan daya tarik utama HeHa Ocean View, masih banyak hal menarik lainnya yang sayang banget jika dilewatkan. Termasuk yang wajib kamu coba, yaitu spot-spot foto yang sengaja disiapkan oleh pihak pengelola.

HeHa Ocean menawarkan setidaknya 13 spot foto keren, seperti Hexagon, Balon Udara, Santorini, dan masih banyak lagi. Walaupun nggak mengudara, tapi wahana balon udaranya bisa jadi spot foto yang Instagramable, loh. Latar belakang langit biru disertai dengan panorama laut lepas bakal menambah kece feed sosial mediamu.

Harga tiket: Sekitar Rp15.000*–20.000* per orang

Antapura De Jati

wisata balon udara di Indonesia
Sumber: IG @antapuradejati

Destinasi balon udara yang sedang populer ternyata juga ada di Garut juga, loh. Wahana ini terletak di Antapura De Jati, tempat yang mengusung konsep gabungan wisata. Sebut saja, wisata kuliner, spot foto, dan lahan persawahan terasering yang mirip di Bali. 

Kawasan wisata ini terbilang cukup baru, karena belum lama diresmikan, tepatnya pada Februari 2022 lalu oleh Wakil Gubernur Garut. Terdapat beberapa wahana yang bisa kamu naiki seperti sepeda gantung, big swing, dan sarang burung. Untuk wahana balon udara memang nggak terbang, tapi bisa jadi spot foto yang Instaworthy dengan latar hamparan sawah yang hijau.

Harga tiket: Senin–Jumat Rp25.000* per orang dan Sabtu–Minggu Rp35.000* per orang

Skyswing, Badung Bali

wisata balon udara di Indonesia
Sumber: IG @skyswingbali

Wahana balon udara selanjutnya bernama Skywing yang terletak di Badung, Bali. Tempat wisata satu ini menyediakan berbagai aktivitas yang menantang jiwa adrenalin kamu seperti rafting, atv ride, vw safari, outbound, dan yang menjadi ciri khas tempat ini adalah balon udara. 

Balon udara ini diterbangkan dengan ketinggian tertentu dan kamu bisa menikmati pemandangan desa khas Badung plus hamparan sawah yang hijau. Nggak cuma itu, kamu juga bisa melihat restoran dengan bangunan mirip kura-kura dari ketinggian. Fasilitas penunjang lain yang bisa kamu dapatkan di Skywing yaitu spa, toilet, restoran, dan swimming pool.

Harga tiket: Sekitar Rp150.000*–1.500.000* per wahana

Itu dia delapan wisata balon udara yang ada di Indonesia. Deretan wisata balon udara di atas nggak cuma punya spot foto yang Instaworthy, tapi juga akan memberikan pengalaman yang berharga untuk dikenang seumur hidup. 

Nah, buat kamu yang berencana staycation atau liburan, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus & travel, plus hotel dengan harga promo hanya di Pegipegi, ya!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS DAN TRAVEL PESAN HOTEL

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: