Tips

8 Trik Hasil Foto Selfie Terlihat Keren Saat Solo Traveling

Jika kamu terbiasa traveling bareng teman segeng, pasangan, maupun keluarga, momen berfoto tentunya nggak menjadi masalah. Tapi apa jadinya jika kamu jadi solo traveler? Ya, selain mengabadikan pemandangan dan obyek wisata yang bisa kamu foto sendiri, tentunya atas dasar ‘buat kenang-kenangan’ kamu juga ingin tampil di dalam foto.
Minta tolong orang asing, bisa saja, sih. Tapi hasil foto belum tentu memuaskan sesuai mau kita. Entah foto yang buram, miring, tidak proporsional, bahkan ada saja bagian dari badan kita yang terpotong. Belum lagi buat kamu yang pemalu atau malas basa-basi, minta tolong pada orang asing tentunya membuatmu ragu. Nah, kalau begitu yuk, coba trik berfoto berikut ini yang bisa kamu lakukan sendirian!

Pakai tongsis

www.travelandleisure.com

Foto: www.travelandleisure.com

Memang, sih, penggunaan tongsis banyak dicibir orang. Tapi lebih baik ‘malu’ selama tiga detik berfoto pakai tongsis, tapi mendapat hasil foto yang indah bisa dinikmati seumur hidup. Daripada memaksakan pegang kamera dengan satu tangan, kan? Pakai tongsis, hasil foto  lebih fokus, latar belakang pemandangan indah pun tertangkap kamera.

Bawa tripod

Tenang, jangan membayangkan tripod yang besar, berat, dan merepotkan. Hari gini sudah banyak dijual tripod yang bahkan bisa dipakai untuk ponsel. Bentuknya mini, bisa dilipat sedemikian rupa, dan tentunya ringan. Tinggal pasang, atur sudut yang tepat, lalu nyalakan timer yang ada di ponsel atau kamera.

Pencahayaan alami

www.huffingtonpost.com

Foto: www.huffingtonpost.com

Nggak perlu selalu mengeluh saat traveling di bawah matahari terik. Manfaatkan sinar matahari untuk membuat foto selfiemu lebih indah. Pastikan wajah tidak ‘menantang’ sinar matahari secara langsung karena cahaya yang terlalu terang justru membuat wajah tampak rata tanpa siluet.

Efek mirror

Manfaatkan benda yang dapat merefleksikan dirimu saat difoto. Misalnya, memotret dirimu saat menghadap cermin, kaca bangunan, bahkan kacamata atau gelas yang diletakkan di meja, dan kaca spion mobil.

Pose natural

vinjabond.com

Foto: vinjabond.com

Nggak perlu selalu menatap kamera saat berfoto, apalagi jika kamu merasa risih karena nggak terbiasa selfie. Berfotolah dengan sengaja tidak menatap lensa untuk dapatkan pose yang lebih natural. Jika bingung, kamu bisa ‘mencuri’ inspirasi gaya travel blogger yang ada di instagram misalnya menatap kejauhan, tampak samping, atau bahkan memanfaatkan ‘properti’ yang ada di sekitar seperti menggenggam pasir pantai, duduk di tangga museum, atau sekadar memainkan rambut atau pakaian.

Fitur video

Tempatkan ponsel atau kamera di tempat yang kamu inginkan, lalu nyalakan fitur video. Setelahnya, berjalanlah ke spot foto yang kamu inginkan, dan berdiamlah dengan pose yang diinginkan selama beberapa detik. Setelahnya, capture video pada pose yang kamu inginkan. Ya, walau nggak sebagus foto, tapi hasil capture video juga bisa dipoles aplikasi, kok, untuk mendapatkan kualitas foto yang keren.

Nggak melulu wajah

www.blogto.com

Foto: www.blogto.com

Yap, sesekali bisa juga, tuh, memotret bagian tubuh lainnya dari dirimu. Misalnya, foto kaki dari atas untuk memperlihatkan lantai yang terbuat dari ubin bermotif unik, atau foto tanganmu sambil pegang gelato dengan latar belakang mural yang ada di toko gelato. Instagenic banget!

Minta bantuan

Kapok minta tolong orang asing karena hasil foto nggak sesuai harapan, tapi situasi ‘mengharuskan’ kamu dipotret orang lain? Cobalah lihat sekeliling, dan mintalah tolong traveler lain yang membawa kamera DSLR. Walau bukan jaminan, harapannya, sih, mereka lebih mengerti teknik berfoto dengan kamera profesional. Nah, saat memberikan kameramu ke mereka, arahkan sesuai angle yang kamu mau dan jelaskan kemauanmu difoto seperti apa. Kasarnya, minta bantuan mereka hanya untuk memegang kamera dan menekan tombol shutter. Pastikan juga kamu nggak berlama-lama ganti pose, apalagi minta foto berulang kali. Ingat, mereka, kan, bukan fotografer pribadi kamu.

Nah, nggak ragu lagi, kan, untuk jadi solo travelers? Ingin buru-buru mencoba trik yang pegipegi berikan? Langsung aja, yuk, rencanakan perjalanan kamu dengan pesan tiket pesawat atau kereta api dan pesan hotel di pegipegi!

Tiket Kereta Api Murah Booking Hotel Murah  Tiket Pesawat Murah

(Visited 1,372 times, 1 visits today)

Comments

To Top