Tips

8 Tips Sukses Mempersiapkan Solo Traveling di 2020

Tahun baru, jatah cuti kembali penuh, nih! Nah, mulai dari sekarang, kamu bisa merencanakan solo traveling kamu sepanjang tahun ini.

Tapi, jangan asal ya! Karena, solo traveling pastinya bakal menguras fisik dan mental lebih besar ketimbang liburan bareng keluarga. Walaupun, kegiatannya bakal lebih santai.

Ada banyak banget hal yang bisa kamu persiapkan sebelum solo traveling. Beberapa di antaranya kerap dianggap enteng, lho.

Nah, sebagai referensi, Pegipegi punya 8 tips mempersiapkan solo traveling kamu di 2020. Simak di bawah ini, yuk!

Persiapan yang Matang

Namanya juga solo traveling, semua hal harus kamu hadapi sendiri. Jadi, pastikan kamu sudah mempersiapkan perjalanan ini sematang mungkin. Mulai dari persiapan fisik, mental hingga kebutuhan selama solo traveling. Sesuaikan semua persiapan dengan tujuan wisata kamu. Jika traveling ke gunung, bawalah jaket. Jika kamu main ke pantai, jangan lupa bawa sunblock.

Tentukan Destinasi Wisatanya

Jangan traveling kalau nggak ada destinasinya. Jadi, tentukan dulu tujuan liburan kamu, deh. Jika mau main aman, kamu bisa traveling ke berbagai tempat wisata mainstream, sebut saja Bali, Candi Borobudur, hingga Danau Toba. Tapi, kalau kamu butuh sesuatu yang menantang, kamu bisa cari destinasi liburan yang anti mainstream, seperti Gunung Bawakaraeng di Sulawesi atau Telaga Nilem di Cirebon.

Bikin Itinerary

Traveling boleh sendiri, tapi jangan lupa bikin itinerary atau daftar kegiatan biar efektif. Nah, pemilihan itinerary bakal berpengaruh pada pengalaman traveling kamu. Bagi traveler sarat pengalaman, itinerary padat bukan menjadi sebuah masalah. Bahkan, demi menghemat bujet, kamu bisa mendapatkan lebih banyak spot wisata dalam waktu yang singkat. Namun, jika kamu baru pertama kali solo traveling, itinerary yang padat hanya akan membuat kamu kelelahan. Jadi, pastikan kalau kamu memiliki itinerary yang jauh lebih santai untuk dinikmati.

Transportasi dan Akomodasi

Hal yang paling krusial pas solo traveling adalah transportasi dan akomodasi. Pastikan, kedua hal tersebut sudah kamu amankan sebelum berangkat, ya. Biar, waktu traveling kamu berjalan efektif. Biar makin mudah, kamu bisa pesan tiket pesawat, bus atau kereta api dan booking hotel di Pegipegi. Sudah pasti, solo traveling kamu terjamin kenyamanannya.

Soal Free Time

Enaknya solo traveling, kamu bisa leluasa buat melakukan aktivitas yang kamu inginkan, termasuk setelah kegiatan di itinerary terpenuhi. Biasanya, kamu bakal keliling cari kuliner lezat di malam hari atau sekedar nongkrong di kafe-kafe dekat penginapan. Nah, biar aman, kamu harus memastikan jadwal terakhir angkutan umum beroperasi di kawasan yang kamu kunjungi. Agar, kamu bisa pulang nggak kemalaman,

Memaksimalkan Teknologi

Perkembangan teknologi, khususnya di smartphone bikin traveling makin mudah. Jadi, gunakanlah! Salah satu aplikasi yang wajib kamu miliki adalah maps offline seperti MAPS.Me. Dengan fungsi mirip Google Maps, MAPS.ME merupakan aplikasi peta offline. Semua fitur yang ada di dalam, termasuk fitur lokasi hingga informasi tempat bisa kamu dapatkan tanpa harus menggunakan koneksi internet. MAPS.ME melakukan update database yang cukup rutin demi kenyamanan kamu.

Selain itu, kamu juga bisa back up data diri seperti KTP atau paspor di smartphone. Apalagi, ada fasilitas cloud saving yang bisa menjaga data diri kamu selama perjalanan.

Fokus dengan Lingkungan Sekitar

Meski sedang liburan, kamu juga wajib fokus dan sadar akan lingkungan di sekitar. Itulah kenapa kamu harus mempelajari kebudayaan hingga masyarakat di lokasi traveling kamu sebelum berangkat. Karena, setiap daerah memiliki aturan yang berbeda. Sehingga, wajib buat kamu untuk menaati adat istiadat yang berlaku di sana.

Bawa Oleh-Oleh Seadanya

Pulang traveling enaknya bawa oleh-oleh buat orang di rumah. Tapi, ingat, bawa secukupnya aja. Apalagi, bawaan kamu seperti tas pakaian hingga tas perlengkapan lainnya sudah berat. Jadi, jangan memaksa untuk membawa banyak oleh-oleh pas pulang nanti, ya.

Sudah nggak sabar liburan tahun baru? Jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top