Tips

8 Tips Penting Sebelum Ajak Hewan Peliharaan Travelling

Travelers, percaya nggak kalau travelling bersama hewan peliharaan itu lebih menyenangkan? Well, setidaknya, menurut Hartz, sebuah produk makanan hewan, mengatakan 45 persen dari pemilik senang jika bisa liburan bareng dengan hewan kesayangan.

Nggak heran sih, selain bisa membuat stress kamu berkurang, kamu bisa menggantikan waktu kebersamaan yang hilang karena aktivitas. Ya, hitung-hitung balas budi kepada hewan peliharaan kamu yang sudah menunggu setia di rumah tiap hari.

Kelihatannya sih memang ribet. Mulai dari perlengkapan sebelum berangkat hingga antisipasi menghadapi berbagai komplain dari awak transportasi publik seperti kereta api dan pesawat.

Tapi tenang, Pegipegi punya tips penting soal travelling bersama hewan peliharaan tercinta. Simak ya!

1. Tentukan Destinasi, Lihat Kondisi

Foto: pets3000

Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah menentukan apakah destinasi liburan kamu cocok nggak dengan hewan peliharaan tercinta. Kamu nggak akan mungkin bawa hewan peliharaan saat travelling yang melibatkan pendakian gunung. Lebih parah, kalau kamu ajak dia dalam kondisi sakit, pasti bakal menyedihkan.

Jangan lupa juga untuk melakukan research kecil jika destinasi yang kamu tuju punya larangan membawa hewan apa nggak. Setidaknya, biar kamu dan hewan peliharaan kamu tenang dan nggak khawatir sepanjang perjalanan.

2. Sadar Jenis Hewan Peliharaannya

Foto: constantcontact

Hal yang ini kayaknya wajib banget kamu lakukan sebelum berangkat, deh. Kamu harus melihat jenis hewan peliharaan yang kamu akan ajak jalan. Nggak mungkin kamu bawa-bawa akuarium yang isinya ikan kesayangan, kandang burung yang isinya merpati putih atau ular!

Jangan memaksakan membawa hewan peliharaan kamu ke tempat yang nggak cocok dengan kondisi fisiknya. Misalnya, kamu memaksakan mengajak anjing berjenis Siberian Husky ke destinasi tropis yang panas.

Intinya, kamu harus sadar diri deh sebelum travelling bersama hewan peliharaan. Tentu saja, demi keselamatan kamu, hewan peliharaan tercinta dan orang lain.

3. Lengkapi Dokumen

Foto: petrunway

Ingat kasus Justin Bieber yang sempat ditahan petugas bandara di Jerman karena hewan peliharaannya nggak memiliki dokumen? Jangan sampai kejadian, deh, sama kamu.

Dokumen yang dimaksud meliputi dokumen kepemilikan hewan hingga dokumen kesehatan hewan kamu. Pastikan, semuanya kamu bawa kalau nggak mau berurusan dengan pihak yang berwajib ya.

4. Pentingnya Pet Cargo

Foto: smithsonianmag

Kalau kamu memiliki kucing atau anjing, pastikan membawa pet cargo. Ukurannya yang kecil memang terlihat nggak nyaman sih. Tapi sangat berguna jika kamu mau travelling bersama hewan peliharaan tercinta.

Soal bahan, nyaris semua pet cargo berbahan plastik.  Tapi, kamu juga bisa modifikasikan loh dengan menambah bantal agar hewan peliharaan kamu nyaman selama perjalanan serta mainan kesayangan biar nggak rewel.

5. Makanan, Obat dan Vitamin

Foto: www.autofreaks

Jika hewan peliharaan kamu baru pertama kali travelling, kamu harus lebih siap, terutama soal makanan, obat dan vitamin. Pastikan makanan yang ia konsumsi selama travelling sama dengan apa yang ia santap sehari-hari. Jika nggak, dia bakalan stres dan sakit yang pasti bikin kamu ribet.

Sedia juga obat-obatan dari dokter hewan serta vitamin karena kamu belum tentu dapat menemukan dokter hewan yang cocok di destinasi wisata. Antisipasi lebih baik!

6. Book Hotel Dengan ‘Pet Service’

Foto: poshpethotel

Nggak semua hotel di destinasi wisata memperbolehkan kamu membawa hewan. Jadi, yang kamu harus lakukan saat reservasi adalah bertanya tentang pet service.

Banyak hotel di dunia ini sudah mulai menyediakan layanan tersebut. Mereka nggak cuma memperbolehkan kamu membawa hewan peliharaan masuk ke kamar hotel, tetapi juga menyediakan special treatment buat dia.

7. Rantai Leher dan Kalung Identitas (ID Tag)

Foto: houndabout

Penting tapi sering terlupa. Kamu wajib bawa rantai leher, terutama kalau hewan peliharaan kamu adalah anjing dan kucing. Nggak selamanya kan kamu harus menggendong dia selama perjalanan atau terdiam di pet cargo saja.

Dengan rantai leher, kamu bisa mengendalikan pergerakan hewan peliharaan tercinta. Terlebih, jika destinasi wisata yang kamu tuju memiliki medan yang nggak mudah untuk dilewati.

Selain itu, kamu bisa bawa ID tag buat hewan peliharaan kamu beserta identitas pemiliknya, minimal nomor telepon. Jadi, kalau suatu saat dia menghilang, kamu nggak bakal susah mencarinya. Kalung identitas juga berguna kala kamu melakukan perjalanan dengan pesawat, sebagai penanda itu hewan kamu.

8. Darat, Udara, atau Laut?

Foto: cottagelife

Tiap hewan memiliki kapasitas beradaptasi dengan suasana baru yang berbeda. Nggak cuma itu, perbekalan pun pasti akan sangat berbeda dan nggak boleh ada yang miss.

Jadi, sebelum melakukan travelling dengan hewan peliharaan, ada baiknya kamu konsultasi dengan dokter hewan langganan deh. Pastikan jika hewan kamu nggak bakal mabuk laut saat naik kapal, hilang kesadaraan saat naik pesawat atau stres saat terjebak di dalam kemacetan dengan mobil.

Khusus untuk anjing, karena memiliki naluri bergerak cukup besar, kamu harus memastikan pesawat atau kapal yang kamu tumpangi itu nyaman. Apalagi, kamu juga nggak diperkenankan buat membawa masuk pet cargo kamu ke kabin utama.

Foto utama: gateiro

Sudah tahu tipsnya kan? Jika sudah, yuk liburan! Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi  buat dapatkan harga spesial. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

(Visited 207 times, 1 visits today)

Comments

To Top