Tips

8 Tips Penting Persiapan Liburan ke Luar Negeri Untuk Pertama Kali

Punya resolusi liburan ke luar negeri di 2020? Mari wujudkan sekarang juga!

Tapi jangan buru-buru, ya. Karena ada banyak hal yang harus disiapkan sebelum kamu terbang liburan ke destinasi wisata impiand di luar negeri.

Nah, biar liburan kamu di luar negeri lancar, Pegipegi punya beberapa tips pentingnya, nih. Simak, yuk!

Perencanaan Harus Matang

Liburan ke luar negeri itu nggak bisa dadakan! Jadi, biasakanlah dirimu untuk selalu membuat rencana sebelum berangkat liburan ke luar negeri. Dengan membuat rencana kamu akan mengetahui hotel atau penginapan yang sebaiknya kamu pilih, tempat makan terdekat dengan hotel, dan lain sebagainya. Jadi, waktu akan terpakai secara efisien, deh.

Cari Tiket Promo

Mau liburan ke luar negeri tapi hemat? Ya, tinggal cari tiket promo aja! Biasanya, semakin jauh kamu memesannya, semakin murah harganya. Biasanya, para pemburu tiket murah memesan tiket terbang mereka 6-12 bulan sebelum keberangkatan. Apalagi, kalau ada maskapai penerbangan buka rute baru. Promo sudah pasti ada di mana-mana!

Amankan Dokumen Perjalanan

Agar liburan makin aman dan nyaman, pastikan kamu sudah mengamankan beberapa dokumen perjalanan yang dibutuhkan. Seperti paspor, visa (jika diharuskan), hingga tiket pesawat. Semuanya wajib tersedia setidaknya H-1 sebelum berangkat.

Soal paspor, kamu wajib memperpanjang di kantor imigrasi minimal 6 bulan sebelum habis. Karena, jika telat, ada denda yang menanti kamu, lho.

Pilih Ransel atau Koper

Seringkali kamu dipusingkan sama masalah barang bawaan sebelum melakukan perjalanan, terutama jika tujuannya ke luar negeri. Menggunakan ransel atau membawa koper biasanya menjadi perdebatan sebelum terbang ke negeri orang. Ransel atau backpack sah-sah saja asalkan kamu mau sedikit repot membawa bawaan yang mungkin cukup berat, tapi kalau mau lebih santai dan gak ribet, menggunakan koper sepertinya menjadi opsi paling ideal.

Stok Pakaian Cukup

Jangan nekat berangkat kalau nggak bawa pakaian cukup. Apalagi kalau waktu selama traveling nggak cukup buat nunggu laundry. Pastikan, kamu membawa beberapa t-shirt santai sebagai baju ganti juga.

Selain itu, kamu juga wajib membawa pakaian sesuai dengan lokasi liburannya. Misalnya ke daerah dingin, ya kamu bawa banyak jaket tebal. Misalnya kamu traveling ke daerah pantai, jangan lupa bawa pakaian renang.

Jangan Lupa Pengaman Koper

Nggak ada yang tahu situasi keamanan di negeri orang. Yang kamu bisa lakukan adalah mengamankan barang bawaan kamu yang ada di dalam koper. Pilihlah koper dengan kunci pengaman TSA (Travel Sentry Approved). Gembok yang memenuhi standar TSA mulai dijual pada 2003, tapi untuk koper yang terdapat pengaman TSA baru mulai diperkenalkan pada 2004.

Nah, kalau kamu membawa barang-barang yang dianggap mencurigakan, gembok TSA ini dapat dibuka oleh bagian bea cukai yang bertugas dengan menggunakan kunci universal pada proses pemeriksaan tanpa merusak kunci maupun kopernya.Lepas dari itu semua, kunci TSA ini juga diyakini membuat isi koper kamu lebih aman.

Bawa atau Sewa Modem Wi-Fi

Liburan nggak enak kalau nggak eksis di media sosial. Untuk bisa eksis, kamu butuh jaringan internet yang stabil selama traveling di luar negeri! Paket data smartphone mungkin bisa stabil selama kamu berada di dalam negeri. Tetapi, jika sudah di luar negeri, kamu hanya bisa mengandalkan jaringan roaming yang koneksinyaa nggak pasti bagus. Nggak heran, kini banyak travelers yang menggunakan moden portable dengan kecepatan tinggi. Tentu saja tujuannya menunjang aktivitas dunia maya selama traveling.

Jika kamu nggak punya, tinggal sewa, deh! Apalagi, kini ada banyak outlet sewa modem Wi-Fi yang bisa dibawa keluar negeri. Biasanya terdapat pada pintu masuk keberangkatan di bandara.

Bekali Diri dengan Obat-Obat

Saat traveling, tubuh kamu bakal rentan diterpa kelelahan atau sampai jatuh sakit. Jika sudah sakit, biaya yang dikeluarkan pasti nggak murah. Karena itu, jagalah badanmu agar tetap fit. Untuk mencegah hal yang nggak diinginkan, kamu perlu membawa multivitamin dan obat-obatan pribadi yang memang sudah terbukti cocok untukmu.

Sudah tahu tipsnya? Jangan lupa buat merencanakan liburan di tahun baru. Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top