Tips

8 Tips Penting Menghindari Koper Hilang di Bandara

Pernah kehilangan koper di bandara? Pasti rasanya kesal, apalagi kalau petugas bandara nggak mau bertanggung jawab.

Koper hilang saat travelling bisa jadi hal yang paling apes. Disaat kamu ingin bersenang-senang di tempat wisata, kamu justru malah dibikin pusing dengan koper yang nggak kunjung tiba di lokasi penjemputan bagasi

Ada beberapa faktor yang menyebabkan koper hilang. Entah karena tertukar, nggak terangkut atau justru benar-benar dicuri seperti yang sempat terjadi beberapa waktu yang lalu.

Nah, biar liburan kamu aman dan nggak kepikiran sama koper hilang, Pegipegi punya beberapa tipsnya. Simak yuk!

1. Rapikan Koper Sebelum ke Bandara

Foto: lifehacker

Krusial tapi sering terlupa, sih. Jika perjalanan kamu sangat jauh, ada baiknya satu koper nggak terisi barang yang berlebih. Jika kamu bawa banyak kabel seperti charger HP, bisa kamu gulung. Sehingga, saat dimasukkan ke bagasi nggak tercecer.

2. Datang Tepat Waktu

Foto: cntraveler

Setiap penerbangan pasti memiliki waktu check-in. Gunanya, selain untuk pendataan penumpang, check-in bisa kamu pakai untuk melakukan persiapan akhir. Intinya, jangan terlambat untuk check-in demi memudahkan para petugas mendata dan memasukkan koper kamu.

3. Pilih Koper Warna Terang

Foto: sirtripsalot

Sering kali, kamu nggak melihat koper milikmu di antara tumpukkan lain. Saking nggak mengenali, kamu bahkan suka berprasangka kalau koper kamu hilang. Demi kebaikan semuanya, ada baikknya kamu bawa koper dengan corak warna terang. Kalau nggak, kamu bisa ikatkan koper kamu dengan tali berwarna sebagai pengenal.

4. Hindari Penerbangan Dengan Transit

Foto: turner.com

Kasus kehilangan koper bisa jadi karena hal ini. Ketika kamu melakukan transit, isi bagasi pasti berpindah ke pesawat lain. Sedikit saja kesalahan, koper bisa tertinggal di tempat transit. Nggak heran kalau kasus kehilangan koper terjadi di banyak penerbangan nggak langsung.

5. Pentingnya Pengaman Koper

Foto: birkbinnard

Sebagai penumpang, kita nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dengan koper kita di dalam bagasi. Nah, untuk menghindari tangan-tangan jahil, ada baiknya koper kamu dilengkapi dengan pengaman seperti gembok atau bahkan sensor lacak koper.

6. Catat dan Foto

Foto: lightspeedaviation

Demi keamanan koper, kamu harus segera mencatat kode yang diletakkan oleh para petugas di koper kamu. Jangan lupa juga untuk memfoto koper kamu sebelum masuk ke bagasi pesawat. Biar kalau pun kena apes kehilangan koper, kamu memiliki bukti yang kuat.

7. Tempel Tanda Pengenal

Foto: ebay

Kasus hilang koper sering terjadi juga karena identitas pemilik yang nggak lengkap. Nah, biar koper kamu aman dan nggak bikin bingung petugas, kamu bisa tempel stiker bertuliskan nama kamu. Hal ini juga sangat dianjurkan buat kamu yang melakukan banyak transit penerbangan.

8. Cabut Label Penerbangan Sebelumnya

Foto: o.canada

Keren sih tapi label penerbangan yang nggak dicabut bakal menimbulkan masalah. Pastikan label maskapai sebelumnya anda buang agar petugas tidak salah memasukkan koper Anda ke pesawat yang Anda tumpangi agar para petugas nggak kebingungan menurunkan dan memberikan koper.

9. Antri Bagasi Lebih Awal

Foto: eurostar

Kebiasaan kita kalau sudah lihat antrian penjemputan koper adalah mager! Menunggu hingga sepi jadi opsinya. Tapi, kesempatan kamu untuk kehilangan koper pun lebih besar karena kamu nggak bakal tahu siapa yang ambil koper kamu. Jadi, segera antri dari awal, deh!

10. Seleksi Maskapai

Foto: theodysseyonline

Nggak bisa dipungkiri, setiap maskapai di dunia ini pasti pernah mengalami kasus ini. Namun, ada baiknya kamu cek dulu deh sebelum membeli tiket mana maskapai dengan track record hilang koper lebih rendah. Semuanya demi keamanan kamu saat travelling.

Sudah tahu tips biar koper selamat? Nah, biar travelling kamu makin asyik, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 347 times, 1 visits today)

Comments

To Top