Tips

8 Tips Liburan Biar Nggak Dipandang Seperti Turis Mainstream

Di dunia ini, ada dua tipe turis. Tipe pertama datang, foto, terus pulang. Sedangkan tipe kedua cirinya mereka datang, jelajah tempat wisata, berbaur dengan warga sekitar baru pulang.

Biasanya, traveler tipe kedua ogah dirinya dianggap sebagai turis mainstream. Mereka rela berlama-lama di lokasi wisata agar terlihat berbaur dengan masyarakat di sana.

Untuk menjadi tipe turis yang kedua memang agak sulit. Selain menuntut kesabaran, menjadi traveler yang nggak ingin terlihat seperti turis butuh observasi mendalam, terutama soal destinasi liburannya.

Tapi, tenang! Layaknya jalan menuju ke Roma, ada banyak cara agar kamu nggak terlihat seperti turis biasa saat liburan. Nah, Pegipegi punya 8 tips yang wajib kamu tahu. Simak, yuk!

1. Perdalam Pengetahuan

Foto: happyplace4alex

Normalnya, seorang turis hanya modal kamera dan petunjuk dari sang tour guide saat tengah berada di destinasi liburan. Buat kamu yang ngaku mandiri nggak mau dong dicap sebagai seorang turis mainstream. So, sangat dianjurkan kamu memperdalam pengetahuan tentang destinasi yang dituju. Mulai dari adat, apa yang boleh dan apa yang nggak boleh hingga cara menyapa orang lokal di sana.

2. Hindari Pakaian ala Turis

Jika sudah tahu segalanya tentang destinasi liburan, saatnya mempersiapkan bawaan! Nah, jika kamu ingin terlihat nggak kaya turis biasa, berpenampilanlah selayaknya masyarakat setempat. Soalnya, banyak yang suka salah kostum. Ke mana-mana selalu rapi, misalnya, ke Pantai Kuta pakai jeans dan sneaker. Mendingan, pakai baju yang santai saja, seperti celana pendek, kaus oblong dan sandal jepit.

3. Batasi Jumlah Tas/Koper

Turis pada umumnya rela membawa banyak pakaian dan perlengkapan guna menunjang aktivitas di lokasi wisata. Alhasil, mereka pun membawa banyak tas dan koper sebisa mungkin. Ini pantang buat kamu yang nggak mau dilihat sebagai seorang turis biasa! Batasi jumlah tas atau koper yang ingin kamu bawa dengan cara filterisasi isinya. Misalnya cuma traveling dua hari, 4 setel pakaian sudah cukup, kok.

4. Naik Kendaraan Umum

Mau dinilai berbaur sama masyarakat sekitar? Naiklah kendaraan umum. Sebagai turis mandiri, kendaraan umum jadi salah satu cara kamu mengenal destinasi lebih dalam. Kamu bakal bertemu banyak orang lokal yang bisa dikorek informasinya.

5. Jangan Kebanyakan Foto

Foto: agusscandido

Di era millenials seperti sekarang, foto selfie seakan jadi ritual wajib tiap kali berada di lokasi wisata. Pamer di sosmed, bikin orang lain iri adalah tujuannya. Tapi, buat seorang turis mandiri, kebanyakan foto, apalagi selfie bisa menurunkan  imejnya. Foto-foto sesekali boleh, kok. Tapi, mending kamu fokus menikmati tempat wisatanya, kan?

6. Menu Lokal Saja

설렁탕!!! #먹스타그램 #instafood #foodporn #life #l4l #점심메뉴 #설렁탕 #혼밥

A post shared by Peter Kim (@r.rhoads) on

Nah, urusan makan, turis umum bakal mengincar banyak spot kuliner mainstream. Nggak heran, pusat jajanan dan oleh-oleh di kota wisata pun berkembang pesat. Khusus buat kamu yang nggak mau terlihat seperti turis biasa, coba tanya rekomendasi dari warga setempat soal tempat makan yang sederhana, seperti warung atau kedai. Selain lebih hemat, imej kamu semakin berbaur, deh.

7. Sewa Apartemen

Umumnya, hotel jadi tempat bermalam yang cocok buat turis manapun. Selain pelayanan terjamin, kamu memiliki jadwal check in-check out yang pasti. Gimana kalau sesekali kamu menginap di serviced apartment? Tenang, sudah banyak kok apartemen yang memiliki fasilitas lengkap dengan sistem penyewaan harian dan bisa lebih murah ketimbang hotel berbintang. Kamu bisa pesan di Pegipegi juga, lho.

8. Cari Destinasi Urban

Turis biasa pasti akan mencari destinasi yang punya panorama alam bagus serta kebudayaan yang unik. Nggak heran, kebanyakan turis pasti menghabiskan waktu berada di pusat kota. Nah, biar nggak bercampur, kamu bisa cari destinasi urban atau pinggir kota yang menurut kamu jarang didatangi turis. Kamu bisa datangi kampung-kampung dengan nama unik atau mungkin trekking ke bukit yang nggak banyak orang tahu.

Foto utama: kkhtravel

Sudah tahu tipsnya? Kalau mau liburan hemat, mending rencanakan liburan kamu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 101 times, 1 visits today)

Comments

To Top