Tips

8 Tips Anti Boros buat Kamu yang Pengen Traveling ke Lombok

tips liburan hemat ke lombok

Lombok merupakan sebuah pulau yang berada di timur Pulau Bali. Pulau ini memang belum sepopuler Bali. Jadi, nggak mengherankan jika meski Bali dikunjungi jutaan wisatawan setiap tahunnya, banyak lokasi di Lombok justru belum tersentuh.

Faktanya, liburan ke pulau eksotis ini juga bisa memakan banyak biaya, loh. Agar kamu tetap bisa menikmati Pulau Lombok dengan leluasa tanpa membuat dompetmu jebol, berikut ini beberapa tips liburan hemat ke Lombok yang bisa kamu terapkan. 

Pergilah saat sedang low-season

Liburan panjang memang menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu banyak orang. Namun, perlu diingat, musim liburan adalah peak-season dalam dunia traveling. Artinya musim tersebut adalah momen ketika wisatawan sedang banyak-banyaknya. Momen ini sering dimanfaatkan industri wisata sehingga harga transportasi maupun tiket masuk wisata menjadi lebih mahal.

Jika kamu ingin liburan hemat ke Lombok, maka pilihan terbaik adalah pergi saat low-season. Pasalnya, di musim ini kamu akan menemukan banyak promo tiket maupun hotel. Selain itu, tempat wisata juga cenderung lebih sepi sehingga kamu bisa menikmati tempat wisata tersebut dengan lebih leluasa.

Open Trip vs Backpacking

Open trip bisa menjadi pilihan tepat jika kamu berangkat sendirian, tetapi nggak ingin berkunjung ke tempat-tempat wisata seorang diri. Karena keberangkatan dan liburan dilakukan dalam kelompok, biaya yang dikeluarkan pun akan lebih murah. 

Backpacking juga bisa jadi pilihan kalau kamu ingin liburan sendirian saja dan nggak terikat dengan jadwal tertentu. Kamu juga tetap bisa menghemat uang karena bisa memilih sendiri tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi dan untuk berapa lama.

Cari tiket pesawat dengan harga promo

Kalau sudah tahu kapan akan berangkat liburan, ada baiknya kamu segera mencari tiket promo jauh-jauh hari. Banyak orang mengira bahwa tiket promo hanya ada saat musim liburan. Padahal, saat low-season juga terkadang banyak maskapai maupun hotel yang menawarkan harga promo. 

Agar lebih mudah mencarinya, kamu bisa melakukan pencarian dan booking hotel melalui aplikasi Pegipegi. Jadi, kamu bisa langsung memilih penginapan mana yang paling cocok dengan budget dan tetap mengakomodasi kenyamanan yang kamu perlukan.

Pilih penginapan murah di area wisata 

Menginap di dekat tempat wisata biasanya memang cenderung mahal. Namun, kalau kamu jeli, akan selalu ada beberapa penginapan yang harganya lebih terjangkau. Memilih penginapan yang dekat dengan tempat wisata akan membuatmu hemat biaya transportasi. Jadi, kamu cukup berjalan kaki dari hotel ke area wisata yang kamu inginkan.

Buat daftar destinasi wisata terdekat dari penginapan 

Tips liburan hemat ke Lombok selanjutnya adalah membuat daftar tempat wisata yang dekat dengan penginapan. Inilah mengapa di poin sebelumnya kamu perlu mencoba mencari penginapan yang dekat dengan tempat wisata. Selanjutnya, kamu tinggal membuat daftar tempat wisata terdekat dan daftar tersebut bisa menjadi destinasi liburan kamu selama berada di Lombok.

Dengan cara ini, kamu bisa menghemat banyak biaya untuk transportasi. Nggak hanya itu saja, kamu juga bisa membuat jadwal kunjungan dari daftar ini dengan menentukan destinasi wisata mana yang saling berdekatan atau searah. Jadi, kamu nggak akan menghabiskan uang untuk mondar-mandir dari satu tempat wisata ke yang lainnya.

Cari tahu soal alat transportasi di Lombok

Kamu juga harus cerdik saat menentukan alat transportasi yang kamu gunakan selama liburan. Cari tahu terlebih dahulu alat transportasi apa saja yang tersedia di Lombok. Tulis juga masing-masing kelebihan dan kekurangan alat transportasi tersebut. 

Perlu kamu ingat bahwa beberapa tempat wisata kemungkinan nggak akan dijangkau oleh angkutan umum. Jadi, kamu mungkin akan perlu menyewa kendaraan untuk bisa mencapai destinasi wisata tersebut.

Bandingkan mana yang lebih fleksibel dan lebih hemat biaya. Kamu mungkin akan perlu membuat beberapa alternatif skenario perjalanan selama di Lombok untuk bisa mendapatkan cara termudah dan termurah berkeliling di pulau tersebut.

Cari kuliner murah Lombok

Tips liburan hemat ke Lombok selanjutnya berkaitan dengan kuliner. Manfaatkan mesin pencari untuk melakukan riset terlebih dahulu soal kuliner apa yang wajib kamu coba dan di mana menemukannya. Cari tahu rekomendasi kuliner yang nggak hanya menawarkan rasa yang lezat, tapi juga harga yang ramah di kantong.

Jika kamu ingin mencoba nekat mencari sendiri kuliner khas Lombok, pastikan untuk masuk ke rumah makan yang menyediakan daftar harga. Jika nggak tersedia daftar harga, jangan ragu untuk bertanya terlebih dulu pada penjual. Kamu tentu nggak ingin terjebak makan di suatu tempat dan tiba-tiba harus mengeluarkan biaya yang nggak masuk akal, bukan?

Membuat alokasi dana

Tips terakhir namun yang nggak kalah penting adalah membuat alokasi dana. Kamu perlu mengatur berapa banyak uang yang akan kamu gunakan untuk berlibur, kemudian bagi menjadi beberapa bagian. Pisahkan uang untuk transportasi, penginapan, makan, oleh-oleh, dan dana darurat. 

Beberapa tips di atas memang tampak sedikit merepotkan. Namun, kalau kamu siapkan dengan baik, kamu bisa berlibur dengan leluasa tanpa perlu membuat kantongmu jebol. 

Nah, semoga ulasan di atas bisa membantu kamu yang pengen bertualang ke Pulau Lombok, ya. Jangan lupa, sebelum berangkat pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, dan hotel promo di Pegipegi biar lebih hemat!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: