Kuliner

8 Tips Aman Mencoba Durian Bagi Para Pemula

Belum pernah menyantap durian karena takut? Ya, sebagian orang yang nggak suka durian pasti mengaku takut dengan baunya yang menyengat.

Padahal, durian adalah buah paling enak dan termasuk buah musiman, sehingga jarang sekali ditemukan. Nggak heran, secara harga, buah durian termasuk mewah jika dibandingkan dengan buah lokal lainnya.

Tapi tenang! Buat kamu yang merasa pemula, jangan merasa nggak kuat makan durian duluan. Ada banyak tips agar setidaknya mencicipi sedikit. Setidaknya, pernah deh ngerasain manisnya daging durian yang maknyus.

Penasaran? Pegipegi punya 8 tips mencoba durian bagi kamu yang merasa pemula. Mari disimak!

1. Warna Kuning

Foto utama: Chalkboardmagazine

Hal yang pertama kamu harus lakukan adalah soal pemilihan durian. Biar nggak kecewa, kamu harus cari durian yang memiliki kulit berwarna kuning. Kenapa? Karena di sini letak kematangannya! Semakin matang, semakin manis pula buahnya. Jadi, kamu nggak perlu makan banyak buat mencicipi daging durian.

2. Banyak Juring

Buat yang pertama kali mencicipi durian, kamu bakal merasa ‘Kok dikit banget dagingnya’. Tenang, karena durian menyimpan sisa daging di juring. Setiap durian memiliki lima juring atau ruang yang bisa kamu kupas terus setiap kali membuka.

3. Hindari Durian Terbuka

Foto: Rimtv

Banyak penjaja sudah membelah duriannya dari awal. Padahal, hal tersebut akan membuat gas di dalam durian menguap, membuat daging durian menjadi hambar. Jadi, pastikan durian yang kamu pilih nggak memiliki belahan di berbagai sudut demi kualitas rasanya.

4. Bunyinya Nggak Nyaring

Selain soal warna, mengenali durian matang juga bisa dilakukan dari analisa suara. Jika kamu ketuk duriannya berbunyi nyaring, itu tandanya belum matang. Sebaliknya, jika bunyinya meredam, itu pilihan yang terbaik.

5. Minum di Atas Kulit Durian

Saat kamu pertama mencicipi, hidung akan menalar baunya yang menyengat baru memproses rasa. Jika kamu merasa mual seketika, silahkan tuangkan air putih ke kulit durian. Hal ini dipercaya dapat mengurangi rasa mual.

6. Buah Manggis

Jika air putih nggak bekerja, makan kamu juga wajib menyediakan buah manggis. Asam yang dikandung oleh buah berwarna coklat kehitaman ini memiliki zat yang dapat mengurangi rasa mual dalam tubuh.

7. Air Garam

Jika kedua hal tersebut sudah gagal, maka alteratif terakhirnya adalah minum air garam. Tuangkan garam ke dalam air putih hangat, diaduk seperti oralit. Dijamin, rasa mabuk bakal hilang dari tubuh.

8. Sambil Ngobrol

Makan durian itu enaknya bareng-bareng! Jadi, jika merasa belum cukup berani mencicipi durian sendiri, ajak orang dekat kamu seperti keluarga, kekasih atau sahabat. Semakin lama kamu mengobrol dengan mereka sambil menyantap durian, nggak bakal terasa mual. Dengan cara ini, minimal kamu bisa menghabiskan satu buah daging durian.

Sudah tahu cara gimana makan durian? Kalau gitu, yuk berburu durian sambil liburan. Jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta dan hotel murah di Pegipegi!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 18 times, 1 visits today)

Comments

To Top