Tips

8 Tips Agar Tidak Takut Naik Pesawat

Buat kamu yang sedang merencanakan traveling menggunakan pesawat, pastinya bakal antusias banget! Soalnya, pesawat merupakan transportasi yang berkelas, sekaligus nyaman. Tapi, jika ini adalah pengalaman pertama kamu naik pesawat, bisa aja kamu bakal mengalami rasa takut atau tegang. Terutama untuk kamu yang takut akan ketinggian. Boleh-boleh aja kamu takut, tapi jangan sampai bikin traveling kamu nggak seru. Untuk mengatasi rasa takut, pegipegi punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Simak baik-baik, ya!

1. Berdoa supaya tetap tenang

praying

Daripada cemas memikirkan hal-hal yang tidak baik, lebih baik kamu berdoa menurut kepercayaan masing-masing. Berdoa bisa bikin pikiran kamu lebih tenang dan jauh dari rasa cemas. Memikirkan hal yang tidak baik hanya akan membuat kamu makin stres.

2. Ketahui fakta bahwa pesawat adalah transportasi teraman

pesawat

foto: Techno.id

Memang sih, transportasi apa pun pasti punya risiko kecelakaan. Tapi, pesawat punya standar keamanan yang tinggi. Sebelum take off, pesawat harus dicek dulu. Proses pengecekannya juga nggak simpel karena pesawat memang nggak bisa seenaknya terbang begitu aja.

Menurut data dari Aviation Safety Network yang sudah dilakukan selama 40 tahun, angka kecelakaan pesawat menurun tajam setiap dekade. Dan menurut National Highway Traffic Safety Administration di tahun 2008, kecelakaan di darat memakan korban lebih banyak ketimbang kecelakaan pesawat dengan rasio 1:1,2 juta.

3. Hindari minuman berkafein

kopi

foto: https://today.line.me

Minuman berkafein, seperti kopi atau teh dapat meningkatkan rasa takut. Pilihlah minuman lain, seperti air putih atau jus selama di pesawat. Jangan sampai kamu kurang minum lalu dehidrasi, ya, karena dehidrasi juga bisa memicu rasa takut.

4. Hindari duduk di dekat jendela

jendela-pesawat

foto: https://travel.idntimes.com

Duduk di dekat jendela saat naik pesawat memang menyenangkan, karena kamu bisa melihat pemandangan indah dari ketinggian. Tapi, kalau kamu takut akan ketinggian, sebaiknya memilih tempat duduk dekat jendela supaya kamu nggak sering-sering melihat ke bawah. Kamu bisa minta tukar tempat dengan orang di sebelahmu.

5. Perhatikan instruksi awak kabin

pramugari

Seringkali, penumpang nggak memerhatikan instruksi yang diberikan awak kabin sebelum pesawat take off. Padahal, semua yang diinstruksikan sangat bermanfaat untuk keselamatan kita. Dengarkan setiap instruksi yang diberikan. Hal kecil yang bisa kita lakukan sebelum take off adalah mematikan ponsel. Soalnya, sinyal ponsel bisa mengganggu komunikasi dan navigasi pesawat. Tentu aja berpengaruh terhadap keselamatan diri sendiri.

6. Jangan takut pada turbulensi

Turbulensi adalah keadaan pesawat saat dalam kondisi yang tidak stabil atau mengalami pergerakan yang acak pada setiap waktu, sehingga penumpang harus merasakan guncangan. Inilah kondisi yang mungkin membuat kamu panik ketika naik pesawat. Tapi, jangan khawatir, travelers! Prinsip turbulensi sama seperti saat kamu naik mobil dan harus melewati gundukan tajam atau jalan yang nggak mulus. Memang sih, agak mengagetkan, tapi nggak berbahaya, kok.

7. Mendengarkan musik atau nonton film favorit

layar-sentuh

foto: http://www.apakabarsidimpuan.com

Agar kamu nggak fokus pada rasa takut, kamu bisa mendengarkan musik atau nonton film favorit yang sudah disediakan di layar sentuh pesawat. Selain bisa bikin rileks, hal itu juga bisa membuang waktu di pesawat. Tanpa terasa, kamu sudah sampai di tempat tujuan.

8. Fokus pada tempat tujuan

Kamu bisa buka catatan itinerary dan bayangkan betapa asyiknya jalan-jalan di tempat wisata yang selama ini menjadi destinasi impianmu. Dengan begitu, rasa takutmu akan hilang perlahan-lahan dan mood kamu kembali membaik.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Gimana travelers? Ternyata mudah banget mengatasi rasa takut saat naik pesawat, kan? Supaya bujet liburanmu lebih murah, tentu aja kamu wajib pesan tiket pesawat murah di pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah

 

 

(Visited 1,281 times, 1 visits today)

Comments

To Top