Destinasi

8 Tempat Wisata Indonesia yang Jadi Favorit Travelers Dunia

tempat wisata indonesia yang mendunia

Tahun baru, semangat baru! Mumpung masih awal tahun, sepertinya merencanakan traveling bakalan seru nih. Mengingat Indonesia kaya akan sejarah dan keindahan alam, nggak ada salahnya kali ini kita fokus menjelajah tempat wisata  dalam negeri alias domestik, yang terkenal dan tentunya sudah mendunia. 

Yups.. selain Candi Borobudur, Gunung Bromo, Danau Toba, Tana Toraja, Raja Ampat, dan Labuan Bajo, Indonesia masih memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, bahkan menjadi favorit para traveler dari berbagai penjuru dunia. Di mana saja? Simak di bawah ini, yuk!

Tanjung Puting, Kotawaringin

Tempat Wisata Favorit Travelers Dunia

Taman Nasional Tanjung Puting adalah pusat konservasi orang utan terbesar yang ada di dunia. Namanya pusat konservasi, Tanjung Puting hadir dengan berbagai spot yang merupakan habitat dari orang utan, salah satunya Camp Leakey. Populasi orang utan yang diawasi di sini sekitar puluhan ribu ekor dan tersebar di berbagai lokasi. Dengan luas area sekitar 415.040 hektare, kamu dapat menyusuri sungai-sungai di dekat pinggiran hutan sambil menyaksikan orang utan bergelantungan. 

Wae Rebo, Flores

Tempat Wisata Favorit Travelers Dunia

Desa Wae Rebo berada di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Lokasinya lumayan terpencil karena berada di balik hutan. Jika berwisata di sana, kamu bisa melihat sisi otentik perumahan Manggarai dan kehidupan sehari-hari masyarakatnya, termasuk Mbaru Niang, rumah adat tradisional yang berbentuk kerucut dengan arsitektur unik. Selain unik, di sekitarnya juga memiliki pemandangan alam perbukitan dan hutan hijau asri berselimut kabut yang memesona. Tempat ini cocok banget buat kamu yang suka bertualang dan mencari hal-hal baru.

Ngarai Sianok, Bukittinggi

Tempat Wisata Favorit Travelers Dunia

Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke Bukittinggi adalah Ngarai Sianok. Lembah curam ini berlokasi di perbatasan kota yang memiliki kedalaman 100 meter dan panjang kurang lebih 15 meter dengan lebar 200 meter. Ngarai Sianok menyuguhkan panorama alam yang sayang jika kamu lewatkan. Bukit-bukit bertebing curam di sekelilingnya, ditambah sungai berkelok yang mengalir di dasarnya terlihat memesona. Di sana, kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Singgalang, loh. 

Lembah Baliem, Papua

Tempat Wisata Favorit Travelers Dunia

Lembah Baliem yang terletak di dataran tinggi Papua Barat menyuguhkan sekilas gambaran tentang dunia zaman batu di era modern ini. Lembah ini tidak diketahui oleh dunia luar hingga tahun 1938, atau ketika penerbangan pengintaian udara ke arah selatan dari Jayapura menemukan populasi pertanian yang besar. Selain pemandangan pegunungan, sungai, dan kota-kota kesukuan, serta kehangatan masyarakat Dani, kawasan ini memiliki festival budaya yang dinamakan Festival Lembah Baliem. Menariknya, festival ini termasuk sebagai salah satu festival terbaik di Indonesia.

Pura Tanah Lot, Bali

Tempat Wisata Favorit Travelers Dunia

Pura suci di tepi pantai ini merupakan salah satu pura paling populer di Bali, yang dibangun di atas formasi batuan di laut. Formasi aslinya mulai merosot pada satu titik, sehingga sebagian dari batuan tersebut sekarang merupakan buatan. Kompleks candi ini berada di pesisir selatan Desa Beraban, sehingga kamu bisa berjalan ke candi saat air surut. Ngopi sore sambil menikmati panorama sunset di kafe dekat pantai Tanah Lot Bali adalah aktivitas yang paling dinanti para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Lalu, begitu matahari terbenam, telusuri juga kios-kios di pasar Tanah Lot untuk membeli oleh-oleh khas Bali.

Kepulauan Banda, Maluku

Tempat Wisata Favorit Travelers Dunia

Kepulauan Banda atau yang dikenal dengan Banda Neira merupakan tempat wisata populer yang terletak di Indonesia bagian Timur. Salah satu spot yang mampu membius mata para wisatawan, yaitu Pulau Hatta. Pulau ini punya panorama yang memikat. Hamparan pantai pasir putih yang cantik dibalut dengan birunya air laut, menjadi bias tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Makin terasa unik karena area pantainya hanya berjarak beberapa meter dari batas air. Keindahan biota bawah airnya pun terbilang luar biasa. Kamu pun bisa berenang ditemani kumpulan ikan hias hingga terumbu karang khas tropis, yang masih asri dan terawat.

Gunung Rinjani, Lombok

Tempat Wisata Favorit Travelers Dunia

Gunung Rinjani adalah salah satu daya tarik utama bagi yang ingin berwisata ke Lombok. Belum lagi, keberadaan Danau Segara Anak yang menjadi magnet bagi para pendaki untuk memasukkan Rinjani sebagai gunung yang wajib dikunjungi. Selain itu, di Taman Nasional Rinjani, kamu bisa melihat binatang seperti monyet daun Ebony hitam langka, kera ekor panjang, kakatua jambul belerang, dan spesies eksotis lainnya. Taman ini memang memiliki trek yang berat. Jadi, kalau kamu berencana untuk mendaki gunung, kamu harus dalam kondisi yang baik dan bersiap dengan peralatan yang sesuai.

Taman Nasional Wakatobi, Wakatobi

Tempat Wisata Favorit Travelers Dunia

Terletak di Sulawesi Tenggara, Taman Nasional Wakatobi dijuluki juga sebagai “Bali Baru” karena keindahannya nggak kalah dari Bali. Wakatobi memiliki terumbu karang yang luar biasa indah dan ikan-ikan cantik yang membuat traveler seluruh dunia tergila-gila dengan tempat wisata ini. Sekadar informasi, Wakatobi memiliki 750 dari 850 spesies koral, jenis karang yang beragam, serta makhluk laut yang sudah sulit ditemukan di daerah lain. Jadi makin pengin ke sana, kan?

Nah, semoga ulasan di atas bisa menjadi inspirasi tambahan buat tempat liburan kamu selanjutnya, ya. Sebelum berangkat liburan, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, dan hotel promo hanya di Pegipegi!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: