Destinasi

8 Tempat Wisata di Kebumen yang Wajib Masuk Bucket List

tempat wisata di kebumen

Selain Yogyakarta, Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satunya, deretan tempat wisata yang ada di Kebumen. Kabupaten yang terletak di sisi selatan Pulau Jawa ini memiliki destinasi wisata yang didominasi oleh pantai. Namun, ada juga gua dan bukit yang seru untuk kamu jelajahi. 

Apa saja daftarnya? Berikut delapan tempat wisata alam di Kebumen yang wajib masuk ke dalam bucket list kamu!

Bukit Hud

tempat wisata di kebumen

Bukit Hud atau juga dikenal sebagai Wisata Alam Bukit Hud, merupakan sebuah bukit di Kebumen bagian selatan yang memiliki ketinggian 150 mdpl. Bukit Hud nggak hanya menawarkan pemandangan perbukitan hijau yang memikat. Tapi, dari atas bukit ini kamu bisa menikmati keindahan Samudra Hindia dibalut gulungan ombak, air laut yang jernih, dan garis laut yang berwarna biru.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati indahnya matahari terbit dan tenggelam dari atas Bukit Hud. Kamu bisa leluasa memandangi berbagai fenomena alam di langit yang luas tanpa penghalang. Untuk mencapai lokasi Bukit Hud, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Alamat: Karangtengah, Karangbolong, Buayan, Kebumen
Harga tiket masuk: Rp5.000* per orang

Bukit Langit Giripurno

Bagai negeri di atas awan, itulah yang kamu rasakan ketika berada di Bukit Langit Giripurno. Di sini, kamu bisa menyaksikan hamparan perbukitan hijau di sekitarnya. Kamu juga bisa menyaksikan keindahan Kota Kebumen dari kejauhan atau ber-swafoto di tempat-tempat yang telah disediakan.

Tempat wisata di Kebumen ini juga memberikan fasilitas camping bagi para pencinta alam yang ingin bermalam atau menikmati indahnya kabut di pagi dan sore hari. Namun, tentu saja ada persyaratan yang harus kamu penuhi demi menjaga keselamatan bersama, ya.

Alamat: Dusun Kembang Abang, Karanganyar, Kebumen
Harga tiket masuk: Rp3.000* per orang (pada hari libur tertentu, harga tiket bisa lebih mahal)

Bukit Jerit

tempat wisata di kebumen
Sumber: IG @explore_kebumen

Penggemar fotografi wajib berkunjung ke sini. Pasalnya, destinasi wisata baru di Kebumen ini memiliki pesona alam yang fotogenik dan mirip dengan Nusa Penida. Terlebih di sore hari. Bias matahari yang terbenam akan menambah eksotisme tebing plus hamparan laut yang ditangkap oleh layar kamera. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan matahari terbit di pagi hari.

Alamat: Ketanggung Pasir, Ayah, Kebumen, Jawa Tengah.

Gua Petruk

Gua Petruk merupakan situs geologi yang terbentuk secara alami. Bebatuan yang ada di dalam gua ini sangatlah unik, karena kalau dipandang sekilas tampak seperti mayat. Selain itu, ada air terjun yang airnya mirip busa sabun. Tempat wisata di Kebumen ini dinamakan Gua Petruk karena ada salah satu batu di dalam gua ini yang berbentuk menyerupai hidung Petruk. Yaitu, seorang tokoh pewayangan Punakawan yang memiliki hidung panjang atau mancung.

Selain menikmati keindahan bebatuan di bibir gua, kamu juga bisa melakukan kegiatan susur gua. Dalam melakukan susur gua ini, kamu akan didampingi oleh seorang pemandu wisata. Sebagai persiapan, jangan lupa membawa sepatu boot, baju tahan air, headlamp, dan juga helm.

Alamat: Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen

Pantai Watu Bale

Wisata pantai Kebumen yang satu ini menyajikan spot foto yang Instagenik. Salah satunya Bukit Titanic, atau bangunan dek observasi yang terbuat dari kayu dan berbentuk kapal. Dari Bukit Titanic, kamu bisa melihat keindahan pemandangan pantai. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan laut dari ketinggian di rumah pohon dan gardu pandang. Tempat ini juga cocok jadi latar foto yang Instagramable, loh.

Alamat: Desa Pasir, Kec. Ayah, Kebumen
Harga tiket masuk: Rp10.000* per orang

Pantai Menganti

tempat wisata di kebumen
Sumber: IG @explore_kebumen

Pantai Menganti merupakan pantai terindah di Jawa Tengah hingga dijuluki sebagai New Zealand-nya Indonesia. Kalau diperhatikan, pemandangan pantai yang eksotis memang mirip dengan pantai di Selandia Baru. Hamparan pasir putihnya terbingkai cantik oleh batu karang dan berpadu dengan air laut yang biru. Ditambah, latar belakang bukit hijau yang seolah-olah menjadi benteng. Pesona pantai ini memang nggak boleh kamu lewatkan!

Alamat: Karangduwur, Kec. Ayah, Kebumen

Pantai Gebyuran

Ingin menikmati pemandangan garis pantai selatan dari sisi lain? Pantai Gebyuran ini tempatnya. Di tempat wisata Kebumen yang satu ini, kamu juga bisa ber-swafoto dengan latar belakang tebing pesisir selatan yang berjajar dari Pantai Surumanis, Pecaron, sampai Tanjung Karangbata. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keasrian goa karst yang jadi bagian dari Pantai Gebyuran.

Alamat: Desa Pasir, Kec. Ayah, Kebumen
Harga tiket masuk: Rp5.000* per orang

Pantai Surumanis

tempat wisata di kebumen

Berbeda dari pesona pantai kebanyakan yang berpasir putih, pesona Pantai Surumanis justru tampak pada pasirnya yang hitam kecokelatan dan dikelilingi batu karang. Pemandangan eksotik ini bisa jadi spot foto yang Instagramable. Saat naik ke atas bukit, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan laut sekitarnya yang indah.

Lokasi pantai ini cukup terpencil, karenanya belum banyak terjamah oleh manusia. Kalau berencana berkunjung ke wisata pantai Kebumen ini, pastikan kendaraan dalam keadaan prima untuk menghadapi medan yang naik turun.

Alamat: Desa Pasir, Kec. Ayah, Kebumen
Harga tiket masuk: Rp5.000* per orang

Nah, itu dia delapan tempat wisata di Kebumen yang wajib masuk bucket list kamu. Sebelum berkunjung ke Kebumen, jangan lupa pesan tiket kereta api, tiket bus & travel, dan hotel promo hanya di Pegipegi biar lebih hemat! 

PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: