Destinasi

8 Tempat Wisata di Garut buat Bucket List Liburan Kamu!

tempat wisata garut

Nggak cuma Bandung, Garut juga punya destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Berlokasi di daerah Jawa Barat, kawasan ini dikenal dengan nama Swiss Van Java, karena pemandangan alamnya yang menakjubkan, loh. 

Berikut rekomendasi tempat wisata alam di Garut yang wajib kamu masukan ke dalam bucket list buat liburan selanjutnya!

Talaga Bodas

tempat wisata garut

Sesuai namanya, tempat wisata ini berlokasi di Gunung Talaga Bodas. Saat berkunjung ke sini, kamu akan disambut oleh panorama danau belerang yang berwarna putih kehijauan. Bagi yang ingin melepas lelah, bisa berendam di kolam air panas alami. Di sini, tersedia dua kolam, untuk digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak.  

Selain menikmati aktivitas di kawah Talaga Bodas, kamu juga bisa menelusuri area sekitar, yang berlatar belakang hutan pinus nan indah. Sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang foto Instagramable. Untuk sampai kawasan Talaga Bodas, kamu bisa menempuh perjalanan dari pusat Kota Garut ke Kecamatan Wanaraja.  

Leuwi Korsi

tempat wisata garut
Sumber: IG @explore.jawa.barat

Bagi kamu yang senang menjajal wisata air, wajib untuk datang ke Leuwi Korsi. Tempat wisata di Garut ini nggak hanya memiliki air yang jernih, tapi di sekeliling sungai terdapat tebing batu alami yang tersusun rapi. Aliran air di sini nggak deras sehingga membuat pengunjung bisa menghabiskan waktu untuk berendam dan bersantai. 

Akses jalan ke objek wisata ini memang cukup melelahkan. Untuk sampai di spot wisata, kamu perlu melalui medan yang berbatu, dilanjutkan dengan tracking melewati hutan pinus. Untuk sampai ke Leuwi Korsi, kamu harus menempuh jarak kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Garut. 

Pantai Puncak Guha

tempat wisata garut

Berbeda dengan destinasi wisata pantai lainnya, Pantai Puncak Guha berbentuk tebing yang berbatasan langsung dengan lautan lepas. Namun dari sini, para pelancong bisa menikmati pemandangan laut lepas sambil mendengar debur ombak yang membentur batu karang. Bagi yang ingin berburu sunset, kamu sangat disarankan untuk datang ke sini. Lokasi pantai ini harus ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 3 sampai 4 jam dari pusat Kota Garut. 

Bukit Pilar Angin

tempat wisata garut
Sumber: IG @getlost.idn

Tempat wisata Garut berikutnya yang wajib masuk bucket list adalah Bukit Pilar Angin. Bukit ini memiliki padang rumput luas seperti savana di Sumbawa. Nggak heran, orang menjulukinya Sumbawa Van Garut. Dengan pemandangan yang eksotis ini, Bukit Pilar Angin sangat cocok  dijadikan lokasi pemotretan. 

Bila datang ke sini, pengunjung dapat melihat domba-domba putih yang tengah digembalakan dan memakan rumput. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat Kota Garut, yakni 3 hingga 4 jam perjalanan dengan kendaraan. Namun semua rasa lelah akan tergantikan ketika kamu melihat indahnya pemandangan di sini. 

Hutan Mati Gunung Papandayan

tempat wisata garut

Seperti namanya, di Hutan Mati Gunung Papandayan kamu nggak akan melihat pepohonan hijau layaknya hutan pada umumnya. Sepanjang mata memandang, pengunjung akan melihat ratusan pohon Cantigi berwarna hitam yang tumbuh di atas material lumpur dari Kawah Gunung. Namun itulah yang menjadikan objek wisata ini semakin unik dan cocok untuk kamu yang ingin berburu foto. Untuk sampai ke sini, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 3,5 jam dari pusat Kota Garut.

Lembah Karacak

tempat wisata garut
Sumber: IG @karacak_valley

Lembah Karacak merupakan salah satu lokasi wisata yang populer dengan nama Karacak Valley. Sejauh mata memandang, kamu akan melihat hamparan hutan pinus dan kebun kopi yang memanjakan mata. Di kawasan Lembah Karacak ini juga terdapat Air Terjun Ngebul yang bisa kamu kunjungi. 

Spot lain yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Puncak Dogar. Dari puncak ini, kamu bisa melihat lanskap Garut tanpa terhalang bangunan serta Gunung Cikuray yang menjulang tinggi. Di lembah ini juga tersedia area perkemahan sehingga sangat cocok bagi yang ingin melakukan camping dan outbond

Pantai Ranca Buaya

tempat wisata garut

Lokasi Pantai Ranca Buaya dari pusat Kota Garut cukup jauh dan harus ditempuh dengan 4 jam perjalanan mobil. Namun, di sini terdapat banyak hotel dan villa yang bisa kamu sewa untuk menginap. Karakteristik pantai ini adalah pantai berkarang dengan ombak besar. Namun yang menjadi daya tarik adalah kehadiran air terjun yang airnya langsung mengalir ke pantai.  Karena lokasinya yang jauh, pantai ini nggak terlalu ramai sehingga cocok dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga dan kerabat. 

Leuwi Jurig

tempat wisata garut
Sumber: IG @exploredolan.id

Kalau mendengar nama Leuwi Jurig, kebanyakan orang pasti merinding karena dalam bahasa Indonesia artinya Kolam Setan. Meski namanya terdengar menyeramkan, kawasan ini memiliki panorama yang indah. Kalau dilihat sekilas, tempat wisata ini mirip dengan Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat, karena memiliki tebing batu dan air yang berwarna biru kehijauan. 

Selain bisa bermain air sepuasnya, kamu juga bisa mendapatkan latar foto yang Instagramable. Leuwi Jurig berada di Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Garut. Untuk sampai ke sini, kamu harus menempuh perjalanan 2 hingga 3 jam dari Kota Garut. 

Tempatnya seru-seru kan, SobiPegi? Yuk, segera rencanakan perjalananmu ke Garut dengan matang agar saat berwisata nanti terasa lebih menyenangkan. Sebelum berangkat, jangan lupa pesan tiket kereta api, tiket bus & travel, dan hotel promo hanya di Pegipegi!

PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: