Destinasi

8 Tempat Wisata Cantik Ini Bikin Kamu Makin Cinta Indonesia

pegipegi shutterstock

Bukan hanya Pulau Kakaban, Pulau Kenawa, Pantai Ngetun, dan Pantai Koka, Indonesia masih menyimpan banyak sekali tempat wisata cantik nan tersembunyi alias hidden gems. Selain bisa menjadi inspirasi kamu yang sedang merencanakan petualangan baru, keberadaan tempat-tempat wisata cantik ini tentu akan menambah rasa bangga kamu sebagai bangsa Indonesia. Di mana saja? Berikut 8 tempat wisata hidden gems di Indonesia yang siap kamu eksplorasi. Simak, yuk!

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kamu butuh waktu sekitar 3 jam berkendara dari pusat Kota Banyuwangi, untuk sampai ke pantai yang terkenal karena keberadaan sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah. Pada saat air laut surut, kamu dapat berjalan kaki melewati hamparan pasir putih menuju bukit tersebut. Ombak di sekitar pantai tergolong tinggi, hampir 3 meter, membuatnya ideal untuk berselancar. Tak jauh dari pantai juga berdiri sebuah Pura Tawang Alun yang menjadi tempat ibadah umat Hindu.

pegipegi shutterstock

Pantai Rambak 

Berjarak sekitar 10 km dari Kota Sungai Liat atau 30 km dari Kota Pangkal Pinang, Pantai Rambak menyuguhkan pemandangan yang masih alami dan terjaga keasriannya. Di pantai ini, kamu bisa menemukan hamparan pasir putih nan luas lengkap dengan gugusan bebatuan yang berdiri kokoh. Karena berada di garis pantai timur Sumatra, nggak ketinggalan Pantai Rambak juga menawarkan panorama matahari terbit yang memesona. Selain pemandangan, hal lain yang nggak boleh kamu lewatkan selama berada di pantai ini adalah mencicipi hidangan khas Bangka Belitung, seperti otak-otak, kue talam, kue bugis, krupuk rambak, dan banyak lagi lainnya.

pegipegi shutterstock 

Pulau Gili Iyang 

Pulau Gili yang satu ini bukan terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, melainkan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau ini dikenal sebagai tempat wisata kesehatan, karena memiliki kadar oksigen tertinggi nomor dua di dunia setelah Yordania, sebesar 21,5 persen. Nggak cuma itu, tingkat polusi alias kandungan karbon dioksida di sini juga cukup rendah, sebesar 26,5 persen dan tingkat kebisingannya hanya 36,5 desibel. Penduduknya sendiri banyak yang berusia di atas 80 tahun, loh. Jadi, nggak salah jika pulau ini dijuluki Pulau Awet Muda. Selain keindahan pantai, kamu juga bisa mengunjungi beberapa Gua yang terletak di tepi pantai selama berlibur di Pulau Gili Iyang.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by TRETAN MADURA, INDONESIA (@exploremadura) on

Sumber: @exploremadura

Pulau Serangan

Akses mudah dari Kota Denpasar, menjadi salah satu daya tarik utama kamu untuk berkunjung ke pulau ini. Nama Serangan berasal dari kata sira dan angen, yang berarti sayang dan kangen. Sebuah Masjid bernama As-Syuhada yang berdiri sejak abad ke-17 M, terletak nggak jauh dari kampung Nelayan Bugis yang berada di dalam pulau. Meski dihuni oleh mayoritas umat Muslim, terdapat sebuah Pura bernama Sakenan, pura yang dibangun oleh Mpu Kuturan dan bernilai sejarah tinggi ini menjadi tempat suci umat Hindu. Selain wisata bahari yang indah, selama di Pulau Serangan kamu juga bisa berenang dengan lumba-lumba, melihat pusat penangkaran penyu, dan menunggang kuda. 

pegipegi shutterstock

Pantai Gigi Hiu 

Pantai Gigi Hiu atau Pantai Pegadungan berlokasi di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Pantai ini menawarkan panorama berbeda dari pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia. Bukan pemandangan hamparan pasir putih dan ombak landai berpadu birunya laut, melainkan banyaknya gugusan batu karang yang menjulang tinggi dengan ukuran bervariasi (antara 1—10 meter) dan tertata alami menyerupai gigi ikan hiu. Keindahan pantai akan terlihat semakin eksotis saat menjelang sunrise atau sunset. Di waktu ini, deretan batu-batu karang yang tajam akan menyatu sempurna dengan warna jingga dari sinar matahari.

pegipegi shutterstock

Pulau Mahoro 

Lebih indah dari Taman Laut Bunaken, Pulau Mahoro yang berlokasi di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara ini memiliki pesona yang luar biasa. Meski merupakan satu dari beberapa pulau kecil tak berpenghuni, Pulau Mahoro  menawarkan keindahan alam bawah laut yang tiada tara lengkap dengan pasir putih di sepanjang bibir pantainya. Bahkan, pulau ini menjadi habitat hewan laut yang unik dan langka, loh. Selain itu, di sini kamu juga bisa menikmati cantiknya sunset dan sunrise secara jelas karena pemandangan di sekitarnya yang minim halangan. 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Anugerah Pesona Indonesia (@apiaward) on

Sumber: @apiaward

Pulau Bawah

Terletak di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Bawah menawarkan keindahan alam yang disebut-sebut sebagai surga tersembunyi. Adanya resor mewah yang ramah lingkungan bertaraf internasional menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi para pencinta wisata bahari. Selama di sini, kamu bisa melakukan banyak hal. Mulai dari snorkeling, berenang, trekking, hingga menjelajahi pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Namun, demi menjaga kelestarian ekosistemnya, Pulau Bawah membatasi hanya untuk 70 orang pada tiap kali kunjungan.

pegipegi shutterstock

Pantai Kuta Lombok 

Kuta memang identik dengan Bali. Namun nyatanya, di Lombok, Nusa Tenggara Barat juga memiliki pantai bernama Kuta yang nggak kalah cantik dan memesona. Di Pantai Kuta Lombok, kamu bisa melihat terumbu karang yang ada di dasar laut langsung dari permukaan berkat air lautnya yang masih jernih. Buat yang ingin berselancar, kamu disarankan untuk melakukannya mulai pukul 1 hingga 3 sore karena pada waktu tersebut ombaknya sangat bersahabat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan wind surfing atau sekadar bermain banana boat bersama keluarga atau teman-teman. Seru banget, kan! 

pegipegi shutterstock

Nah, semoga ulasan di atas bisa menginspirasi kamu saat merencanakan petualangan baru, ya. Sebelum berangkat, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, dan hotel promo di Pegipegi biar #PegipeginyaLebihAman!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top