Destinasi

8 Tempat Wisata Belanja ‘Budget-Friendly’ di Bandung

surga belanja harga murah di bandung

Siapa sih yang nggak suka sama yang namanya belanja? Apalagi kalau yang dicari barang-barang bagus, terus harganya murah. Selain Jakarta, Bandung menjadi salah satu kota belanja terbesar di Indonesia, di mana kamu bisa berbelanja barang-barang bagus, tentunya dengan harga yang sangat bersahabat. 

Selain Jalan Cihampelas dan factory outlet (FO) atau distro di Jalan Dago dan Jalan Riau, Bandung masih memiliki banyak surga belanja lainnya. Tentunya, tempat-tempat ini sudah menjadi favorit masyarakat setempat, loh. Penasaran? Cek lokasinya di bawah ini, yuk!ย 

Pasar Baru Bandung & Gang Tamim

Alamat: Jalan Otto Iskandar Dinata, Kb. Jeruk, Andir, Kabupaten Bandung Barat

Pasar Baru Trade Center pernah mendapat predikat sebagai pasar terbersih di Pulau Jawa, loh. Pasar ini menempati bangunan berlantai 9 yang juga dilengkapi dengan ruang parkir tersendiri dan merupakan pusat grosir segala macam barang, mulai dari berbagai jenis pakaian seperti busana muslim, seragam sekolah, sprei, bed cover hingga berbagai jenis perabotan rumah tangga. Yang belanja di sini bukan hanya warga lokal. Ada juga warga negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang berbelanja secara grosir di pasar ini.

Persis di samping Pasar Baru, ada sentra kain Gang Tamim. Sentra ini pas untuk kamu pencinta celana berbahan jeans, karena tersedia berbagai jenis celana dan juga menjual bahannya. Selain itu, juga ada kain batik, wol, flanel, katun serta bahan spandex yang biasa digunakan para hijaber. Nggak ketinggalan, deretan penjahit yang siap membuat kain kamu menjadi celana atau pakaian dengan model yang diinginkan. 

Pasar Gedebage

Alamat: Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Rancasari, Bandung

Pasar Cimol Gedebage, itu nama lengkapnya. Cimol ini bukan jenis makanan dari aci alias sagu, namun singkatan dari Cibadak Mall, lokasi awal pusat thrifting alias belanja baju bekas di Bandung. Berbagai merek fashion terkenal tersedia dengan harga yang sangat terjangkau.

Tips untuk kamu yang berencana belanja baju bekas, sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman karena biasanya kondisi pasar cukup panas. Ketelitian memilih barang juga diperlukan agar tidak mendapat cacat pada pakaian. Jangan ragu menawar harga, minimal separuh dari yang ditawarkan. Disarankan datang sore hari, karena biasanya sebelum menutup lapak, penjual mengobral dagangannya. Terakhir, kalau bisa datanglah di hari kamis, karena pada hari itu penjual baru membuka karung sehingga kamu lebih banyak pilihan.

Pasar Cibaduyut

Alamat: Jalan Cibaduyut Raya No.7 Kb. Lega, Bojongloa Kidul, Bandung

Cibaduyut selalu dikaitkan dengan sentra kerajinan sepatu di Bandung. Di pasar yang sudah berdiri sejak tahun 1920-an ini, kamu bisa menemukan tas, dompet, jaket, dan aksesoris yang berbahan dasar kulit, baik itu kulit sapi, domba, ular, bahkan buaya. Karena membeli langsung dari produsen, berburu sepatu di lokasi terpanjang dan terbesar ini, kamu bisa mendapat produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Beberapa toko juga memungkinkan kamu memesan sepatu sesuai model yang diinginkan.

Gang Nata

Alamat: Desa Kopo Sayati, Kecamatan Margahayu, Bandung

Keluar dari pintu Tol Kopo, menuju Soreang dan nggak jauh dari SMPN 2 Margahayu, kamu akan menemukan sebuah jalan kecil atau hanya selebar satu buah mobil, bernama Gang Nata. Walau  kecil, namun gang ini memiliki aneka pilihan busana import berkualitas dengan harga yang terjangkau. Deretan toko yang berjajar rapi sepanjang jalan, ditata nggak kalah menarik dengan factory outlet yang berada di pusat Kota Bandung. Meski tiap produk sudah ada label harganya, jangan ragu untuk menawar demi mendapat harga terbaik.

Sentra Rajut Binong

Alamat: Jalan Binong Jati No. 17, Bandung

Terkenal sejak tahun 1960-an, kawasan ini populer hingga ke negeri tetangga. Produknya sudah di ekspor ke Singapura, Brunei Darussalam, dan Malaysia. Berbeda dengan tenun yang menyilangkan dua jajaran benang yang saling tegak lurus, rajutan hanya menggunakan sehelai benang. Ciri khasnya adalah elastis, fleksibel, dan nggak mudah kusut. Rajutan juga cocok dipakai saat cuaca dingin. Selain sweater, diproduksi pula jaket, cardigan, syal, baju hangat, kerudung, atau bandana  dengan aneka motif yang menarik. 

MD Plaza

Alamat: Jalan Otto Iskandar Dinata, Balonggede, Kec. Regol, Bandung

Nggak jauh dari Alun-alun Bandung, di Dalem Kaum, kamu akan menemukan tempat berkumpulnya distro dan clothing ternama dalam satu atap, MD Plaza. Lelah setelah berburu busana trendi, nggak perlu bingung, tersedia juga food court dengan aneka sajian makanan khas dan tempat bermain untuk anak-anak.

Pasar Andir

Alamat: Jalan Waringin No. 1, Ciroyom, Andir, Bandung

Pasar yang dikelola oleh PD Pasar Bermartabat ini dipenuhi oleh kios yang berdagang baju, sepatu, dan aksesoris. Berada di ujung barat Kota Bandung, pasar ini seolah menjadi surga bagi mereka yang berburu busana trend terkini dengan harga bersahabat. Mau beli satuan atau grosir bisa. Jangan ragu untuk menawar, demi mendapat harga terbaik.  

Wah, liburan ke Bandung selanjutnya bakalan banyak diisi sama wisata belanja, nih. Nggak masalah ya, SobiPegi, selama seru dan menyenangkan! Temukan juga hidden gems anti-mainstream dan hotel dengan rooftop keren buat staycation di Bandung. Terus sebelum berangkat, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, dan hotel promo hanya di Pegipegi!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Foto utama: Andrea Piacquadio dari Pexels

Comments

To Top
%d bloggers like this: