Destinasi

8 Ritual Menyambut Lebaran di Indonesia

Sebelumnya, pegipegi ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin untuk seluruh travelers yang merayakan. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Muslim, momen Lebaran pasti dirayakan dengan meriah di Indonesia. Para umat Muslim bergembira merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Menyambut Lebaran, pastinya ada banyak ritual yang dilakukan oleh orang Indonesia. Apa aja, nih?

1. Menunggu tunjangan hari raya (THR)

Bagi kamu yang sudah bekerja, kamu pasti sangat menunggu datangnya THR dari kantor tempat kamu bekerja. Besarnya THR lumayan banget, lho, yaitu sebesar gaji satu bulan. Uang THR biasanya langsung dipakai untuk membeli berbagai macam barang, mulai dari makanan, tas, baju, dan sepatu untuk lebaran. Tapi ingat, jangan sampai lupa menabung, ya.

thr

cnnindonesia.com

2. Pulang kampung atau mudik

Mudik biasanya rutin dilakukan satu minggu sebelum hari raya tiba. Perjalanan panjang dan melelahkan yang harus ditempuh nggak menyurutkan niat orang-orang untuk pulang ke kampung halaman. Tujuan dari mudik adalah bersilaturahmi dengan orangtua dan kerabat karena sudah lama tidak bertemu. Selain itu, tujuan orang-orang mudik adalah untuk merayakan momen Lebaran bersama keluarga besar di kampung.

abiummi.com

abiummi.com

3. Takbiran keliling kota

Malam takbiran adalah malam yang sangat ditunggu-tunggu, khususnya bagi kamu yang masih muda. Ini adalah kesempatan untuk bertemu teman-teman untuk arak-arakan keliling kota sambil membawa bedug dan melafalkan takbir bersama-sama. Ada juga yang hanya membawa obor. Biasanya, takbiran dilakukan dengan berjalan kaki atau dengan menaiki mobil bak terbuka dan truk. Nggak hanya itu, masjid-masjid komplek dan di kampung-kampung pasti juga ramai mengumandangkan takbir yang semakin memeriahkan suasana malam terakhir Ramadhan.

ramadhan.antaranews.com

ramadhan.antaranews.com

4. Membuat ketupat dan opor ayam

Ketupat dan opor ayam dari dulu memang identik dengan momen Lebaran. Mendekati Lebaran, ibu-ibu pasti sudah sibuk membuat ketupat dan membuat opor ayam sehari sebelum lebaran tiba agar bisa dimakan bersama keluarga dan tamu yang datang di hari raya. Biasanya, opor dan ketupat disajikan dengan makanan-makanan lainnya, seperti telur, gulai, rendang, atau sate. Nggak hanya itu, mal-mal di ibu kota pun dipenuhi hiasan berbentuk ketupat untuk memeriahkan suasana lebaran.

www.kompasiana.com

www.kompasiana.com

5. Handphone penuh notifikasi media sosial atau chat maaf-maafan

Maaf-maafan saat Lebaran memang sudah menjadi tradisi di Indonesia. Setelah Shalat Ied, pasti kamu maaf-maafan dengan keluarga dan tetangga di sekitar rumahmu. Tapi nggak hanya itu, teman-teman dan saudara yang tinggal jauh di luar kota pasti mengirimkan pesan singkat berisi kata-kata permohonan maaf. Notifikasi di handphone-mu pasti penuh! Baik dari media sosial maupun aplikasi untuk chatting. 

lebaran

www.technewstoday.com

6. Memakai baju dan sepatu baru

Menjelang Lebaran, pusat perbelanjaan pasti ramai akan pengunjung. Soalnya, banyak orang yang ingin membeli baju baru untuk mereka pakai saat Lebaran, terutama gamis atau baju koko. Sepertinya tradisi ini bakal terus melekat setiap kali perayaan tiba. Tapi, memang nggak ada salahnya sih, tampil kece dengan baju dan sepatu baru saat Lebaran!

baju lebaran

www.technewstoday.com

7. Memberi angpao ke anak-anak kecil

Angpao biasanya diberikan kepada anak-anak kecil. Berbagi angpao biasanya dilakukan saat kamu atau anggota keluarga yang sudah bekerja saat berkunjung ke rumah kerabat atau ke rumah teman setelah Shalat Ied dilakukan. Terkadang, ada juga anak-anak kecil dari kampung di sebelah komplek tempat kamu tinggal yang keliling dan meminta angpao ke setiap rumah.

angpao lebaran

angpaolebaran.blogspot.com

8. Ramai ucapan Selamat Idul Fitri dari pejabat di TV maupun jalanan

Ucapan-ucapan Selamat Idul Fitri pasti akan jadi trending topic di mana-mana saat lebaran tiba. Selain iklan-iklan produk makanan, di televisi juga pasti banyak bermunculan ucapan-ucapan Selamat Idul Fitri dari presiden serta para pejabat politik lainnya. Di jalan-jalan pun pasti kamu akan menemui banner-banner yang berisi foto para pejabat negara serta tulisan ucapan selamat. Biasanya ucapan-ucapan ini tetap akan dipasang selama sebulan, walaupun Lebaran telah usai.

lebaran

www.antarasulut.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Seru sekali, kan, ritual menyambut Lebaran di Indonesia? Seusai Lebaran, kamu bisa kembali menabung agar bisa merencanakan traveling selanjutnya. Kamu bisa pesan tiket pesawat murah, tiket kereta api murah dan hotel murah di pegipegi.com supaya liburan kamu lebih murah bujetnya.

cari tiket pesawat murah cari tiket kereta api murah cari hotel murah

(Visited 283 times, 3 visits today)

Comments

To Top