Tips

8 Profesi yang Bisa Bawa Kamu Jalan-jalan Gratis

Siapa yang nggak kepengin jalan-jalan gratis? Selain bisa menikmati keindahan berbagai belahan dunia, kamu bisa punya pengalaman yang banyak. Apalagi kalau sekaligus bisa menjadi sumber penghasilan. Pastinya jadi ultimate goal banget nih! Nah, selain jadi tour guide, masih ada 8 pekerjaan yang bisa bawa kamu jalan-jalan gratis. Simak di bawah ini!

1. TRAVEL BLOGGER 

Di dunia digital dan serba media sosial ini, pekerjaan menjadi travel blogger turut diperhitungkan. Kalau kamu bisa menulis dan fotografi, hal tersebut bisa jadi nilai plus kamu untuk jadi travel blogger. Kamu bisa membagikan pengalaman kamu mengunjungi berbagai tempat yang menarik. Biasanya, travel blogger akan menerima berbagai endorsement ke suatu tempat untuk diulas di blog.

2. PILOT DAN PRAMUGARI

Menjadi pilot atau pramugari dinilai sebagai salah satu pekerjaan impian. Selain karena gajinya yang tidak mengecewakan, kedua pekerjaan ini bisa bawa kamu keliling dunia. Saat mendarat di sebuah kota atau negara, biasanya awak pesawat menginap satu atau dua hari untuk beristirahat sebelum melanjutkan pekerjaan. Kamu bisa memanfaatkan saat ini untuk jalan-jalan. Tapi tentu pekerjaan ini memiliki risiko yang harus diperhitungkan karena menyangkut keselamatan banyak nyawa dalam satu pesawat.

3. AWAK KAPAL PESIAR

Foto: Cruise Ship Jobs

Sama halnya dengan pramugari, kamu juga bisa kerja sambil keliling dunia dengan menjadi awak kapal pesiar. Bedanya ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih di dunia pelayaran. Mulai dari pelayan, staf dapur, hingga mekanik bisa jadi karier kamu. Nggak cuma belajar banyak bahasa asing dan kenal teman-teman baru dari berbagai negara, kamu juga punya kesempatan buat jalan-jalan saat kapal sedang bersandar di pelabuhan. Kamu bisa eksplor tiap daerah dan negara, deh!

4. JURNALIS

Kalau jadi jurnalis, kamu akan sering dikirim ke daerah atau luar negeri untuk liputan. Tugas jurnalis adalah mencari peristiwa atau fenomena untuk dipublikasikan ke masyarakat lewat media. Dibutuhkan keahlian seperti pandai berkomunikasi dan pikiran yang kritis untuk menjadi jurnalis. Kalau kamu pede berada di depan kamera, berpenampilan menarik bisa jadi nilai plus kamu sebagai jurnalis. Liputan dari satu tempat ke tempat lain bisa membawa kamu berkeliling Indonesia hingga dunia. Tertarik?

5. STAF PROMOTOR

Foto: Mountain City Rock

Hobi mendengarkan musik? Kamu bisa melamar kerja jadi staf promotor. Mendampingi penyanyi atau band saat melakukan konser di berbagai daerah di Indonesia maupun dunia bisa bawa kamu jalan-jalan. Ada banyak bidang yang bisa kamu kerjakan dengan menjadi staf promotor. Seperti staf lapangan, panggung, properti, artist management, dan masih banyak lagi. Keperluan untuk bepergian tentu sangat mungkin terjadi kalau kamu kerja jadi staf promotor.

6. GURU 

Kalau kamu punya passion mengajar, jadi guru juga bisa bawa kamu jalan-jalan, lho. Paling tidak ke satu daerah atau negara baru. Misalnya saja kamu tergabung sebagai tenaga pengajar yang dikirim ke daerah berkembang. Kamu akan mengeksplor daerah yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Atau kamu juga bisa jadi guru bahasa Indonesia di negara lain. Seperti di Australia yang memiliki beberapa sekolah dengan kurikulum bahasa Indonesia. Nah, kamu bisa bekerja mengajar bahasa Indonesia untuk orang asing.

7. PELATIH 

Foto: Pixabay

Di bidang olahraga, dibutuhkan pelatih yang berpengalaman dan kemampuan tinggi. Kamu yang punya kriteria tersebut bisa mencoba untuk menjadi pelatih. Dengan menjadi pelatih yang berprestasi, kamu bisa dikirim ke daerah atau luar negeri untuk menemani para atlet bertanding.

Turnamen bergengsi biasanya dilakukan di berbagai belahan dunia. Mulai dari Asia hingga Eropa. Dengan jadi pelatih, kamu bisa merasakan bagaimana kehidupan di daerah lain.

8. PEKERJA SOSIAL

Bekerja di lembaga sosial juga bisa bikin kamu bepergian. Dengan membawa misi sosial atau bantuan, kamu bisa mengunjungi berbagai daerah. Kegiatan sosial yang biasanya dilakukan adalah kegiatan amal, atau bantuan seperti tenaga dapur, perawat, hingga pengajar.

Walaupun mungkin tidak sepenuhnya perjalanan kamu akan menyenangkan, setidaknya kamu bisa punya pengalaman yang berbeda di setiap perjalanan. Kamu akan punya cerita setelah berkunjung ke daerah dan negara tujuan.

Udah nentuin mau pilih karier yang mana? Kalau masih bingung, liburan aja dulu biar pikiran kamu fresh. Jangan lupa buat pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top