Kuliner

8 Kuliner Penggoda Lidah Wajib Icip di Batam

Sebagai salah satu kota penting penghubung Indonesia dengan Singapura, Batam nggak pernah lepas dari perhatian turis lokal maupun luar. Walaupun lokasinya nggak terlalu besar untuk dijelajah, Batam memiliki segudang wisata yang menjanjikan, salah satunya kuliner.

Nah, karena letaknya di perbatasan Indonesia dengan Singapura, Batam memiliki wisata kuliner yang sangat bermacam. Mau cari yang pedas manis, pedas asin, pedas asam buat pecinta kuliner pedas, pasti mudah banget ditemukan di Batam.

So, biar nggak penasaran nih, Pegipegi bakal kasih 8 Kuliner Batam Penggoda Lidah wajib icip buat kamu travelers yang berencana bakal ke pulau ini dalam waktu dekat.

Sop Ikan Batam

batam_-_sop_ikan_yong_kee_-_ie

Foto dari indonesiakaya

Buat para pecinta yang segar-segar, Sop Ikan Batam bisa jadi relaksasi lidah kamu. Memang sih Sop Ikan Batam sudah bukan makanan yang aneh. Tapi kalau kamu merasakan kesegaran yang beda, harus datang ke Batam sih. Bahan utamanya adalah ikan tenggiri dengan kuah asam. Sepiring nasi putih hangat adalah kolaborasi yang pas bagi Sop Ikan Batam.

Mie Lendir

resep-mie-lendir-kuliner-khas-batam

Foto dari masakandapurku

Namanya sih agak ekstrim namun jika dilihat rupanya mirip banget mie jawa. Berbahan pokok mie, Mie Lendir memiliki kuah yang khas karena mengandng ubi jalar dan kacang tanah. Nah, yang bikin menarik adalah toping-nya. Mulai dari bawang goreng, cabai toge, udang, irisan ayam hingga lobak bisa kamu icipi bercampur dengan kuahnya yang hangat dan khas. Wajib banget menyantap seporsi Mie Lendir kalau lagi ke Batam!

Bingka Bakar

kue-bilis

Foto dari oleh-olehbatam

Asal usulnya kue ini datang dari Kerajaan Melayu yang pernah menduduki Pulau Batam. Nggak heran sih, pemburunya sangat bnyak. Hampir tiap turis yang singgah di Batam, pasti mencari Bingka Bakar. Apa spesialnya? Well, kue ini memiliki varian rasa yang lumayan beragam seperti coklat, stroberi, pandan, wijen, dan keju. Intinya, nggak Bingka Bakar nggak boleh terlewat deh.

Luti Gendang

luti-gendang

Foto dari lensafood

Pernah makan kroket? Nah, ini saudara kembarnya. Jika kroket menggunakan isi daging, Luti Gendang berisikan ikan yang dimasak dengan berbagai macam bumbu yang tentu saja gurih. Yang bikin beda dengan kroket adalah lampisan luarnya yang berbentuk roti. Panganan ini cocok banget diduetkan oleh kopi atau teh.

Gonggong

51681_70472_gonggong

Foto dari jawapos

Kalau biasanya kamu hanya icip kerang rebus, di Batam bisa dapat lebih. Jika kamu jalan-jalan ke pesisir, kamu dapat menemukan Gonggong, siput laut yang direbus dan ditumis dengan bumbu rempah-rempah khas Batam. Biasanya sih disajikan oleh restoran seafood buat membuka makanan besarnya. Satu porsi, kamu bisa menyantap sekitar 50 buah Gonggong. Cara makannya pun mirip dengan kerang rebus.

Mie Terempa

sajian-khas-mie-tarempa-seven-island-batam_20151225_184022

Foto dari batam.tribunnews

Batam memang kaya akan mie. Setelah Mie Lendir, kamu juuga bisa mencicipi Mie Tarempa kalau orang lokal menyebutnya Mie Gepeng, kok bisa? Iya, karena bentuk mienya memang gepeng! Nah, seperti Mie Lendir, Mie Terempa juga sangat spesial di bagian topping. Kamu bisa merasakan nikmatnya potongan ikan tongkol dan beberapa perintilan seafood seperti udang dan cumi di atas mie. Makin bikin ngiler deh!

Bak Kut Teh

6290966954_765f5935de_b

Foto dari vkeong

Pecinta Babi, harus datang ke Batam deh. Di sini, kamu bisa menikmati lezat dan gurihnya Bak Kut Teh. Penampakannya sih mirip Sop Kambing di mana daging babi yang halus dan empuk direbus dengan bumbu rempah-rempah khas Batam yang pedas dan gurih. Disajikan dengan nasi atau bisa dicocol dengan cakwe Bak Kut Teh bakal bikin lidah kamu bergoyang.

Mie Kacang Selat Panjang

dsc_4456

Foto dari lensawisata

Kalau mie yang satu ini, sebenarnya bukan asli Batam banget. Tapi, banyak orang justru mengenal Mie Kacang Selat Panjang dari Batam, bukan asalnya, Riau. Tersaji secara basah, Mie Kacang Selat berbahan utama mie dan toge yang disiram dengan kuah kacang beraroma udang. Yang bikin menarik adalah rasa pedasnya karena kamu bisa menambahkan cabai rawit di atasnya. Cocok banget buat yang malam-malam mengantuk.

Foto utama dari masakandapurku

Nah, sudah tahu, kan, mau wisata kuliner apa kalau datang ke Batam? Sekarang, tinggal pesan tiket pesawat murah untuk perjalananmu ke Batam dan cari hotel murah di Batam. Tapi pesannya lewat Pegipegi, ya, supaya bujet perjalananmu nggak membengkak.

cari tiket pesawat murah ke Batam cari hotel lain di Batam

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 217 times, 3 visits today)

Comments

To Top