Kuliner

8 Kuliner Pedas di Yogyakarta yang Membakar Lidah!

Yogyakarta terkenal akan kelezatan kulinernya yang juga murah-meriah. Ada banyak jenis makanan yang digemari di sana, salah satunya kuliner pedas. Makanya kali ini, Pegipegi ingin membahas delapan kuliner pedas di Yogyakarta yang siap membakar lidahmu.

1. Sate Petir Pak Nano

Sate Petir Pak Nano fokus menjual Sate Kambing dengan level kepedesan sesuai permintaan pelanggan. Untuk yang nggak pedas atau nggak pakai cabai, kamu bisa pilih sate dengan level Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), lalu ada juga level SD, SMP, SMA, hingga level profesor dengan 50 cabai rawit.

Selain sate, Sate Petir Pak Nano juga menjual Tongseng Daging, Tongseng Kepala Kambing, Kikil, Jeroan, dan Otak Kambing. Seporsi Sate dan Tongseng Kambing dihargai Rp 20 ribu*. Mampir aja langsung ke Sate Petir Pak Nano, di jalan Jogja Ring Road Sel. No. 90!

2. Oseng Mercon Bu Narti

Kepedasan, tapi bikin nagih! Itulah kesan setiap orang yang mampir ke Oseng Mercon Bu Narti. Oseng Mercon terdiri dari kikil, gajih, kulit, dan tulang muda yang dioseng-oseng dengan cabai, minyak, dan bumbu lainnya. Hadirnya nasi putih hangat bisa menambah kenikmatan Oseng Mercon. Kira-kira kamu sanggup nggak menghadapi pedasnya masakan ini?

Kalau kamu lagi nggak kepengin makan pedas, Oseng Mercon Bu Narti juga menyediakan menu lain, seperti ayam, lele, burung puyuh, dan lain-lain. Harga makanan di sana sekitar Rp 15 ribu* per porsi. Oseng Mercon Bu Narti buka hingga tengah malam, bahkan bisa sampai jam 2 pagi. Yuk, langsung aja mampir ke jalan KH ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan.

3. Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum menyajikan ayam goreng tepung yang ditumbuk dengan ulekan cabai rawit, bawang, putih, dan sedikit sambal terasi. Sehingga, kamu bisa merasakan pedas, gurih, dan krispi. Istimewanya, di sana pelanggan bisa menentukan sendiri berapa banyak cabai rawit yang ingin dikonsumsi. Selain ayam, Ayam Geprek Bu Rum juga menyediakan aneka lauk, seperti tempe, telur, dan tahu. Juga ada sup sayur, oseng kacang dan tempe, dan lain-lain.

Ayam Geprek dengan nasi hangat dan sayur sendiri cuma dihargai Rp 9 ribu*! Sedangkan, Ayam Gepreknya aja dihargai Rp 7 ribu*. Terjangkau banget kan harganya! Tak heran jika kedai yang berlokasi di jalan Wulung Lor ini selalu ramai akan pengunjung.

4. Ayam Setan Angkring Jentik

Angkring Jentik (jalan Selokan Mataran No. 99) bukan hanya menyajikan Ayam Pedas dengan taburan taburan biji wijen, tapi juga didampingi dengan Nasi Rainbow (nasi dengan warna seperti pelangi). Warna merah dari nasi berasal dari nasi merah, warna kuning dari nasi kuning, warna hijau dari daun suji, sedangkan warna birunya berasal dari pewarna makanan. Harga yang ditawarkan di Angkring Jentik adalah Rp 3 ribu – 25 ribu*.

5. Sop Merah

Sop Merah tentu berbeda dengan sup biasa yang kuahnya bening. Sopnya berwarna merah jingga karena mengandung campuran bubuk cabai dan bumbu rempah. Isi sop di sana bisa kamu pilih sendiri, mulai dari sayur hingga daging ayam. Harga per mangkuk Sop Merah adalah Rp 6 ribu* aja. Sudah enak, murah-meriah, dijamin juga kamu bakal kepedasan hingga muka memerah. Hihihi… Penasaran? Langsung aja mampir ke jalan Sisingamangaraja.

6. Entok Slenget Kang Tanir

Entok merupakan sebutan untuk mentok atau itik manila yang masih merupakan kategori unggas dari keluarga bebek. Hanya aja dagingnya lebih alot ketimbang bebek, jadi harus dimasak lebih lama. Bumbu di Entok Slenget Kang Tanir ini nggak jauh dari bumbu rica-rica dengan cita rasa pedas dan sedikit manis. Soal kepedasan, kamu bisa request sendiri ingin pakai cabai rawit berapa banyak. Yuk, langsung aja mampir ke Entok Slenget Kang Tanir yang berlokasi di jalan Pakem-Turi.

7. Sogul Jugak

Di kedai Sogul Jugak, balungan atau tulang diolah menjadi makanan pedas yang membakar lidah! Rumah makan yang berada di jalan Jembatan Merah 118 A Pring Wulung ini menggunakan tulang ayam pada bagian dada atau paha. Dalam satu piring dihidangkan tiga bagian balungan ayam yang masih menyisakan daging.

Balungan diolah dengan rempah-rempah, kecap, dan cabai rawit. Begitu selesai memesan, satu porsi balungan langsung dibuat. Memang makanan baru dibuat setelah ada order supaya rasanya fresh. Bau rempah yang dicampur serta cabai yang ditambahkan cukup menusuk hidung. Kebayang nggak kalau sudah dimakan gimana pedasnya? Satu porsi nasi dan balungan di sana dihargai Rp 12 ribu* aja.

8. Miyada Mie Ayam Pedas

Miyada Mie Ayam Pedas (jalan Gambiran, Depok, Sleman) menyediakan berbagai macam menu mie ayam dengan berbagai rasa, di antaranya Mie Naga, Mie Cokelat, Mie Wortel, dan Mie Hijau. Rasa yang ada pada mie tersebut didapat dari buah dan sayur yang sudah berbentuk ekstrak. Soal rasa pedas, kamu bisa tentukan sendiri levelnya. Makin lezat jika ditambah menu pendamping seperti ceker, telur rebus, pangsit rebus, dan lain-lain. Harga yang dipatok di sana adalah mulai dari Rp 8 ribu* aja.

Pegipegi juga punya rekomendasi kuliner malam di Yogyakarta yang nggak kalah sedap! Infonya bisa dibaca di sini.

lihat 8 kuliner malam di yogyakarta

Pengin cobain kuliner pedas di Yogyakarta? Yuk, liburan aja ke Yogyakarta! Ayo pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat berkuliner!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Foto utama: jogjarasa.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

(Visited 1,376 times, 2 visits today)

Comments

To Top