Kuliner

8 Kuliner Mie khas Nusantara yang Wajib Buat Dicoba

Ngomongin kuliner khas nusantara memang nggak ada habisnya. Mulai dari beragam cemilan, es menyegarkan, nasi campur, sampai yang sekarang ingin Pegipegi bahas adalah kuliner berbahan dasar mie.

Yap, kali ini Pegipegi mau merangkum delapan kuliner mie dari penjuru nusantara yang bakal menggoyang lidah.

Supaya nggak penasaran, berikut deretan kuliner mie yang wajib kamu cobain! Simak, yuk!

1. Mi Celor

Kuliner khas Palembang ini memakai mie yang teksturnya besar dan padat, lalu disiram dengan kuah kental dari perpaduan santan dan kaldu udang nan gurih. Disajikan bersama udang, taoge, irisan telur serta taburan bawang goreng dan irisan seledri, mie ini cocok buat dijadikan santapan di setiap waktu.

Selain itu mie celor juga ada di Jambi, lho! Bedanya kalau di Jambi disajikan dengan irisan daging dan tambahan perkedel. Dari kuahnya juga berbeda, karena mie celor Palembang kuahnya cenderung kental dan didominasi rasa gurih udang, sedangkan kuah mie celor Jambi teksturnya nggak sekental mie celor Palembang dan rasanya lebih ringan karena hanya menggunakan santan. Tapi soal rasa, sama-sama enak, lho!

2. Mi Lendir
Kalau mie satu ini, merupakan makanan khas dari Kepulauan Riau. Nama ini dipilih berdasarkan tekstur kuahnya yang kental kecoklatan, berasal dari perpaduan ubi jalar dan kacang tanah.

Di balik namanya, mie ini justru memiliki cita rasa lezat dengan perpaduan rasa manis dan gurih yang nggak boleh diremehkan, lho! Disajikan bersama ayam suwir, taoge dan telur rebus, mie ini terasa makin nikmat kalau disantap dengan irisan cabe rawit.

3. Mi Kocok

Hujan-hujan nikmatnya menyantap mie kocok khas Bandung. Namanya sendiri berasal dari proses pengolahannya yang dimasukkan dalam air panas dan dikocok-kocok hingga matang.
Bayangkan lezatnya mie kuning yang disajikan bersama tauge, bakso serta irisan kikil sapi. Makin nikmat karena disajikan bersama perasan jeruk nipis dan taburan seledri yang memberikan rasa segar.

4. Bakmi Jawa

Bagi kamu yang menyukai kuliner khas Jawa, tentu sudah nggak asing dengan mie satu ini. Disajikan dalam beberapa versi, yakni rebus, goreng dan setengah basah atau nyemek, mie jawa punya cita rasa khas karena dimasak memakai anglo. Isiannya pun lengkap, mulai dari suwiran ayam, telur, kol, tomat serta daun bawang. Rasanya dijamin lezat dan ngangenin!

5. Mi Kepiting

Buat kamu pecinta seafood, kamu wajib mencicipi kelezatan bakmi kepiting khas Pontianak! Sekilas mirip dengan mie ayam, namun isiannya menggunakan kepiting. Mienya yang lembut dilengkapi beragam topping seperti bakso ikan, fish cake, pangsit goreng serta taburan daun bawang yang menambah kelezatannya.

6. Mi Aceh
Nah, kalau kamu suka dengan rasa bumbu rempah yang kuat, kamu harus mencicipi nikmatnya mie Aceh. Cita rasanya yang unik bakal menggoyang lidah.
Mie Aceh punya beragam pilihan isian, mulai dari ayam, sapi, udang, cumi hingga kepiting. Selain itu kamu juga bisa memilih jenis penyajiannya sesuai seleramu, yakni direbus, setengah basah atau digoreng. Makin nikmat lagi karena biasa disajikan bersama emping, taburan bawang goreng, dan acar yang memberikan sensasi segar!

7. Mi Ongklok
Kuliner khas Wonosobo ini berisi mie kuning dengan kol rebus, lalu disiram kuah kental yang dibuat dari tepung kanji.
Biasanya mie ongklok disajikan bersama daun kucai, taburan bawang goreng dan irisan cabai. Makin nikmat lagi kalau kamu menyantap semangkuk hangat mie ongklok dengan sate sapi bumbu kacang, tempe kemul dan keripik tahu khas Wonosobo.

8. Mi Sop Medan

Kalau berkunjung ke Medan, jangan sampai melewatkan kelezatan mie sopnya yang menggiurkan, ya! Mienya yang disiram dengan kuah rempah segar khas Sumatera, dilengkapi dengan ayam goreng suwir dan taburan bawang goreng yang siap-siap menambah cita rasa. Makin nikmat lagi disantap bersama dengan kerupuk. Enak dan segar banget buat makan siang, nih!

Nggak sabar pengin liburan sambil berburu kuliner? Yuk, segera rencanakan! Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah  di Pegipegi ya!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top