Kuliner

8 Kuliner Malam Yogyakarta yang Wajib Dicoba

Untuk mengisi malam kamu saat liburan di Yogyakarta, kenapa nggak kulineran aja? Di kota pelajar tersebut, ada banyak kedai makanan yang buka tengah malam. Selain lezat, harganya pun terjangkau. Dijamin pengin balik lagi deh. Ada kuliner apa aja nih?

1. Oseng Mercon Bu Narti

Kepedasan, tapi bikin nagih! Itulah kesan setiap orang yang mampir ke Oseng Mercon Bu Narti. Oseng Mercon terdiri dari kikil, gajih, kulit, dan tulang muda yang dioseng-oseng dengan cabai, minyak, dan bumbu lainnya. Hadirnya nasi putih hangat bisa menambah kenikmatan Oseng Mercon. Kira-kira kamu sanggup nggak menghadapi pedasnya masakan ini?

Kalau kamu lagi nggak kepengin makan pedas, Oseng Mercon Bu Narti juga menyediakan menu lain, seperti ayam, lele, burung puyuh, dan lain-lain. Harga makanan di sana sekitar Rp 15 ribu* per porsi. Oseng Mercon Bu Narti buka hingga tengah malam, bahkan bisa sampai jam 2 pagi. Yuk, langsung aja mampir ke jalan KH ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan.

2. Soto Sampah

Disebut Soto Sampah karena tampilan kecambah pada soto ini terlihat berantakan seperti sampah. Lauknya pun dicampur-campur. Meskipun sebutannya menjijikan, tapi rasanya enak sekali! Berbeda dari soto kebanyakan yang menggunakan daging sapi.

Soto Sampah menggunakan lemak dan gajih sapi. Untuk teman makan soto, ada banyak lauk pauk dan gorengan yang bisa kamu icip. Kedai Soto Sampah buka dari pukul 4 sore hingga 2 pagi. Soto Sampah berlokasi di jalan Kranggan, depan SPBU Kranggan.

3. Gudeg Pawon

Lapar berat di tengah malam? Saatnya makan gudeg, nih! Kedai gudeg legendaris yang kudu dicoba adalah Gudeg Pawon, di jalan Janturan 36 – 38, Warungboto yang buka pukul 11 malam hingga 1 pagi. Gudeg Pawon memiliki arti gudeg dapur, jadi kamu harus mengantre di dapur untuk menikmati kelezatan gudeg di sana.

Gudeg yang disajikan di sana adalah gudeg basah lengkap dengan sambal krecek yang pedas, juga daging ayam kampung. Sensasi gudeg yang manis dengan areh yang gurih dan ayamnya yang empuk menciptakan perpaduan rasa yang nikmat.

4. Angkringan Lik Man

Bagi kamu yang pengin nongkrong di angkringan, mampirlah ke Angkringan Lik Man yang legendaris. Lik Man si pemilik memiliki nama asli Siswo Raharjo, putra dari Mbah Pairo, pedagang angkringan pertama di Yogyakarta yang sudah berjualan sejak tahun 50-an. Sejak itu, angkringan di Yogyakarta pun menjamur.

Kalau kamu suka ngopi, pesan aja Kopi Joss yang disajikan panas dengan diberi arang. Sedangkan, berbagai makanan yang bisa dipesan antara lain Sego Kucing dengan lauk Oseng Tempe, Sambal Teri, aneka gorengan, Sateg Telur, dan lain-lain. Menu-menu di sana cuma dikenakan harga ribuan. Angkringan Lik Man berada di jalan Wongsodirjan. Buka dari pukul 2 siang hingga 2 pagi.

5. Nasi Campur Teri Gejayan Pak Yo

Di Nasi Campur Teri Gejayan Pak Yo, kamu bisa menikmati seporsi nasi campur hangat dengan sambal teri. Nasi tersebut disajikan dengan piring plastik beserta sayur dan lauk pauk. Nasi campur ini pun memiliki banyak julukan di antaranya Nasi Campur Gejayan, Nasi Sambal Teri, Nasi Campur Demangan, Nasi Campur Pak Yo, Nasi Campur Mbah Dul, dan lain-lain.
Nasi Campur Teri Gejayan Pak Yo berlokasi di jalan Affandi, Klitren, Gondokusuma. Buka dari pukul setengah 10 malam hingga 2 pagi. Kisaran harga makanan di sana adalah Rp 12 ribu – 25 ribu*.

6. Warung sate Samirono

 

Sate Samirono buka selama 24 jam. Kedai ini berada di jalan Colombo 105/38. Menu yang tersedia di sana adalah Sate Ayam, Sate Goreng, Sate Kambing, Tongseng Kambing, Sate Bebek, Sate Sapi, Gulai, Nasi Goreng, dan lain-lain. Kisaran harga makanan di sana adalah Rp 8 ribu – 23 ribu*. Daging satenya bertekstur lembut dan bumbu satenya meresap hingga ke dalam. Bikin kamu pengin segera menghabiskan sate!

7. Mie Ayam Grabyas Red Door

Kalau kamu main ke kawasan Malioboro tengah malam, kamu bisa cobain Mie Ayam Grabyas Red Door yang buka dari pukul 12 malam hingga 2 pagi. Kedainya sederhana banget, karena berada di emperan toko. Namun, kamu bisa makan mie sambil menikmati suasana malam Yogyakarta. Duduknya pun dibuat lesehan.

Menu yang ditawarkan antara lain Mie Ayam Grabyas Bakso, Mie Ayam Grabyas Pangsit Rebus, Mie Ayam Grabyas Komplit, dan lain-lain. Ada satu minuman andalan yang kudu dicoba di sana, namanya Es Jenifer (es jeruk nipis) yang segar dan ditambah sirup stroberi.

8. The House of Raminten

Satu lagi kedai kuliner malam yang buka 24 jam, yaitu The House of Raminten yang menawarkan tempat nongkrong yang anak muda banget. Tapi, nggak meninggalkan budaya Jawa yang kental. Menu yang disajikan kebanyakan sama dengan yang ditawarkan angkringan di pinggir jalan. Dengan nongkrong di The House of Raminten, kita bisa menikmati menu angkringan dengan nyaman dan santai.

Kalau sudah sampai di sana, cobain Mendoan, Sate Telur Puyuh, Nasi Kucing, Ceker, dan lain-lain. Sedangkan, minuman andalan di The House of Raminten antara lain Susu Pawon Kebumen, Es Teler Raminten, Bir Pletok, dan lain-lain. Yuk, kunjungi The House of Raminten di jalan FM. Noto No. 7, Kotabaru.

 

 

Pengin cobain kuliner malam di Yogyakarta? Yuk, liburan aja ke Yogyakarta! Ayo pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat berkuliner!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Foto utama: https://www.brilio.net

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 4,919 times, 8 visits today)

Comments

To Top