Kuliner

8 Kuliner Favorit Pendamping Opor Ayam Saat Lebaran

Ada dua hal yang paling ditunggu saat lebaran tiba. Selain kumpul keluarga di kampung halaman, kamu pasti kangen berat dengan sajian kuliner ketupat dan opor ayam yang sangat khas.

Biasanya, ketupat beserta opor ayam dihidangkan sesaat setelah Salat Idul Fitri selesai digelar. Umumnya, sajian ini adalah cara sang tuan rumah menyambut kerabat hingga tetangga yang mampir ke rumah untuk halal bihalal.

Layaknya sebuah hubungan kasih, opor ayam pun punya pendampingnya. Lantaran Indonesia dikenal dengan ragam kulinernya, tiap daerah memiliki masakan pendamping opor ayam dengan ciri khas berbeda pula.

Nah, kira-kira apa saja sih masakan pendamping dari opor ayam? Pegipegi sudah mengumpulkan 8 masakan pendamping yang siap memanjakan lidah kamu pas lebaran di beberapa daerah.

Sambal Goreng Ati

Foto: veroathome

Bagi kamu yang lebaran ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, sajian opor ayam dengan sambal goreng ati cukup akrab di lidah. Rasa pedas dan manis makin mempertajam rasa ketupat dan opora ayam yang cenderung gurih. Ati ampela yang dipotong dadu disiram dengan sambal berisikan gula pasir, asam jawa, cabai merah, bawang putih dan merah hingga daun salam. Di beberapa variasi, kamu juga bisa temukan petai dan kentang yang berpadu mesra dengan atinya.

Sambal Goreng Udang Petai

Foto: makanajib

Jika kamu takut kadar kolesterol naik, kamu bisa mengganti sambal goreng ati dengan sambal goreng udang petai kok. Udang segar yang sudah dibersihkan digoreng ke dalam sambal racikan dengan bumbu manis-pedas. Biar makin gurih, tambahkan juga petai ke dalamnya. Nah, cara penyajiannya pun berbeda-beda. Ada yang menaruh sambal goreng udangnya di pinggir sebagai sambal, ada juga yang mengaduknya dengan opor ayam sehingga rasanya saling berpadu.

Gulai Nangka

Foto: masakan-khas-daerah

Melangkah jauh ke Padang, Sumatera Barat, kamu dapat menjumpai gulai nangka. Masakan yang satu ini merupakan pendamping utama dari ketupat dan opor ayam di sana. Dengan bahan nangka muda, gulai yang satu ini terkenal dengan sensasi rasa gurihnya. Kuah gulai yang berwarna jingga makin terasa nikmat jika disajikan kental dan hangat. Cocok deh buat meredakan kadar lemak yang hadir di opor ayam.

Gulai Rampai

Foto: resepmasakanlengkap

Melipir sedikit ke Riau, kamu bakalan menemukan sajian pendamping opor ayam yang juga berbeda, namanya gulai rampai. Nah, berbeda dengan gulai nangka, gulai rampai berbahan dasar ikan asap yang direbus hingga matang. Dengan bumbu khas yang gurih dan pedas, gulai rampai juga disajikan dengan berbagai sayuran seperti kacang panjang, terong ungu, rimbang, kecombrang dan sedikit ebi. Nah, disajikan selagi panas, gulai rampai disantap bersama dengan opor ayam dan ketupat.

Sayur Labu Siam

Foto: selerasa

Kuliner pendamping ini cukup akrab di telinga orang Sunda, Betawi hingga Jawa. Bahkan, jika kamu sarapan pagi di warteg, kamu bakal menemukan sayur labu siam sebagai sajian utamanya. Nah, ternyata masakan yang satu ini juga cocok disajikan dengan opor ayam, lho. Tumisan labu siam yang dipotong panjang berpadu nikmat dengan bumbu rempah di dalamnya. Buat yang suka, kamu bisa menambahkan petai di dalamnya, lho!

Rendang

Foto: resepdanmasakan

Masakan yang satu ini dikenal luas sebagai kuliner tradisional Sumatera Barat. Demi mendapatkan sensasi empuk berseratnya, proses pengolahan rendang yang diungkep pun memakan waktu yang cukup lama. Nah, biasanya, rendang menjadi pelengkap bagi opor ayam lantaran kuah rempahnya yang pedas menciptakan sensasi tersendiri. Sajian opor ayam dan rendang makin cocok jika ditemani dengan kerupuk udang, deh.

Sayur Godog Pepaya Betawi

Foto: fitrianifirmansyah

Satu lagi teman santap opor ayam saat lebaran, sayur godog pepaya. Masakan khas Betawi ini menggunakan daun pepaya sebagai bahan utamanya. Jika nggak suka, kamu bisa ganti dengan labu siam, kok. Nah, daun pepaya yang sudah dibersihkan, direbus ke dalam kuah santan yang sudah bercampur dengan cabai merah. Nggak heran, kalau warnanya sangat menyala. Disajikan hangat, sayur godog pepaya ini bakal jadi teman mesra buat ketupat dan opor ayam kesayanganmu, deh!

Semur

Foto: gembulnita

Nah, satu lagi nih masakan betawi yang cocok dipadukan dengan opor ayam kamu, yap semur! Jelang lebaran, semur memang sama larisnya dengan opor ayam. Variannya pun banyak. Ada semur telur, semur daging, semur tahu, semur tempe hingga semur jengkol. Semuanya sangat nikmat disajikan berdampingan denga opor ayam. Kuah manisnya pun terasa beradu pas dengan gurihnya isi dari semur. Makin pas jika kamu menikmati semur dengan sambal uleg terasi yang bisa kamu taruh di pinggir dan emping!

Sudah nggak sabar menikmati kuliner di atas? Yuk segera mudik dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://www.infoyunik.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 4,476 times, 15 visits today)

Comments

To Top