Kuliner

8 Kuliner Berkuah di Solo yang Wajib Kamu Coba

Kota Solo dikenal dengan wisata cagar budaya yang sangat bersejarah. Tapi, kalau sempat mengulik kota yang satu ini lebih dalam lagi, kamu akan tahu kalau Solo itu surganya kuliner.

Terhampar dengan luas 46 kilometer persegi, kamu bisa menemukan kuliner unik di setiap sudut kota Solo. Salah satu yang khas adalah kuliner kuahnya yang nggak boleh kamu lewatkan jika sedang mampir.

Nah, sebagai referensi kamu berburu kuliner, Pegipegi sudah siapkan 8 kuliner berkuah khas Solo yang wajib banget kamu coba. Yuk simak!

Selat Solo

Rasa berkelas, harga hemat. Itu mengapa selat solo sangat popular di kota yang satu ini. Daging sapi yang diiris agak tipis, kadang berbentuk bola, disajikan dengan kentang goreng, buncis, telur bacem, wortel rebus bersatu dengan kuah coklat manis dengan mustard di atasnya. Segar deh pokoknya dan cocok buat kamu yang sedang diet. Nah, ada beberapa alternatif rumah makan yang menyediakan selat, salah satunya Selat Viens Solo di Jalan Hasannudin.

Timlo

Rasa gurih yang dihadirkan timlo solo nggak bisa ditawar lagi, deh! Dalam satu mangkok, kamu bisa menikmati irisan hati dan ampela ayam, suwiran daging ayam, bihun, dadar gulung dan telur bacem, jamur kemudian direndam ke dalam kuah bumbuh rempah yang khas banget. Santapan ini cocok dinikmati di malam hari sambil memandang kesunyian kota Solo. Salah satu resto timlo solo hadir di Jalan Jendral. Urip Sumoharjo.

Soto Gading

Kuliner yang satu ini makin terkenal sejak mantan walikota Solo, Joko Widodo atau Jokowi menjadi Presiden Republik Indonesia. Soalnya, soto gading adalah makanan favoritnya. Soto gading memadukan campuran soto seperti bihun, daging dan jeroan ayam, toge hingga dedaunan dengan kuah kaldu ayam yang khas. Biar makin nikmat, kamu bisa icip banyak pendamping soto seperti empal, satu usus, tahu dan tempe hingga ikan bandeng. Soto Gading 1 menjadi gerai yang selalu ramai dengan pemburu kuliner di Solo.

Tengkleng

Buat yang belum tahu, tengkleng itu mirip banget dengan gulai kambing. Bedanya, hanya di kuah yang encer. Nah, untuk topping, kamu bisa menikmati berbagai bagian dari kambing dari dagingnya, jeroan hingga tulang kambing yang nikmat. Satu mangkok tengkleng disajikan dengan taburan bawang goreng yang pas. Nah, buat kamu yang penasaran, bisa deh merapat ke daerah Pasar Klewer di mana kedai Tengkleng Bu Edi terletak.

Sup Matahari

nemu sup matahari #supmatahari #kulinersolomurah

A post shared by Wening Tyas (@diajengbona) on

Biasanya, santapan yang satu ini dijajakan berdampingan dengan selat solo. Sup matahari disajikan dengan olahan pangsit telur berbentuk bunga matahari dengan campuran wortel, jamur kuping, sayuran hingga sosis yang direndam gurih dengan kuah rebusan daging. Kuliner yang satu ini pas banget buat kamu yang cuma datang buat ngemil lucu sih. Nah, buat yang mau coba, bisa datang ke gerai sup matahari di Vien’s Solo.

Sop Ayam

Ngga usah mikir kerjaan, makan saja lebih nikmat #sopayampakmin #gurihlezatmantap #murahmeriah #makananrakyat

A post shared by Wijayahadi Wiwik (@wiwikwijayahadi) on

Campurannya sederhana, cukup dengah kuah kaldu serta ayam kampung. Tapi, kalau ngomongin rasa, sop ayam juara banget, deh! Dengan taburan seledri dan bawang merah, kamu bisa menikmati semangkuk sop ayam plus nasi hangat dengan harga yang murah meriah juga. Banyak orang yang bilang sop ayam ala kota Solo cocok buat menghilangkan pusing di kepala. Nah, buat kamu yang ingin mencicipi, bisa datang ke cabang Sop Ayam Pak Min yang banyak tersebar di Solo.

Bestik Solo

Pecinta santapan berbahan dasar daging wajib banget mencicipi bestik solo. Kamu bisa mendapatkan banyak campuran di dalam mangkok bestik seperti daging sapi, lidah, ayam, brutu, uritan yang dicampur dengan tomat, wortel, kentang, sawi, bawang bombay, selada dengan kuah manis yang berwarna kecoklatan. Kalau suka, kamu bisa tambahkan acar guna menambah level kenikmatannya. Salah satu kedai terfavorit di Solo letaknya ada jalan Dr Rajiman di mana terdapat warung Harjo Bestik.

Mie Gajah Mas

#tombokecewa#gakdimasukinrumah#miegajahmas

A post shared by Ayie Hery (@ayiheri15) on

Punya tekstur yang kenyal dan lembut membuat mie ayam yang satu ini nggak putus kedatangan pengunjung. Dengan gaya oriental, Mie Gajah Mas menawarkan sajian mie ayam yang nggak biasa. Daging ayam, jamur, dan pangsit bersanding dengan dedaunan menciptakan rasa gurih yang nggak bakal kamu lupakan deh. Kamu bisa mencicipi Mie Gajah Mas di kedai yang terletak di Jalan Suryo Pranoto.

Foto utama: bhellabhello

Gimana sudah tahu mau berburu kuliner apa di Solo? Agar bujet liburan ke Solo lebih murah, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Solo lewat pegipegi, ya! Dijamin bisa menghemat bujet liburanmu!

pesan tiket pesawat murah ke solo pesan tiket kereta api murah ke solo cari hotel murah di solo

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 855 times, 1 visits today)

Comments

To Top