Kuliner

8 Jenis Lauk Khas Lebaran di Berbagai Daerah di Indonesia

Hari Raya Idulfitri atau yang juga disebut dengan Lebaran, menjadi salah satu hari libur yang paling ditunggu-tunggu. Momen Lebaran diisi dengan bermaaf-maafan, silaturahmi dengan keluarga, dan pastinya makan-makan. Lebaran identik dengan ketupat sebagai makanan yang wajib ada. Biasanya ketupat dinikmati dengan berbagai lauk seperti sayur lodeh, opor ayam, sambal goreng, dan banyak lainnya.

Nah, di berbagai daerah di Indonesia, ada juga beberapa lauk khas Lebaran yang nggak boleh ketinggalan. Hmm… apa saja ya? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. RENDANG, PADANG

Foto: Shutterstock

Di daerah Padang, Lebaran nggak lengkap rasanya kalau nggak masak rendang. Kuliner yang cita rasanya sudah go international ini memang juara nikmatnya kalau disantap bersama ketupat. Potongan daging sapi dimasak bersama santan dan bumbu halus yang kaya rempah menghasilkan rasa yang khas banget. Tampilan rendang memiliki warna cokelat kehitaman dan bumbu yang berminyak.

2. BEBEK GULAI KURMA, ACEH

Foto: Infokuliner

Bebek gulai kurma adalah kuliner khas Lebaran dari Aceh. Hidangan ini berisi potongan bebek yang dimasak dengan daun pandan, daun temurui, dan serai serta diberi kuah santan. Aroma hidangan ini sangat menggoda selera. Penggunaan bumbu rempah seperti cengkeh, kayu manis, biji pala, dan kapulaga juga menambah cita rasa hidangan ini. Walaupun ada kata ‘kurma’ di nama masakannya, bebek gulai kurma tidak menggunakan bahan dasar kurma sama sekali. Unik, ya?

3. GULAI NANGKA, MEDAN

Foto: Indonesian Medan Food

Masih dengan tema santan, kalau di Medan wajib ada gulai nangka. Gulai nangka di Medan ada yang dimasak dengan potongan iga dan kacang panjang. Bumbu yang digunakan masih sama dengan bumbu gulai pada umumnya, seperti penggunaan cabai merah, bawang merah dan putih, ketumbar, kunyit, jahe, serta lengkuas.

4. SEMUR BETAWI, JAKARTA

Foto: Selerasa

Daerah ibu kota punya semur betawi sebagai hidangan khas Lebaran. Daging sapi untuk semur dimasak dengan kuah kecap hingga meresap. Kemudian diberi bumbu seperti ketumbar, merica, jintan, biji pala, lengkuas, dan jahe. Ada juga bumbu tambahan yang menambah cita rasa seperti kayu manis, cengkeh, serai, dan daun salam. Dinikmati dengan ketupat, pastinya hari Lebaran kamu bakal makin spesial!

5. LODEH TERONG, PEKALONGAN

Foto: Agrowindo

Di Pekalongan, terong yang berwarna hijau dimasak menjadi hidangan lodeh. Selain terong, hidangan berkuah santan ini juga memiliki melinjo, potongan kacang panjang, dan yang membuatnya istimewa adalah bunga kecombrang. Jadi, cita rasa lodeh khas Pekalongan ini berbeda dengan daerah lainnya.

6. KELLA PATE, MADURA

Foto: Jejak Mata Backpackers

Kalau di Madura, hidangan ikan juga turut memeriahkan Lebaran. Kella Pate merupakan hidangan berupa potongan ikan tenggiri yang digoreng kemudian dimasak dengan kuah santan. Bumbu halus yang mengandung jintan, kencur, dan terasi membuat kella pate punya rasa yang khas. Belum lagi ada irisan cabai dan belimbing wuluh di menu ini.

7. SOTO BANJAR, BANJAR

Foto: Wikimedia

Soto Banjar yang sudah menjadi makanan khas daerah Banjar juga disajikan saat Lebaran tiba. Hidangan soto ini berisi daging ayam yang disuwir dengan pelengkap seperti sohun, telur rebus, perkedel, dan taburan bawang goreng serta seledri. Kuahnya yang bening dan rasanya segar seakan menjadi penyeimbang di antara makanan Lebaran yang biasanya bersantan. 

8. AYAM GAGAPE, MAKASSAR

Foto: Jajanbaso.com

Tampilan hidangan ayam gagape sekilas seperti opor ayam. Yang membedakan ayam gagape dan opor ayam biasa adalah penggunaan bumbu dan jenis ayamnya. Biasanya ayam gagape menggunakan ayam kampung jantan yang memiliki tekstur daging kenyal. Di akhir proses memasak ayam gagape, ada tambahan parutan kelapa yang sudah disangrai di atasnya. Disantap dengan ketupat, lengkaplah sudah Lebaran di Makassar dengan hidangan ini.

Sudah pernah coba hidangan di atas? Atau kali ini mau coba langsung di daerah asilnya? Langsung aja pesan tiket pesawathotel, dan tiket kereta api di Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Foto utama: Wikimedia

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top