Tips

8 Jenis Akomodasi yang Biasanya Digunakan Ketika Liburan

jenis-akomodasi

Setelah membahas klasifikasi hotel dari bintangnya, gimana kalau kita bahas jenis akomodasi (penginapan) yang sering digunakan ketika liburan? Selain kamu jadi tahu bedanya, kamu juga jadi tahu harus menginap di mana saat liburan. Bisa kamu cocokan dengan kebutuhanmu, travelers! Kalau di pegipegi, ada delapan jenis akomodasi yang ditawarkan. Ada akomodasi apa aja, nih? Simak langsung bareng pegipegi, yuk!

1. Hotel

Hotel merupakan jenis akomodasi di mana tamu biasanya hanya menggunakan sebagian fasilitas dari gedung. Fasilitas yang ada di dalam kamar, seperti peralatan dan perlengkapan mandi, TV, AC, lemari, sandal, pembuat teh/kopi, dan lain-lain digunakan secara gratis. Sedangkan, untuk fasilitas penunjang, ada yang bisa digunakan secara gratis, seperti kolam renang dan tempat gym. Ada juga yang dikelola secara komersil. misalnya, ballroom, conference room, resto, bar, spa, kedai kopi, layanan antar-jemput, layanan binatu, dan lain-lain.

y163855018

Fasilitas kamar di Fairmont Jakarta

Fairmont Jakarta

Fasilitas penunjang di Fairmont Jakarta

Arsitektur hotel kebanyakan dibangun secara modern atau minimalis. Di hotel yang berbintang empat atau lima, kamu bisa merasakan kemewahan bak surga. Kebanyakan hotel berada di lokasi yang strategis dan penuh dengan keramaian, sehingga akan memudahkan kamu untuk mengakses banyak tempat wisata, pusat perbelanjaan, atau bisnis. Selain untuk tempat menginap, hotel juga kerap dijadikan sebagai tempat pertemuan bisnis atau resepsi pernikahan.

2. Villa

Villa adalah akomodasi berbentuk rumah dan berlokasi jauh dari keramaian. Cocok bagi kamu yang ingin melarikan diri sejenak dari kepenatan ibu kota. Bangunan villa dibangun di tempat yang masih alami atau hijau, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan indah di sekitar, sekaligus menghirup udara segar. Jika dibandingkan dengan bujet menginap di hotel, harga sewa villa relatif lebih mahal. Tapi, kamu bisa menginap ramai-ramai dengan teman jika memilih villa sebagai sarana akomodasi.

Alila Villas Uluwatu

Fasilitas kamar Alila Villas Uluwatu

alila-villas-uluwatu-bali-spa

Fasilitas penunjang Alila Villas Uluwatu

Sama seperti hotel. Villa juga menyediakan aneka fasilitas kamar dan penunjang yang bisa kamu nikmati selama liburan. Fasilitas penunjangnya ada yang gratis atau dengan biaya tambahan. Jika villanya sangat mewah, biasanya tersedia kolam renang outdoor dan indoor! Karena serasa rumah sendiri, banyak juga pasangan yang memilih villa sebagai akomodasi saat bulan madu.

3. Guest House

Bagi travelers yang pengin menghemat bujet, kamu bisa coba untuk menginap di guest house. Soalnya, harganya reltif lebih murah. Guest house umumnya dikelola langsung oleh si pemilik dan mungkin aja si pemilik juga tinggal di dalam rumah tersebut. Jadi, kamu terkesan seperti wisatawan yang sedang menumpang di rumah orang lain. Fasilitas yang ada di guest house adalah milik bersama, jadi bisa kamu gunakan saat menginap! Kadang, ada juga guest house yang menyediakan conference room agar tamu bisa mengadakan rapat atau pertemuan bisnis.

4. Bungalow

Ingin merasakan lingkungan alam indah, namun dengan bujet yang lebih murah ketimbang villa? Kamu bisa memilih untuk menginap di bungalow. Lokasinya juga jauh dari keramaian dan berada di pegunungan atau pantai. Uniknya, bangunannya dibuat dengan gaya tradisional lumbung juga didominasi oleh kayu. Begitu cantik sekaligus romantis! Dijamin kamu nggak akan mau pulang jika sudah menginap di bungalow.

y978144011

Fasilitas penunjang Coco Resort Penida Bali

Bukan hanya sekadar menawarkan bungalow yang nyaman, tapi fasilitas penunjang yang ditawarkan oleh bungalow biasanya juga lengkap, lho. Mulai dari kolam renang, gym, spa, resto, BBQ, kedai kopi, lounge, conference room, hingga sewa sepeda. Paling asyik sih menginap di bungalow ramai-ramai. Ayo ajak teman-temanmu!

5. Cottage

Mirip seperti viila, namun cottage nggak terlalu luas karena bangunannya lebih mirip pondok rumah kecil yang terpisah-pisah. Lokasinya juga di lingkungan alam yang indah, seperti pantai, danau, atau taman hijau. Biasanya, harganya relatif lebih murah ketimbang villa atau bungalow.

y981265003

Fasilitas penunjang Garden View Cottages Ubud

Fasilitas yang ditawarkan cottage juga memadai, baik dari fasilitas kamar maupun penunjangnya. Biasanya juga disesuaikan dengan bintang yang dimiliki cottage. Makin tinggi bintangnya, tentu aja fasilitas yang ditawarkan makin lengkap.

6. Serviced Apartment

Kamu juga bisa menginap di serviced apartment ketika liburan yang bisa disewa untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Keuntungan menginap di servied apartment adalah suasananya lebh privat seperti apartemen sendiri. Kamu nggak hanya bisa beristirahat, tapi juga melakukan kegiatan lain, seperti memasak, nge-gym, berenang, bersantai di kedai kopi, atau melakukan rapat dengan rekan bisnis.

7. Hostel

Hostel merupakan akomodasi yang mirip seperti asrama. Karena, tamu yang menginap di hostel harus berbagi dengan tamu lain yang nggak dikenal. Biasanya, yang menginap di hostel adalah wisatawan backpacker yang liburan dengan bujet murah. Mereka hanya menjadikan akomodasi sebagai tempat untuk menumpang tidur.

Meskipun murah meriah, tapi fasilitas yang disediakan cukup memadai, kok. Kamu bisa AC, safetxy box, massage, kedai kopi, convenience store, dan lain-lain. Namun, kamu harus berbagi fasilitas di kamar dengan para tamu lainnya.

8. Lodge

Kalau kamu pengin menginap di akomodasi yang juga menawarkan sarana rekreasi, kamu bisa menginap di akomodasi jenis lodge. Soalnya, lodge berdiri di tengah alam terbuka, di mana kamu bisa berinteraksi dengan alam, sekaligus binatang langka. Cocok banget untuk kamu yang suka banget sama binatang. Makin tinggi bintangnya, tentu aja harganya makin mahal, tapi sangat worth it karena bangunannya luas dan mewah. Ada juga lodge yang didesain ramah lingkungan bernama eco lodge.

Elephant Safari Park Lodge

Fasilitas kamar di Elephant Safari Park Lodge

restaurant-2776

Fasilitas penunjang Elephant Safari Park Lodge

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Setelah baca soal jenis akomodasi di atas, pastinya kamu nggak bakal bingung buat menentukan tempat menginapmu saat liburan dong? Supaya bujet menginapmu terjangkau, tentu aja kamu wajib booking akomodasi lewat pegipegi, travelers! Jangan lupa sekalian pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah, ya!

cari akomodasi sesuai kebutuhanmu pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah

Untuk memudahkan transaksi di mana pun dan kapan pun, kamu bisa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, travelers! Harganya pun bakal jauh lebih murah jika kamu booking lewat aplikasi.

google-play

apps-store

(Visited 427 times, 1 visits today)

Comments

Mariska Tracy

Mariska Tracy

Mariska adalah penulis yang cinta lingkungan. Destinasi traveling favorit Mariska adalah Islandia, karena Islandia adalah negara terhijau di dunia.
Mariska Tracy
To Top