Destinasi

8 Hutan Kota di Jakarta untuk Menghilangkan Penat

Menyambut Hari Hutan Internasional yang jatuh tepat di tanggal 21 Maret, gimana kalau kita menghilangkan penat di hutan kota? Ternyata di Jakarta cukup banyak hutan kota yang bisa kita kunjungi, lho. Lumayan untuk menghilangkan penat karena lelah bekerja dan menghadapi kemacetan yang tidak ada habisnya.

1. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Lokasinya yang mirip Bali membuat Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) menjadi spot foto outdoor yang paling diminati. Kamu bisa mengeksplor banyak foto jika foto-foto di hutan cantik ini. Bukan hanya hutan yang bisa kamu eksplor, tapi di Hutan Mangrove juga terdapat danau buatan yang cantik. Sayangnya, di sana banyak nyamuk. Buat kamu yang kulitnya gampang digigit nyamuk, lebih baik oleskan lotion anti nyamuk.

Hutan Mangrove PIK dikenal juga dengan Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk memang jadi pilihan tepat buat kamu yang ingin menikmati angin sepoi-sepoi di tengah kota dengan suasana rapi dan modern. Kawasan ini punya luas sekitar 99 hektar dan 40% lahannya dimanfaatkan untuk hutan mangrove. Nggak hanya dijadikan sebagai tempat menahan abrasi dari ganasnya ombak laut, Hutan Mangrove PIK juga memiliki fungsi rekreasi bagi warga Jakarta untuk mendapat udara segar.

2. Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng memiliki tanaman dan pepohonan rimbun di sekitarnya, jadi kamu nggak akan kepanasan saat berada di sana. Sehingga, kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas, seperti jalan pagi, jogging, main sepeda, dan lain-lain. Wah, bikin betah pokoknya!

Di Hutan Kota Srengseng terdapat 65 spesies pohon tinggi dengan berbagai jenis dan tipe. Di antaranya Jati, Flamboyan, Ketapang, Akasia, Mahoni, dan lain-lain. Pohon pendek seperti Perdu dan tanaman merambat juga menghiasi Hutan Kota Srengseng. Dengan banyaknya pohon di hutan kota bisa mengundang kawanan burung untuk tinggal menetap. Jadi nggak heran kalau di Hutan Kota Srengseng juga menjadi habitat berbagai satwa. Selain burung, juga ada reptil, tikus, kadal, biawak, dan lain-lain.

3. Hutan Kota Universitas Indonesia

Buat yang kuliah di Universitas Indonesia atau sering menghabiskan waktu di sana, boleh banget nih main ke hutan kotanya untuk merasakan suasana hijau, teduh, dan tenang. Hutan Kota Universitas Indonesia memiliki luas 90 hektar dan memiliki banyak potensi, di antaranya sebagai sarana serapan air, pelestarian plasma nutfah, dan lahan penelitian biodiversitas Universitas Indonesia. Terdapat sejumlah jenis pohon di sana, seperti Jati, Meranti, Kopi, Karet, dan Matoa.

Juga ada enam danau besar yang menambah keindahan, yaitu Danau Kenanga, Danau Agathis, Danau Mahoni, Danau Puspa, Danau Ulin, dan Danau Salam. Ketika akhir pekan, tak jarang orang memanfaatkan sebagai sarana rekreasi. Karena di sana ada trek untuk bersepeda, juga ada trek untuk jogging atau sekadar jalan-jalan menikmati suasana.

4. Hutan Kota Kemayoran

Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran kini tengah terus melakukan revitalisasi Hutan Kota Kemayoran demi penyelanggaraan Asian Games 2018. Karena, nantinya hutan kota ini akan dipakai sebagai alternatif rekreasi para atlet yang bertanding. Nah, kebayang kan gimana bagusnya fasilitas dan indahnya alam di sana?

Untuk merevitalisasi Hutan Kota Kemayoran, sudah dibantu oleh Dinas Tata Air Pemerintah Provinsi DKI untuk mengatasi pendangkalan danau yang dipenuhi enceng gondok. Kini, air danau di sana kondisinya lebih baik dibandingkan sebelumnya yang berwarna kehitaman. Selain itu, jogging track juga diperbaiki, ada juga pembangunan jembatan, plaza, dan panggung di atas air yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Sehingga, Hutan Kota Kemayoran bisa digunakan untuk rekreasi para warga.

5. Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana

Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana memiliki banyak fungsi. Selain menjadi tempat konservasi dan edukasi, hutan Sangga Buana juga bisa menjadi lokasi rekreasi untuk menyejukkan pikiran dari hiruk pikuk dan padatnya aktivitas ibukota. Begitu memasuki kawasan hutan ini, kamu akan dihadapkan dengan hamparan rerumputan hijau yang dikelilingi berbagai jenis pepohonan. Di tengah tanah lapang hijau ini, terdapat simbol bola dunia berwarna biru yang ditopang ‎dan dikelilingi beberapa tiang kayu.

Di sana, kamu juga akan menjumpai beberapa bangunan rumah tradisional ala Betawi. ‎Bangunan adat yang berada di antara rerimbunan pohon bambu itu berfungsi sebagai perpustakaan dan mushola. Di sebelah kanan pintu masuk, terdapat lapangan sepak bola yang cukup luas. Lahan parkirnya juga luas, sehingga membuat pengunjung bisa menikmati hutan kota dengan leluasa.

6. Taman Honda Tebet

Taman Tebet Honda (kadang disebut Taman Tebet atau Taman Honda) adalah taman seluas 1.800 m2 yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo tanggal 28 Juli 2010. Taman kota ini merupakan taman terbuka hijau yang dapat dimanfaatkan warga Jakarta untuk beraktivitas dan menghilangkan penat. Kawasan taman ini terbelan oleh anak sungai yang mengalir dari arah Pasar Minggu menuju ke Manggarai.

7. Hutan Kota Cinjantung

Bagi yang tinggal di Jakarta Timur, kamu bisa memanfaatkan jalan-jalan murah dan sehat di Hutan Kota Cijantung. Hutan kota ini terletak tak jauh dari gerbang masuk komplek Markas Komando Kopassus dan Mal Cijantung. Hutan Kota Cijantung memiliki luas sekitar 17.500 hektar. Di dalamnya tumbuh beragam flora. Ada mahoni, jati,  ketapang, asam landi, trembesi, angsana, bungur, flamboyan, dan sebagainya. Hutan Kota Cijantung juga dikelilingi beragam serangga.

8. Taman Cattleya Tomang

Taman Cattleya Tomang memiliki luas sekitar 3 hektar yang ditumbuhi beragam jenis tanaman, pohon, bunga dan sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas umum. Akrab dengan sebutan Taman Tomang, taman ini sering dijadikan sebagai tempat berkumpul anak muda saat akhir pekan. Di sana kamu juga bisa berolahraga dengan memanfaatkan fasilitas kebugaran yang disediakan secara gratis oleh taman ini. Masuknya pun tidak perlu bayar, yang penting kamu berusaha menjaga kebersihan aja.

Nah, jadi nggak sabar untuk main ke hutan kota saat akhir pekan kan? Untuk kamu yang berada di luar Jakarta, jangan lupa main ke hutan kota saat liburan ke Jakarta, ya! Agar bujet liburan kamu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top