Tips

8 Hal Penting yang Kamu Harus Hindari Saat Open Trip

“Open trip 3 hari 2 malam ke Payakumbuh hanya Rp 3,5 juta” Begitu bunyi kebanyakan poster open trip yang beredar di media sosial.

Dalam dunia traveling, open trip bukan jadi hal yang baru lagi. Biasa digelar oleh sebuah agen perjalanan, open trip menawarkan paket liburan hemat lengkap dengan akomodasinya ke destinasi nggak cuma dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

Tapi, kadang-kadang ada banyak hal bikin kita ragu buat gabung open trip. Rata-rata merasa nggak nyaman karena open trip dengan pelayanan sang agen perjalanan di lokasi wisata.

Tapi tenang, Pegipegi punya 8 hal yang kamu harus hindari saat open trip biar traveling kamu berkesan. Simak ya!

Terlena Harga Miring

Foto: canariasetourism

Jasa open trip memang menggiurkan. Lantaran, dana yang kita habiskan buat traveling bisa jauh lebih murah ketimbang kita berpergian sendiri.

Akan tetapi, kamu jangan terus-terusan terlena dengan harga. Maklum, saat ini banyak penipuan berkedok agen perjalanan. Yang kamu harus perhatikan pertama kali adalah profile dari agen perjalananya baru harga, deh!

Uang Saku Terbatas

Ngirit sih boleh, tapi liat-liat situasi juga! Uang saku bukan buat siapa-siapa, kok. Buat kamu juga.

Minimal, kamu harus menyiapkan 25 persen uang satu dari total biaya perjalanan open trip. Siapa tahu, ada kebutuhan mendesak atau justru mata nggak tahan buat belanja di lokasi wisata.

Mengabaikan Review

Foto: happyjuanderer

Buat mengetahui apakah agen perjalanan tersebut baik atau tidak, kamu harus cari tahu dengan membawa review. Sudah banyak kok situs maupun blog para penikmat traveling yang bisa kamu baca.

Atau, kalau nggak mau ribet, coba pantengin timeline dari sosial medianya. Lihat, apakah lebih banyak komentar positif atau justru negatifnya. Intinya, yakin dulu baru beli barangnya, deh!

Bawaan Seadanya

Foto: amazonaws

Secara visual, open trip memang liburan bareng-bareng. Akan tetapi, ketika kamu sudah berada di lokasi wisata, semua bakal fokus dengan dirinya masing-masing.

Jadi, kamu wajib banget membawa semua keperluan kamu sendiri, mulai dari obat-obatan, charger ponsel, peralatan mandi hingga pakaian. Intinya, kamu harus pergi dengan bawaan lengkap.

Perhitungan

Foto: where2go

Traveler yang baik adalah orang yang sangat peduli dengan situasi sekitarnya. Memang sih, kamu harus melihat diri kamu sendiri baru orang lain.

Namun, dalam open trip, semuanya bisa terjadi. Jangan pelit deh sepanjang liburan kamu dengan orang-orang yang baru dikenal. Anggap saja mereka adalah saudara kamu. Intinya, mulai dari diri sendiri ya.

Malas Bertanya

Meskipun dalam open trip, semua hal berbau transportasi hingga penginapan sudah diatur oleh sang penyedia, nggak ada salahnya bertanya.

Kamu punya hak buat menayakan semua hal yang berhubungan dengan kepentingan kamu. Misalnya, soal makan malam dan pagi atau soal jadwal keberangkatan dari tempat satu ke tempat lainnya. Jangan malas bertanya, deh.

Lalai Urus Visa (Khusus Luar Negeri)

Foto: latintravelguide

Khusus buat kamu yang ingin open trip di luar ASEAN, kamu wajib banget mengurus visa. Biasanya, sang agen perjalanan menawarkan jasa pengurusan visa.

Akan tetapi, jika nggak tembus, dana buat urus visa nggak dapat dikembalikan. Jadi, lebih baik urus sendiri deh ke kedutaan negara yang dituju. Intinya, booking dulu slot open trip baru urus visa.

Lupa Jaga Kesehatan

Foto: healthytravelblog

Ini penting sih! Semewah-mewah apapun tujuan wisata, kalau tubuh kamu nggak sehat, ya nggak bisa berangkat juga.

Biasakan kamu berolahraga di pagi hari minimal seminggu sebelum keberangkatan. Jangan lupa makan-makanan yang sehat serta sering konsumsi vitamin maupun buah-buahan. Ingat, open trip hadir buat memudahkan kamu traveling, lho! Jadi, jangan bikin diri kamu susah saat berlibur.

Foto utama: skyscnr

Sudah tahu mau jalan kemana? yuk rencanakan liburan kamu selanjutnya. Tenang buat akomodasi, kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 433 times, 1 visits today)

Comments

To Top