Destinasi

8 Gunung Dekat Jakarta untuk Liburan Long Weekend

Long weekend sudah tiba. Buat travelers yang tinggal di Jakarta, liburan panjang seperti ini kayaknya cocok banget dimanfaatkan buat travelling ke pegunungan, deh!

Ada banyak pilihan wisata gunung yang kamu dapat singgahi saat long weekend ini. Apalagi, ada beberapa lokasi cocok banget buat kamu yang merasa bosan bolak-balik Jakarta-Puncak pas weekend tiba buat refreshing.

Nggak cuma menawarkan pemandangan alam yang indah, lokasi wisata gunung di bawah ini juga banyak menyimpan bonusnya. Seperti goa langka hingga hamparan luas danau yang nggak kamu temui di Jakarta.

Daripada penasaran, Pegipegi punya daftar delapan gunung sekitar Jakarta yang bisa kamu singgahi saat long weekend ini. Siapa tahu kan kangen mendaki gunung!

1. Gunung Salak

Foto: piknikdong

Salah satu gunung paling terkenal di Jawa Barat ini punya trek daki yang cukup ektrim. Medan yang curam dan terjal serta berlumut jadi tantangan tersendiri. Tapi, soal keindahan, Gunung Salak menawarkan hamparan hutan tropis yang sejuk. Kamu nggak perlu ambil cuti karena bisa mendaki Gunung Salak saat long weekend, deh!

2. Gunung Pancar

foto: simalesmandi

Gunung yang satu ini dikenal dengan hamparan hutan pinus yang menajubkan. Nggak jarang, para musisi ibukota sering mampir ke sini untuk bikin video klip atau sekedar ambil foto profile proyek mereka. Jalur pendakiannya terbilang mudah, hanya tiga hingga empat jam dengan medan santai. Bonusnya? Kamu bisa menyaksikan sunrise emas di pagi hari di ketinggian.

Gunung Munara

Foto: tripsantai

Dengan ketinggian 1119 Mdpl, Gunung Munara menyimpan banyak sekali spot menarik buat dikulik. Selain puncaknya yang menawarkan pemandangan indah, kamu juga bisa mampir ke beberapa goa di sana. Salah satunya adalah Goa Soekarno. Kenapa namanya Soekarno? Konon, di bawah gunung inilah, tokoh proklamasi Indonesia tersebut bersemedi! Belum puas? Kamu bisa foto-foto di beberapa batuan yang menghadap langsung ke hamparan hutan tropis.

Gunung Batu

Foto: ardiusrudi

Jangan pernah meremehkan Jonggol, Bogor, deh! Di sanalah, kita bisa merasakan sensasi travelling ke Selandia Baru, lho. Hanya butuh satu jam pendakian, kamu bisa menikmati hamparan alam hijau dengan sisipan aliran sungai di tengah. Ya, mirip setting film Hobbit lah! Soal akses, kamu cuma cukup naik angkot sekali dari Depok. Mudah, bukan?

Gunung Gede Pangrango

Foto: wisatacibodas

Buat yang hobi mendaki gunung yang super niat, Gede Pangrango adalah jawabannya. Dikenal dengan kekayaan alam, termasuk flora dan fauna langkanya, Gunung Gede dan Pangrango yang membentang dua Kabupaten, Cianjur dan Sukabumi menyajikan pemandangan hijau yang luar biasa. Kamu juga bisa mampir ke salah satu lembah terkenalnya, Lembah Suryakencana dan Lembah Mandalawangi di mana Tanaman Edelweis tumbuh. Biar nggak terlalu jauh, kamu bisa mendaki melalui Cibodas ke kedua puncak gunung tersebut.

Gunung Kapur

Foto: hellobogor

Letaknya yang di Desa Cibadak, Cimpea, Bogor membuat perjalanan kamu ke sana dari Jakarta cukup singkat, hanya dua jam. Tapi, kalau ditanya soal pemandangan, Gunung Kapur nggak bisa dianggap remeh. Terdiri dari bebatuan kapur yang tersusun akibat siklus alam, kamu bisa menikmati sejuknya udara bogor di sore hari sambil memandang ke arah kota Bogor. Kalau belum puas, kamu bisa eksplor sebuah goa yang cukup keren, Goa AC yang bisa kamu tempuh hanya 30 menit dari puncak. Seru deh!

Gunung Sanggabuana

Foto: maulana-to-sanggabuana

Terdapat di perbatasan empat kabupaten, Bogor, Purwakarta, Cianjur dan Karawang, belum banyak yang tahu soal keberadaan Gunung Sanggabuana, terlebih posisinya yang diapit beberapa bukit dan juga gunung. Tapi kalau sudah datang ke sana, dijamin nggak mau pulang. Di sanalah terdapat Curug Cigeuntis yang menawarkan sensasi air dingin di Karawang. Dengan ketinggian 1292 Mdpl, Gunung Sanggabuana juga menyajikan hamparan hutan tropis yang cocok buat kamu bersantai.

Gunung Lembu

Foto: katalogwisata

Mau menikmati udara sejuk dengan pemandangan Waduk Jatiluhur? Datanglah ke Gunung Lembu, di Kecamatan Sukatani, Purwakarta. Hanya tiga jam dari Jakarta, kamu bisa merasakan sensasi berada di atas ketinggian 1.000 mdpl menghadap waduk buatan tersebut. Soal treknya sendiri memang cukup sulit, di mana dominasi tanah merah dan deretan pohon bambu tersaji sepanjang pendakian. Tapi, worth a try kok bila kamu mempersiapkan fisik dengan baik sebelum mendaki Gunung Lembu.

Kamu yang berniat berakhir pekan di gunung-gunung ini? Kamu tinggal pesan tiket kereta api atau pesan tiket pesawat murah ke Jakarta lewat pegipegi. Kamu juga bisa cari hotel-hotel murah di Jakarta lewat pegipegi.

cari hotel murah di jakarta pesan tiket pesawat murah ke jakarta pesan tiket kereta api murah ke jakarta

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 1,090 times, 5 visits today)

Comments

To Top