Berita

8 Fenomena Unik Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Setelah sebulan penuh berpuasa, Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran jadi yang paling dinanti-nanti. Di hari ini, seluruh umat Muslim berkumpul bersama keluarga untuk silaturahmi dan saling bermaaf-maafan. Nggak ketinggalan berbagai hidangan wajib khas Lebaran menemani waktu berkumpul.

Nah, menjelang Lebaran ada beberapa fenomena yang hanya terjadi di momen ini. Munculnya fenomena di bawah ini, membuat banyak orang makin nggak sabar buat menyambut Lebaran. Ada apa saja ya? Yuk, baca di bawah ini!

1. MENINGKATNYA PENJUAL KETUPAT

Ketupat jadi salah satu makanan yang nggak boleh ketinggalan saat Lebaran. Sekitar satu minggu sebelum Lebaran, kamu sudah bisa melihat banyak penjual ketupat di sepanjang jalan. Ada yang menjual kulit ketupatnya saja, ada juga yang sudah matang. Nggak sedikit juga ada penjual ketupat ‘dadakan’ yang memanfaatkan momen Lebaran untuk mendapatkan keuntungan.

Biasanya, penjual ketupat paling banyak terlihat di sekitar kawasan pasar tradisional. Beberapa restoran atau tempat makan juga menyediakan pesanan ketupat beserta lauknya untuk kamu yang nggak sempat masak sendiri di rumah.

2. BELANJA BAJU BARU

Foto: Shutterstock

Membeli baju baru juga jadi kebiasaan masyarakat sebagai salah satu cara menyambut Lebaran. Baju baru menjadi simbol menjadi kembali suci pada hari raya. Berbagai promo menarik seperti diskon besar-besaran biasanya hadir di berbagai pusat perbelanjaan. Karena itulah kemacetan juga sering terjadi di sekitar pusat perbelanjaan saat menjelang Lebaran.

3. MENDAPATKAN THR

Yup, THR (Tunjangan Hari Raya) jadi salah satu hal yang paling dinanti-nanti oleh masyarakat yang merayakan Lebaran. Banyak perusahaan juga memberikan THR untuk para karyawannya yang merayakan Lebaran. Mendapat uang ekstra dianggap sebagai rezeki yang digunakan untuk kembali berbagi ke sesama. Ada juga yang memanfaatkannya untuk ongkos mudik, berbelanja, dan lainnya.

4. PENGIRIMAN PARSEL

Foto: Wikimedia

Menjelang Lebaran, banyak orang juga saling mengirimkan parsel. Baik untuk sanak saudara, klien, bahkan sesama teman nggak pernah absen mengirimkan parsel tiap tahunnya. Biasanya parsel berisi makanan, sembako, dan peralatan rumah tangga. Kalau punya bujet berlebih, kamu juga bisa mengirimkan parsel berisi barang elektronik. Berbagai supermarket besar biasanya juga sudah memajang aneka parsel di dekat pintu masuk.

5. KUE KERING

Kue kering juga nggak pernah absen sebagai penganan yang wajib ada saat Lebaran. Aneka kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju, adalah beberapa yang sering ditemui menjelang Lebaran. Kue kering juga bisa dijadikan parsel atau menjadi persediaan di rumah untuk menjamu tamu yang bersilaturahmi. Produsen kue kering pastinya menerima banyak pesanan menjelang Lebaran.

6. MENUKAR UANG

Banyak orang yang menawarkan penukaran uang di pinggir jalan. Pemandangan ini hanya dapat kamu lihat menjelang Lebaran. Pecahan yang ditawarkan beragam, mulai dari Rp20.000 hingga Rp2.000. Agar lebih aman, kamu bisa menukarkan uang kecil melalui bank. Khawatir uang yang kamu dapatkan dari pinggir jalan ada yang palsu. Jadi, sebaiknya kamu tetap waspada, ya!

7. MUDIK

Foto: Antara Foto

Para perantau saat ini sudah ada yang melakukan perjalanan mudik. Momen Lebaran menjadi saat yang paling tepat untuk berkumpul kembali bersama keluarga. Bagi yang mengadu nasib di ibu kota, pastinya mudik jadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Arus mudik juga memberi dampak pada penjualan tiket transportasi yang biasanya membuat harga melambung. Saat banyak yang mudik, ibu kota menjadi lebih lengang dan sangat terasa banyaknya pendatang yang beraktivitas di Jakarta.

8. TAKBIRAN

Setelah hari terakhir puasa selesai, kumandang takbiran akan mulai terdengar. Diiringi dengan pukulan beduk, suasana ini menandakan Lebaran sudah sangat dekat. Di berbagai tempat, ada juga yang melakukan pawai takbiran sambil membawa obor, kembang api, dan iringan beduk.

Wah, jadi nggak sabar mau cepat-cepat lebaran ya? Manfaatkan juga waktu libur lebaran kamu buat jalan-jalan. Yuk, pesan tiket pesawat, cari hotel murah, dan pesan tiket kereta api lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah cari hotel murah  pesan tiket kereta api

Foto utama: Flickr

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top