Berita

8 Fakta Unik Soal Komodo, The Real Dragon!

Saat pertama kali ditemukan pada tahun 1910-an di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), hewan ini diberi nama Naga. Itulah sebabnya hewan yang menjadi keajaiban dunia ini diberi sebutan ‘The Real Dragon’. Meskipun terlihat menyeramkan, namun banyak wisatawan yang rela datang jauh-jauh ke Pulau Komodo demi melihat wujudnya. Kali ini, Pegipegi pengin mengajak travelers untuk berkenalan dengan binatang yang satu ini. Berikut fakta unik komodo yang harus kamu tahu!

1. Berasal dari Australia

Meskipun cuma ditemukan di Pulau Komodo, namun sebenarnya komodo berasal dari Australia. Hal tersebut dibuktikan oleh sekelompok peneliti yang menemukan fosil-fosil komodo berumur 300 ribu hingga 4 juta tahun lalu di bagian timur Australia. Kemungkinan besar, para komodo menyebar dan mencapai Pulau Flores sekitar 900 ribu tahun lalu. Sedangkan hilangnya komodo dari Australia terjadi sekitar 50 ribu tahun lalu.

2. Bisa makan cuma sebulan sekali

Ternyata komodo bisa bertahan hidup meskipun cuma makan sebulan sekali. Sekali makan, mereka mampu menelan mangsa yang mencapai 80 persen dari berat badannya, contohnya kambing atau kerbau. Setelah makan, komodo akan berjemur di bawah matahari untuk mempercepat metabolismenya yang lambat. Ketika selesai mencerna, ia akan memuntahkan bagian tubuh binatang yang tidak termakan, seperti rambut, tanduk, gigi, dan lain-lain.

3. Lebih sering memakan bangkai

Meskipun predator dan bisa berburu, namun komodo lebih sering memakan bangkai. Komodo bisa mendeteksi bau bangkai hingga jarak 10 km dan sering menggali kuburan mayat yang baru dikubur. Sehingga, masyarakat setempat pun memindahkan kuburan keluarga dari tanah berpasir menjadi tanah liat yang ditumpuki batu.

4. Tidak segan memangsa komodo kecil

Saat tidak ada bangkai atau binatang lain untuk dijadikan mangsa, komodo besar tidak segan-segan untuk memangsa komodo kecil. Untuk bertahan hidup, komodo kecil sering memanjat pohon atau bergulung-gulung dalam feses.

5. Bisa bereproduksi tanpa seks

Untuk komodo betina yang lingkungannya tidak ada komodo jantan, mereka bisa bereproduksi secara aseksual melalui proses partenogenesis. Komodo betina akan menghasilkan telur yang dibuahi oleh diri sendiri.

6. Suka bermain

Meskipun ganas, namun komodo dikenal sebagai binatang yang suka bermain. Komodo suka berinteraksi dengan sekelilingnya tanpa motivasi untuk makan atau menyerang. Kadang-kadang mereka suka iseng dengan mengambil barang orang dari kantung atau menarik tali sepatu.

7. Gerakannya gesit

Komodo dikenal sebagai reptil terbesar di dunia dengan berat sekitar 70 kg (komodo di alam bebas), sedangkan di penangkaran, berat komodo bisa mencapai 166 kg. Meskipun badannya sangat berat, namun gerakannya tidak lamban. Saat mengejar mangsa, ia bisa berlari dengan kecepatan 20 km per jam. Angka itu cuma 4 km lebih lambat dari kecepatan rata-rata lari manusia.

8. Air liurnya tidak berbahaya

Meskipun sering makan bangkai, namun air liur komodo dipastikan tidak mengandung racun. Hal ini sudah diteliti selama 10 tahun lamanya.

Pengin liburan ke Pulau Komodo? Yuk, langsung aja pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Flores lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke flores  cari hotel murah di flores

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 502 times, 1 visits today)

Comments

To Top