Kuliner

8 Fakta Unik dan Menarik Seputar Nutella

Penikmat kuliner roti, pasti sudah nggak asing dengan Nutella. Kehadiran selai coklat dengan hazelnut di dalam olahannya selalu ditunggu kala menikmati sarapan pagi.

Nggak cuma itu, rasa manis yang khas dan tekstur pekatnya turut dipakai banyak kedai martabak manis lewat sajian martabak Nutella-nya. Ya, walaupun harganya cukup mahal dibanding selain coklat pada umumnya, Nutella nggak pernah kehilangan fans.

Tapi, tahukah kamu kalau Nutella memiliki hari rayanya sendiri lho yang jatuh setiap tanggal 20 April? Atau kamu pasti belum tahu kalau di Italia ada tradisi oles Nutella gratis?

Well, Pegipegi sudah mengumpulkan 8 fakta unik dan menarik seputar selai coklat favorit kamu ini. Mari, disimak!

1. Asli Italia

Foto: italyexplained

Dari namanya, sudah bisa ditebak kalau Nutella berasal dari Italia. Dengan 70 persen pasta hazelnut di dalamnya, Nutella ditemukan pertama kali di kota Turin pada tahun 1800 dengan nama Gianduja. Gianduja sendiri merupakan karakter komedi Italia yang dikenal dengan senyumannya saat mengendarai keledai.

Turin sendiri dikenal merupakan penghasil hazelnut terbesar di area Mediterania. Jadi, nggak sulit buat selai yang satu ini untuk tumbuh dan berkembang hingga saat ini.

2. Gara-Gara Coklat Mahal

Foto: katsfm

Penguasa Perancis era 1800-an, Napoelon Bonaparte sempat membekukan aktivitas jual beli rakyat Inggris untuk merebut tahta kekuasaan di Eropa. Namun, aksinya tersebut justru menghambat distribusi coklat di Eropa, termasuk Perancis dan Italia.

Lantaran harga coklat mahal, para produsen kue di Italia pun coba menggunakan hazelnut sebagai penggantinya yang kemudian dikenal dengan pasta Gianduia. Nggak heran sih, kalau dalam Nutella, coklatnya hanya berkisar 30 persen dari keseluruhan adonan.

3. Kaya Akan Gula

Foto: redd

Kalau ada yang bilang Nutella itu bikin gemuk, ada benarnya! Meskipun 70 persennya berupa adonan hazelnut, gula memainkan peran penting dalam mempertajam rasa dari Nutella.

Lantaran hanya memiliki 30 persen coklat, sang produsen memasukkan 21 gram gula ke dalam Nutella. Jadi, dibilang bernutrisi, nggak juga karena kamu hanya mendapatkan gula di atas selai yang satu ini.

4. Pecahkan Rekor Dunia

Foto: imgix

Pada tahun 2005 lalu, Guinness World Records mencatatkan sebuah sejarah penting. Di ulang tahun ke-40 Nutella, rakyat Jerman menggelar acara Largest Continental Breakfast!

Digelar di kota Gelsenkirchen, acara ini diikuti total 27,854 orang dari seluruh penjuru Jerman untuk sarapan Nutella. Menunya pun macam-macam, ada pastry hingga roti bakar dengan saus Nutella di atasnya.

5. Jual Cepat

Foto: 961

Ada sebuah catatan menarik soal penjualan Nutella. Di mana, setiap 2,5 detik, ada satu toples Nutella terjual di seluruh dunia!

Jika dibandingkan dengan angka kelahiran manusia, Nutella jauh lebih cepat, lho. Maklum, manusia lahir hanya setiap delapan detik sekali. Nggak heran, banyak yang suka Nutella.

6. 1000 Lapangan Bola

Foto: travelblog

Fakta mencengangkan lainnya adalah soal total penjualan. Dalam setahun, 160 negara di dunia ini mengonsumsi sekitar 365 ribu galon Nutella dengan total penjualan 11 juta toples.

Makin ekstrim di mana, Nutella mampu meningkatkan penjualan di Inggris sebesar 22 persen per tahun pada 2014 lalu. Nah, jika dikumpulkan dalam setahun, kamu butuh 1000 lapangan bola untuk menjejerkannya.

7. Timbul Aksi Kejahatan

Foto: slate

Nutella memang hanyalah selai penambah nikmat kamu makan roti. Tapi, sensasinya bisa bikin angka kejahatan meningkat. Nggak percaya?

Pada 2013 lalu, sekelompok orang mencuri sekitar 5,5 ton Nutella dari truk yang tengah terparkir. Total kerugian sang pemilik pun mencapai USD 20 ribu!

8. Oles Gratis

Foto: eataly

Di negara asalnya, Nutella sangatlah terkenal. Saking terkenalnya, orang nggak mau sarapan roti tanpa Nutella.

Fenomena ini ternyata jadi senjata marketing buat Nutella sendiri. Beberapa toko roti di Italia menawarkan oles Nutella gratis kepada setiap anak kecil yang datang dengan sepotong roti di tangannya.

Sayangnya, tradisi tersebut hanya terjadi di Italia. Bagaimana dengan Indonesia?

Foto utama: theurbanlist

Mau berburu Nutella? Mending sekalian liburan! Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 129 times, 1 visits today)

Comments

To Top