Berita

8 Fakta Seru Ahok dan Anies Baswedan yang Kudu Kamu Tahu

Tanpa terasa, Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) 2017 putaran kedua DKI Jakarta akan berlangsung pada 19 April 2017. Di putaran kedua, kamu harus memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta favorit kamu, yaitu antara pasangan calon nomor dua, Ahok-Jarot atau pasangan calon nomor tiga, Anies-Sandi. Menjelang Pilkada 2017 putaran kedua, Pegipegi pengin berbagi delapan fakta seru soal Ahok dan Anies Baswedan. Simak baik-baik, ya!

8 Fakta seru Ahok:

1. Rumah di kampung halamannya dijadikan tempat wisata

Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) memiliki kampung halaman di Manggar, Belitung Timur. Rumah Ahok di sana kini ditinggali oleh ibunya (Buniarti Ningsih) dan adiknya, Basuri Tjahaja Purnama. Kalau kamu berkunjung ke sana dan sedang ada ibu atau adik Ahok, kamu bisa bertamu sekaligus foto bareng dengan mereka. Persis di depan rumah utama ada rumah panggung yang diberi nama Kampoeng Ahok. Jangan lupa foto dan bersantai di dalamnya, ya!

2. Sempat tak sengaja menginjak kaki Veronica

Perjumpaan Ahok dengan istrinya (Veronica Tan) terjadi di gereja. Pernah secara nggak sengaja, Ahok menginjak kaki Veronica di gereja hingga akhirnya mereka berkenalan dan menikah pada 9 September 1997. Ahok mengaku jatuh cinta pada Veronica karena melihat betisnya yang tampak montok. Menurut Ahok, betis montok merupakan tanda pribadi yang tangguh. Ahok semakin jatuh cinta saat melihat Veronica bermain piano.

3. Jago menembak

foto oleh: merdeka.com

Kemampuan Ahok menembak terbukti saat ia menghadiri acara di Kopassus pada 17 Juni 2015. Ahok menggunakan pistol Elita G2 buatan PT Pindad. Pada kesempatan pertama, iaa hanya mampu menyarangkan peluru ke tiga sasaran pelat baja dari total delapan sasaran tembak. Pada kesempatan kedua, ia mampu memperbaiki jumlah sasaran tembaknya menjadi empat dan pada kesempatan ketiga, ia mampu menembakkan peluru pada tujuh sasaran.

4. Sering datang ke pernikahan warga

foto oleh: kompas.com

Ternyata, jika kamu mengundang Ahok untuk datang ke pernikahanmu, kemungkinan besar ia akan datang, terutama saat sedang tidak bertugas. Tak heran di setiap pesta pernikahan yang didatangi Ahok pasti heboh, karena banyak warga yang minta selfie bareng. Bukan hanya datang, tapi Ahok juga menyiapkan angpao yang cukup besar, yaitu Rp 2 juta.

5. Dekat dengan keluarga

foto oleh: detik.com

Meskipun sibuk melayani Jakarta, Ahok tetap meluangkan waktu bersama keluarga di rumah. Setiap kali bangun pagi, ia mengajak keluarganya untuk doa bersama. Ia juga kerap mengajak ketiga anaknya, Nicholas Sean Purnama, Nathania Purnama, dan Daud Albeenner Purnama untuk ngobrol bareng.

6. Penyuka pisang dan durian

Ahok sudah menyukai buah durian sejak kecil. Tak jarang, di akhir pekan ia suka membeli buah durian untuk dimakan bersama keluarga di rumah. Ahok juga menyukai buah pisang. Di meja kerjanya selalu tersedia buah pisang. Kalau ingin menjamu Ahok, tak perlu repot-repot menyediakan buah mahal. Cukup sediakan pisang aja.

7. Jago standup comedy

Di balik sosoknya yang tegas dan galak, ternyata Ahok juga memiliki sisi kocak. Soalnya, ia kerap melakukan standup comedy atau komedi monolog di beberapa acara. Ahok pernah bercanda seperti ini, “Pak Jokowi jadi gubernur blusukan gampang, kalau saya sih pikir-pikir. Pak Jokowi enak kulitnya sudah item, saya kan masih putih,” canda Ahok, yang kemudian disambut dengan tawa.

8. Suka anak kecil

foto oleh: Tribunnews.com

Bukan hanya kocak, tapi Ahok juga suka dengan anak kecil. Hal itu kerap terlihat saat ia melayani warga. Ahok sempat blusukan ke  Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan dan bertemu dengan anak kecil bernama David. Ahok terlihat gemas dengan David lalu menggendongnya.

“Gendut amat kamu, Vid. Ikut saya pulang mau nggak? Kamu jadi jubir bapak aja, ya. Kalau bapak salah ngomong, kamu yang gantiin bapak ngomong,” kata Ahok ke David.

8 Fakta seru Anies Baswedan:

1. Pernah jadi rektor termuda

foto oleh: Dok. YouTube

Pada tahun 2007, Anies Baswedan pernah diangkat menjadi Rektor di Universitas Paramadina. Ketika itu, usia Anies baru 38 tahun, sehingga ia dinobatkan sebagai rektor termuda.

2. Penyuka nasi lengko

Anies pernah memposting soal makanan kesukaannya di Instagram, yaitu Nasi Lengko khas Cirebon. Kalau pulang ke Kuningan, Jawa Baret, pasti ia selalu mampir ke Cirebon dan makan Nasi Lengko. Orangtuanya yang memperkenalkan Nasi Lengko kepada Anies. Kemudian, Anies pun memperkenalkan Nasi Lengko ke anak-anaknya.

3. Punya hobi memelihara burung

Ketika menjabat sebagai Menteri Pendidikan beberapa waktu lalu, Anies mengaku tidak sempat memelihara burung. Tadinya, ia punya banyak jenis burung, seperti cucakrowo, beo, nuri, lovebird, hingga perkutut. Namun, burung-burung tersebut diberikan ke orang lain agar bisa dipelihara dengan baik. Setelah sudah tidak jadi menteri lagi, Anies pun kembali memiliki keinginan untuk memelihara burung.

4. Suka mengajak anak bermain

Sosok bapak yang peduli akan pendidikan terlihat jelas saat Anies mengayomi keluarganya. Anies kerap menghabiskan waktu di rumah bersama empat anaknya, Kaisar Hakam, Ismail Hakim, Mikail Azizi, dan Mutiara Annisa. Bukan hanya itu, tapi Anies juga suka mengantar anaknya ke sekolah, main bulu tangkis bersama, mendukung anaknya bermain futsal, menemani anaknya nonton pertunjukan wayang, dan lain-lain. Family man banget deh, pokoknya!

5. Pernah ikutan tren “Om Telolet Om”

Tahu kan tren “Om Telolet Om” yang sempat ngetren? Nah, Anies pernah melakukan kampanye bersama rekannya, Sandiaga Uno dengan melakukan tren tersebut. Coba lihat deh, videonya kocak juga, lho!

6. Suka dengan film yang mendidik

Bicara soal film Indonesia, ada tiga film Indonesia yang menjadi favorit Anies. Yaitu, film Mencari Hilal, Pendekar Tongkat Emas, dan Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Menurut Anies, ketiga film tersebut mendidik, menghibur, menambah wawasan, juga menginspirasi.

7. Jadi ketua OSIS seluruh Indonesia saat SMA

Anies menghabiskan masa pendidikannya di Yogyakarta dari SD hingga kuliah. Saat bersekolah di SMAN 2 Yogyakarta, ia terpilih sebagai ketua OSIS seluruh Indonesia. Anies menghabiskan pendidikan di SMA selama empat tahun, bukan karena tidak naik kelas, tapi karena ia terpilih mengikuti program pertukaran pelajar selama setahun di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat.

8. Masuk jajaran 20 tokoh pembawa perubahan dunia

Dua tahun berselang setelah mendapat penghargaan 100 Intelektual Publik Dunia, pada April 2010, Anies Baswedan terpilih sebagai satu dari 20 tokoh yang membawa perubahan dunia untuk 20 tahun mendatang versi majalah Foresight yang terbit di Jepang. Dalam daftar tersebut Anies Baswedan disejajarkan dengan Vladimir Putin (Perdana Menteri Rusia), Hugo Chavez (Mantan Presiden Venezuela), hingga David Miliband (Menteri Luar Negeri Inggris).

Di masa tenang seperti ini, lebih baik kita melihat fakta seru kedua pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, yuk! Ketika hari-H nanti, jangan lupa memilih paslon favorit kamu yang sesuai dengan hati nurani, ya! Selamat memilih, travelers!

Dan jangan lupa rencanakan liburanmu selanjutnya, dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: kabarin.co

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 283 times, 1 visits today)

Comments

To Top