Destinasi

8 Fakta Menarik Seputar Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali

Pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana akhirnya rampung! Ikon anyar pulau Dewata, Bali ini pun diluncurkan secara resmi oleh sang seniman, I Nyoman Nuarta, awal Agustus 2018.

Kepastian ini didapat usai modul terakhir patung tersebut dipasang. Dengan hasil ini, penantian Nyoman selama 28 tahun pun resmi berakhir.

Menariknya, pembangunan patung ini sama sekali nggak melibatkan pihak asing. Artinya, Patung Garuda Wisnu Kencana adalah 100 persen karya anak bangsa.

Ada banyak fakta menarik yang patut kamu ketahui tentang patung Garuda Wisnu Kencana ini. Nah, Pegipegi sudah menyiapkan rangkaiannya. Yuk, simak di bawah ini.

1. Terhambat Krismon

Inisiasi pembangunan patung GWK sudah ada sejak akhir 80-an. Kala itu, I Nyoman Nuarta dan Menteri Pariwisata, Joop Ave menjadi pengagasnya. Dengan menggunakan lahan 67 hektar, proyek ini baru mendapat persetujuan dari Presiden Soeharto pada 1993. Peletakan batunya pun hadir empat tahun kemudian di Bukit Ungasan, Jimbaran sebelum terhenti karena krisis moneter.

2. Tembaga 3.000 ton

Dalam penggarapannya, I Nyoman Nuarta menggunakan tembaga dan kuningan dengan total berat 3.000 ton. Materialnya pun diimpor dari berbagai negara di Eropa, Jepang hingga Amerika Latin.

3. 300 Truk

Untuk membangun patung GWK, Nyoman Nuarta harus terlebih dahulu menyusun modulnya di studio seni miliknya di Bandung. Nah, jika sudah selesai, modul tersebut diantar ke Bali dengan menggunakan truk. Total ada 754 modul sukses dipasang dengan apik. Jika dihitung, kepingan patung GWK jumlahnya mencapai 300 truk, lho!

4. Keamanan Nomor Satu

I Nyoman Nuarta mengerahkan total 120 seniman dalam usaha pembangunan patung GWK. Yang menarik, meski harus memakan waktu 28 tahun, termasuk empat tahun pengerjaan aktifnya, nggak ada kecelakaan sama sekali selama pembangunannya. “Zero accident, literally zero accident” ujar Nyoman yang dilansir oleh Kompas.com.

5. Lebih Tinggi dari Patung Liberty

Selain menjadi ikon Bali, patung GWK pun mengukir rekor tersendiri. Dengan ketinggian 121 meter, GWK mengalahkan tinggi patung Liberty di Amerika Serikat yang memiliki tinggi 93 meter.

6. Hadiah untuk Indonesia

Sejak awal, Nyoman Nuarta punya komitmen yang sangat mulia. Ia bekerja keras mengejar deadline pembangunan agar dapat memberikan kado kemerdekaan Indonesia yang ke-73. Nyoman Nuarta pun menargetkan agar GWK dapat diluncurkan secara resmi pada hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2018.

7. Tahan Angin Kencang

Dengan ketinggian mencapai 121 meter, patung GWK diakui mampu menahan angin kencang. Bahkan, Nyoman Nuarta memprediksi patung ini hanya akan hancur jika diterjang angin dengan kecepatan 250 knot. Sebagai bayangan, rata-rata angin yang berhembus di kawasan tersebut hanya berkisar 10-13 knot saja.

8. Rp 1,3 triliun

Untuk membangun patung semegah ini, Nyoman Nuarta menggandeng PT Alam Sutera Realty Tbk sebagai investor. Total dana mencapai Rp1,3 triliun digelontorkan untuk menyelesaikan patung ini. Dana tersebut kebanyakan digunakan untuk mengumpulkan berbagai material penting.

Pengin melihat langsung patung GWK? Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Bali lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bali cari hotel murah di bali

Foto: Instagram I Nyoman Nuarta

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top