Destinasi

8 Destinasi Wisata di Kota Kudus yang Seru Banget

Berada di utara Provinsi Jawa Tengah, kota Kudus dikenal sebagai kota singgah para pemudik jelang hari raya. Dengan julukan Kota Kretek, Kudus menawarkan ragam destinasi wisata yang unik, lho.

Mulai dari ragam air terjun sejuk, spot-spot religi hingga bumi perkemahan seru bisa ditemukan di kota yang satu ini. Jangan, lupa untuk berburu sajian kuliner yang lezat, salah satunya soto Kudus.

Pabrik rokok Kretek yang legendaris pun bisa kamu kunjungi di Kudus. Kamu dapat melihat proses pembuatan rokok yang sudah ada sejak 1955 ini.

Nah, sebagai referensi kamu berlibur, Pegipegi punya 8 rekomendasi wisata seru di kota Kudus. Siapa tahu, kamu ada rencana mampir pada bulan liburan selanjutnya.

Puncak 29 Kudus

Untuk berkunjung ke sini, kamu harus menyiapkan fisik yang fit. Dikarenakan, Puncak 29 Kudus memiliki ketinggian hingga 1602 meter dari permukaan laut, memaksa kamu menghela nafas panjang. Namun, sesampainya di atas, kamu bakal disajikan panorama negeri awan yang cantik khas Gunung Muria.

Menara Pisang

Berada di kawasan wisata Taman Sardi, Menara Pisang termasuk destinasi yang baru. Dengan tinggi 20 meter, Menara Pisang dapat menjadi latar belakang foto kamu yang unik, lho. Dari tempat kamu berpijak, nikmati pemandangan hijau khas hutan tropis nan sejuk, lho. Lumayan, untuk melepas penat sejenak karena perjalanan jauh.

Masjid Menara Kudus

Yang ingin melakukan perjalanan ziarah di Kudus, jangan lupa mampir ke Masjid Menara Kudus. Di sini, kamu bisa menemukan makam Sunan Kudus yang sangat sakral. Memadukan konsep budaya Islam dengan budaya Hindu-Buddhis, Masjid Menara Kudus memiliki teknik konstruksi yang unik dan berbeda dengan kebanyakan masjid lainnya.

Goa Jepang Colo

Liburan kamu makin seru jika berkunjung ke Goa Jepang Colo. Di sini, puluhan tahun yang lalu pejuang kemerdekaan Indonesia ditawan dan disiksa oleh tentara Jepang. Meski berkesan mistis, Goa Jepang adalah arena yang pas buat kamu memacu adrenalin. Ruang yang sempit bakal memaksa kamu bertarung dengan rasa takut.

Desa Wisata Wonosoco Kudus

Dengan bujet Rp 3.000, kamu sudah bisa dapat berbagai macam spot keren di Desa Wisata Wonosoco. Namun, yang paling hits adalah pesona hutan jatinya. Di sini, kamu dapat puas berfoto dengan latar hutan jati dengan pencahayaan cantik.  Selain itu, kamu juga bisa mampir ke Pegunungan Kendeng, Sendang Sewot hingga Persawahan Kacang.

Air Terjun Pengantin

Main ke Kudus belum lengkap kalau nggak berburu air terjunnya. Salah satu yang paling hits di Kudus adalah Air Terjun Pengantin. Dua jeram yang berbeda mengapit batu besar di tengahnya, menciptakan efek romantis buat kamu yang datang bersama pasangan. Suasana yang sangat asri ditambah dengan atmosfer sejuk membuat Air Terjun Pengantin sebagai destinasi yang nggak boleh dilewatkan.

Waterboom Mulia Kudus

Panas-panas enaknya main air. Nah, Kudus punya spot yang pas buat kamu mandi air, Waterboom Mulia Kudus. Layaknya waterboom pada umumnya, berbagai wahana ditawarkan oleh Waterboom Mulia Kudus. Mulai dari kolam arus hingga papan seluncur yang menantang. Di sini, kamu juga bisa berkeliling dengan ATV bersama keluarga.

Gerbang Kudus Kretek

Sebelum melanjutkan perjalanan, ada baiknya menikmati malam yang indah di Gerbang Kudus Kretek. Dibangun persisi di sebelah jembatan Tanggul Angin, Gerbang Kudus Kretek memiliki diorama dan pencahayaan yang keren. Jika dipandang secara seksama, Gerbang Kudus Kretek merupakan bentuk dari daun tembakau, melambangkan Kudus sebagai Kota Kretek.

Untuk yang berada di luar Kudus, jangan lupa untuk sekalian pesan tiket kereta api murah ke Kudus  dan cari hotel murahnya lewat Pegipegi, ya. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Kudus  pesan tiket kereta api murah ke Kudus  cari hotel murah lain di Kudus

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top