Tips

8 Cara Ampuh Menghindari Depresi Karena Pekerjaan

Tepat pada 10 Oktober, dunia merayakan hari kesehatan jiwa. Tema Mental Health in Workplace diangkat untuk menyadarkan kita semua akan pentingnya kesehatan jiwa para pekerja.

Menurut catatan Badan Kesehatan Dunia atau WHO, sekitar 300 juta orang di dunia menderita depresi. 260 juta di antara mengalami rasa cemas yang berlebihan sehigga mengganggu stabilitas keseharian.

Tuntutan pekerjaan jadi faktor utama dari fenomena depresi ini. Gangguan mental hingga percobaan bunuh diri pun jadi konsekuensi akhir yang sering terjadi belakang ini, termasuk para kalangan pekerja di dunia kreatif.

Tapi tenang, ada banyak cara untuk mengikis depresi dari rutinitas pekerjaan kamu di kantor. Bagaimana? Pegipegi punya 8 jurus ampuh yang wajib kamu ketahui. Simak yuk!

1. Work As Paid

Foto: huffingtonpost

Kerja dari jam 09.00 sampai 05.00 nggak cuma bikin lelah fisik, tetapi juga pikiran. Apalagi kalau sudah ngomongin deadline, pikiran makin terasa terbebani. Nah, untuk keluar dari depresi akibat pekerjaan, anggap semua hal berbau kerjaan buka sesuatu yang permanen. Dari situ, kamu akan mulai mengerti bagaimana membagi tenaga kamu untuk pekerjaan dan istirahat. Intinya, kerja sesuai kewajiban saja!

2. Hindari Makan Siang Berat

Makan siang adalah momen yang paling ditunggu para pekerja selain jam pulang. Tapi ingat, jangan makan terlalu berat pada jam-jam penat. Menurut penilitan, makan berat, terutama yang banyak mengandung protein serta lemak hanya akan mempengaruhi mood dan pikiran kamu menjadi negatif. Jadi, sebisa mungkin kamu menghindari banyak makan daging, telur maupun bawang-bawangan demi mencegah stress.

3. Minum Kopi Secara Bijak

Kafein yang terkandung dalam kopi sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja jantung agar kita makin segar saat kerja. Tapi, terlalu banyak kafein justru hanya membuat masalah baru, depresi. Kamu akan merasa gelisah setelah minum terlalu banyak kopi. Jadi, sangat disarankan harus bijak untuk menikmati minuman ini.

4. Teh Hijau Lebih Baik

Foto: well-beingsecrets

Nah, kopi nggak bakal membantu kamu mengurangi rasa stress dalam pikiran. Hal ini justru berkebalikan jika kamu meminum banyak teh hijau hangat di saat-saat krusial. Antioksidan di dalam teh dapat melancarkan oksigen dalam darah sehingga depresi dalam diri berkurang.

5. Dari Dalam Pikiran

Terkadang kita merasa stress kala bos kita marah-marah. Bahkan, kita bakal merasa putus asa karena nggak mampu menyelesaikan pekerjaan yang didaulat. Akibatnya, kita bakal banyak menyalahkan sisi eksternal sebagai penyebabnya. Tapi jangan salah sangka karena rasa stress hanya datang dari pikiran. Ketidakmampuan kamu mengontrol emosi dalam menghadapi tantangan dari luar yang justru patut diwaspadai.

6. Berbagi Pikiran

Kebanyakan orang depresi akibat pekerjaan dikarenakan mereka bekerja sendiri. Well, salah besar sih! Di kantor, kamu pasti memiliki banyak rekan yang siap membantu, setidaknya menyumbang pemikiran untuk menyelesaikan pekerjaan. Jangan gengsi, coba minta tolong kepada rekan sejawat. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangir rasa stress.

7. Banyaklah Tersenyum

Foto: wallpaperscraft

Tersenyumlah selama masih bisa senyum! Penelitian menemukan fakta bawah senyum dapat memancing respon kimiawi dalam tubuh manusia, memancing kita untuk merasa bahagia. Jadi, seringlah tersenyum setiap saat agar pikiran kamu memiliki distraksi yang positif.

8. Ambil Cuti Liburan

Penat karena pekerjaan nggak bakal hilang kalau kamu nggak sepenuhnya pergi dari rutinitas. Kalau sudah begini, saatya buat kamu liburan, deh! Pilih tempat wisata yang memiliki keindahan alam serta cuaca sejuk seperti gunung atau kawasan perbukitan untuk melepas stress. Lepas pandangan kamu ke arah pepohonan yang hijau sambil mendengarkan musik post rock yang menghanyutkan hati.

Foto: huffpost

Stress bekerja? Kalau iya, saatnya rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 308 times, 1 visits today)

Comments

To Top