Destinasi

8 Bangunan Tua Bersejarah di Indonesia Ini Katanya Angker!

Pengaruh masa kolonial Belanda ternyata masih sangat terasa di Indonesia. Hadirnya bangunan tua bersejarah nan angker jadi bukti eksistensinya.

Nggak cuma bersejarah, bangunan yang juga menjadi saksi sejarah Kemerdekaan Indonesia menyimpan banyak kisah mistis. Kebanyakan datang dari kesaksian orang yang lekat dengan bangunan tersebut.

Saking angkernya, konon katanya sering muncul penampakan mahluk halus, lho! Nggak heran, selain sejarahnya, banyak orang yang berkunjung ke bangunan-bangunan ini untuk berburu sensasi mistisnya.

Nah, jika kamu tertarik, Pegipegi punya 8 rekomendasi bangunan bersejarah angker Indonesia yang wajib kamu kunjungi! Simak ya.

Lawang Sewu (Semarang)

Foto: seputarsemarang.com

Berlokasi dekat Kantor Gubernur, Lawang Sewu adalah bekas kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Memiliki banyak pintu dan bangunan berusia ratusan tahun tersebut masih kokoh berdiri.

Tapi siapa sangka, di balik kekokohannya, terdapat banyak sekali kisah mistis. Bahkan, sempat tersiar kabar jika kamu masuk ke dalam, mustahil untuk kembali ke luar. Di beberapa bagian seperti sumur tua, pintu utama, lorong-lorong, lokasi penjara berdiri, penjara jongkok, kabarnya sering muncul penampakan mahluk halus mulai dari Gendoruwo hingga Kuntilanak.

Batavia Cafe (Jakarta)

Foto: cafebatavia

Secara resmi, Batavia Cafe diresmikan pada tahun 1993. Tapi, secara fisik, bangunan tersebut sudah ada sejak 1805 di mana dulunya digunakan sebagai kantor administrasi bagi VOC Belanda.

Bentuk bangunan khas Eropa ini memiliki satu kisah mistis yang sering muncul di malam hari. Jika kamu beruntung, kabarnya, kamu bakal bertemu dengan seorang Noni Belanda yang sangat cantik. Nah lho!

Benteng Rotterdam (Makassar)

Foto: dzargon

Jalan-jalan ke Makassar nggak lengkap rasanya kalau nggak mampir ke Benteng Rotterdam. Dibangun oleh warga lokal, Benteng Rotterdam sempat jatuh ke tangan Belanda saat Kerajaan Gowa-Tallo berperang.

Saat zaman itu, sering terjadi pembantaian yang dilakukan oleh Tentara Belanda. Sejak itu, menurut kesaksian orang sekitar, kisah mistis banyak bermunculan. Salah satunya penampakan sosok wanita bergaun putih panjang yang berdiri kaku di depan pintu masuk Benteng Rotterdam

Benteng Vredeburg (Yogyakarta)

Foto: afastar

Benteng Vredeburg adalah bangunan bersejarah tertua dari zaman penjajahan Belanda yang berlokasi di kawasan titik nol kilometer Yogyakarta atau kawasan Malioboro. Temboknya masih berdiri kokoh, padahal struktur bangunannya original, yaitu dengan arsitektur Eropa.

Benteng bersejarah ini sering disebut loji (gedung besar) oleh masyarakat sekitar. Di sana terdapat ‘loji setan’ yang dianggap angker. Dinamakan seperti itu karena banyak orang yang sering mendengar suara rintihan kesakitan atau jeritan minta tolong. Tempat itu diyakini sebagai tempat menyiksa para pejuang ketika zaman penjajahan Belanda.

Istana Maimun (Medan)

Foto: wikiwisata

Terletak di jalan Brigjen Katamso, Sukaraja, Istana Maimun selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Maklum, di sinilah, Kesultanan Deli di bawah arahan Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah menggerakkan roda aktivitasnya pada akhir 1800-an.

Namun, kisah tetang Putri Hijau dan Mambang Khayali yang justru memikat banyak turis. Terdapat sebuah pecahan meriam yang merupakan jelmaan Mambang Khayali. Ia berubah menjadi meriam lantaran berusaha mempertahankan istana dari serbuan musuh. Nah, salah satu bagian dari meriam tersebut disimpan apik di Istana Maimun.

Hotel Majapahit (Surabaya)

Foto: 4always4

Di sinilah, insiden perobekan bendera Belanda terjadi pada 19 September 1945 silam.  Hotel Majapahit juga menjadi saksi sejarah pertumpahan darah arek-arek Suroboyo melawan agresi Belanda.

Nah, beberapa kisah mistis konon sering hadir di hotel ini. Salah satunya terdapat di ruangan Java Room di mana ada penampakan wanita bergaun putih yang sedang duduk sambil menangis tersedu-sedu. Konon, ia merupakan arwah perempuan pribumi yang dibunuh di dalam hotel tersebut pada masa penjajahan kolonial Belanda.

Villa Isola (Bandung)

Foto: bandungtempodulu

Secara arsitektur, Villa Isola di kota Bandung jadi salah satu yang menarik. Mengusung konsep art deco, Villa Isola digunakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Namun, kisah mistis justru sudah hadir sejak dulu kala.

Dibangun pada 1933, Villa Isola dulunya dihuni oleh seorang orang kaya bernama Dominique Willem Berretty. Kesaksian beberapa orang sekitar, sering terjadi penampakan Berretty bersama anaknya, Ann yang berdansa di ruangan tengah. Suara-suara mengerikan katanya sering terdengar dari luar.

Benteng Vastenburg (Solo)

Foto: solopos

Jika Yogyakarta punya Vrendeburg, Solo memiliki Vastenburg. Benteng peninggalan Belanda ini untuk menahan gempuran penguasa Surakarta pada 1745, Benteng Vastenburg berdiri cantik dengan kelengkapan militer seperti parit pertahanan hingga meriam.

Namun, Benteng Vastenburg nggak bisa luput dari kisah mistis warga sekitar. Masih jadi sengketa, Benteng Vastenburg memiliki penjara bawah tanah, tempat penawanan para pejuang Indonesia kala itu. Nggak cuma disekap, tapi juga disiksa.

Tapi, menurut kesaksian, penampakan justru hadir di depan Benteng Vrendeburg. Beberapa tukang becak di sana sering melihat penampakan wanita Belanda berkaki kuda yang berjalan secara perlahan.

Mau berwisata ke beberapa bangunan tersebut? Sekarang saatnya merencanakan liburan. Tenang buat akomodasi, kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 603 times, 11 visits today)

Comments

To Top