Event & Festival

7 Tradisi Unik April Mop di Dunia

April Mop bisa muncul karena dulu terjadi penyesuaian kalender Gregorian di tahun 1950-an, di mana tahun baru yang awalnya dirayakan setiap tanggal 1 April, dimajukan jadi tanggal 1 Januari. Tapi, banyak yang tetap merayakan tahun baru di tanggal 1 April dan mereka dianggap bodoh. Jadi, April Mop juga akrab dengan sebutan Fool’s Day (hari bodoh).

April Mop dirayakan oleh seluruh dunia dan identik dengan kebohongan dan keusilan. Jadi, kamu bebas membohongi dan mengusili teman setiap tanggal 1 April. Di beberapa negara, perayaan April Mop memiliki tradisi unik. Bukan cuma sekadar membohongi teman.

1. Skotlandia

Orang Skotlandia merayakan April Mop selama dua hari dari tanggal 1 – 2 April. Hari pertama disebut Hunt The Gowk Day, di mana warga Skotlandian akan meminta seseorang mengirimkan surat ke seseorang, lalu orang tersebut melanjutkan surat itu ke orang lain. Konsepnya seperti surat berantai. Sedangkan, hari kedua disebut Taily Day, yaitu hari yang penuh lelucon dan saling mengejek antar teman.

skotlandia

www.ganlob.com

2. Iran

Di Iran, April Mop disebut Sizdah Bedar karena bertepatan dengan hari ke-13 tahun baru Persia. Biasanya jatuh pada tanggal 1 atau 2 April. Nah. pada saat itu semua orang boleh menjahili orang lain. Tradisi ini sudah dilakukan sejak tahun 536 sebelum masehi. Setelah menjahili orang lain, mereka akan berkumpul untuk makan pada sore harinya, tertawa, dan melakukan permainan. Setelah selesai makan, masyarakat akan membuang sayuran hijau yang disebut sabzeh, yang dilambangkan sebagai kesialan dan rasa sakit. Jadi, memang harus dibuang supaya kehidupan di masa mendatang lebih bahagia.

iran

www.sekedarinfo.com

3. Spanyol

April Mop di Spanyol digunakan untuk membohongi dan menjahili teman. Tapi tidak dilakukan setiap tanggal 1 April, tapi di tanggal 28 Desember. Perayaan ini disebut Holly Innocents atau biasa disebut Childermas. Mereka yang dijahili nggak boleh marah. Karena, mereka yang jahil dianggap nggak berdosa.

spanyol

4. Perancis

April Mop di Paris disebut Poisson d’Avril atau April Fish, yaitu tradisi anak-anak sekolah yang menempelkan gambar ikan di punggung temannya sebagai bentuk kejahilan. Mereka akan menunggu sampai sang teman tersebut mengetahui kalau dirinya sedang dijahili.

perancis

www.jalansanasini.com

5.India

Kalau di India, April Mop dirayakan setiap tanggal 31 Maret. Perayaan ini disebut Festival Holi. Di Festival Holi ini, semua orang boleh melempar tepung warna-warni seperti Festival Color Run di Jakarta. Selain itu, mereka juga boleh mengerjai dan menyebarkan lelucon. Dan yang jadi korban jelas nggak boleh marah.

india

www.playbuzz.com

6. Portugal

April Mop bagi orang Portugal seperti di India, melempar tepung dan berbagi lelucon wajib banget dilakukan di negara ini.

portugal

www.lonelyplanet.com

7. Denmark dan Swedia

April Mop di dua negara ini nggak dirayakan pada tanggal 1 April, tapi pada 1 Mei. Karena, bulan April dan Mei adalah bulan-bulan di mana musim dingin berakhir, sehingga harus disambut dengan berbagi lelucon agar suasana lebih ceria dan bersemangat.

denmark

Denmark (www.visitdenmark.com)

swedia

Swedia (ahmadfauziansori.com)

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Kalau kamu sendiri, gimana cara kamu merayakan April Mop? Berbagi ke pegipegi dong di kolom comment. Hihihi… Omong-omong soal bohong, pegipegi nggak pernah bohong sama travelers soal harga tiket pesawat dan hotel yang benar-benar murah, juga banyak diskonnya! Jadi, jangan ragu buat pesan tiket pesawat dan hotel murah lewat pegipegi.com, ya!

cari tiket pesawat murah  cari hotel murah

(Visited 287 times, 1 visits today)

Comments

To Top