Destinasi

70 Tempat Wisata di Jogja yang Murah dan Wajib Masuk Wishlist

tempat wisata di jogja

Nggak kalah keren dari Kota Bandung, Jogja menawarkan segudang pesona yang layak untuk dijelajahi. Selain biaya yang terjangkau, wisatawan kerap memilih liburan di Kota Pelajar ini karena penduduknya ramah, banyak wisata alam yang menawan, serta memiliki warisan sejarah dan budaya bernilai tinggi. SobiPegi punya rencana liburan ke Jogja dalam waktu dekat? Pastikan kamu menyempatkan untuk berkunjung ke destinasi wisata kekinian di Jogja berikut ini, ya.

1. Monumen Yogya Kembali

tempat wisata di jogja

Jalan-jalan ke Yogyakarta, jangan lupa berburu spot wisata bersejarahnya. Salah satu spot rekomendasi di mana kamu bisa ajak keluarga atau sahabat adalah Monumen Yogya Kembali. Terletak di kawasan Ringroad Utara, Sariharjo, wisata hits di Jogja satu ini adalah sebuah museum perjuangan kemerdekaan Indonesia. Terdiri atas tiga lantai, monumen ini dibangun untuk mengenang momen ditariknya pasukan Belanda di Yogyakarta yang menjadi titik awal bebasnya Indonesia dari penjajahan. Harga tiket masuk Monumen Yogya Kembali yaitu Rp15.000* per orang.

Hotel terdekat: Indoluxe Hotel Yogyakarta dan RedDoorz Plus near Jogja Kembali Monument

2. Taman Sari

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @jogjaseni

Salah satu tempat wisata di Jogja yang populer di kalangan turis asing, yaitu Taman Sari. Keindahan arsitektur kuno serta pemandangan menakjubkan menjadikan Taman Sari sebagai salah satu destinasi wisata di Jogja yang nggak lekang oleh waktu. Karena memiliki nilai arsitektur unik serta kolam air yang menjadi ciri khas, bangunan ini kemudian kerap juga disebut Taman Sari Water Castle atau Istana Air Taman Sari. Harga tiket masuknya yaitu Rp5.000* per orang.

Hotel terdekat: RedDoorz Plus near Alun Alun Selatan 2 dan Hotel Diana Jogja

3. Candi Ratu Boko

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @wisatajogjareport

Candi Ratu Boko merupakan salah satu candi hits yang banyak dikunjungi oleh wisatawan saat liburan ke Yogyakarta. Tempat wisata yang disebut juga dengan Istana Ratu Boko ini, menawarkan gerbang masuk yang unik dan artistik terbuat dari batu bersusun. Biasanya, wisatawan yang berkunjung ingin menikmati keindahan sunset dari bangunan candi. Nggak heran, candi ini juga cocok banget jadi spot foto menarik kamu, loh. Harga tiket masuk ke Candi Ratu Boko yaitu, mulai dari Rp20.000* untuk anak dan Rp40.000* untuk dewasa per orang.

Hotel terdekat: Abhayagiri – Sumberwatu Heritage Resort dan Bueno Colombo Hotel

4. Candi Prambanan

tempat wisata di jogja

Candi Prambanan ibarat sebuah mega proyek di masa Kerajaan Mataram Kuno dan pembangunannya dilakukan secara berkelanjutan oleh raja-raja Mataram Kuno selanjutnya. Dengan harga tiket masuk mulai dari Rp27.000* per orang, Candi Hindu termegah di dunia ini pada awalnya hanya terdiri dari tiga bangunan utama yaitu Candi Brahma, Candi Wisnu, dan Candi Siwa. Tunggu sampai agak malam dan datanglah kembali ke kompleks Candi Prambanan untuk menyaksikan pentas Sendratari Ramayana di panggung terbuka Trimurti. Di sini kamu bisa menikmati sekaligus mencermati kisah cinta Rama dan Sinta dengan gerak dan lagu khas Jawa, di panggung terbuka berlatar belakang Candi Prambanan di keromantisan malam. Wow… Pasti keren banget!

Hotel terdekat: Bueno Colombo Hotel dan Joglo Ayem Tentrem

5. Candi Sambisari

tempat wisata di jogja

Dengan harga tiket masuk sekitar Rp6.000* per orang, selain bisa mengulik keindahan Candi Prambanan maupun Borobudur, kamu juga bisa main ke salah satu candi yang unik, Candi Sambisari. Terletak di kawasan Purwomartani, Sleman, destinasi wisata Jogja satu ini merupakan peninggalan peradaban Hindu kuno. Dikelilingi rumput hijau yang luas, Candi Sambisari menawarkan pemandangan kompleks candi yang indah. Di sini, kamu bisa bercengkerama bersama sahabat atau keluarga sambil duduk-duduk di pinggiran candi. Selain itu, letaknya yang cukup jauh dari keramaian membuat Candi Sambisari terasa damai dan sejuk. Nah, yang bikin menarik, pada masing-masing sisi dinding luar tubuh candi terdapat relung berisi arca. Dalam relung di dinding selatan terdapat Arca Agastya atau Syiwa Mahaguru. 

Hotel terdekat: RedDoorz near Terminal A Adisucipto Airport dan Premier Guest House jogja

6. Pantai Ngetun

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @yogyakarta

Pantai Ngetun menawarkan pemandangan cantik dari pantai berpasir putih yang diapit oleh dua tebing karang di kedua sisinya. Pepohonan rindang di sekitar pantai bisa menjadi tempat nyaman untuk berteduh sambil menikmati pemandangan. Wisata di Yogyakarta ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu, tempat ini cenderung masih bersih, sepi, dan tenang. Harga tiket masuk Pantai Ngetun GRATIS alias nggak berbayar.

Hotel terdekat: Villa Kopiori dan Casa Coco Resort

7. Pantai Srakung

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @halojogjakarta

Pantai Srakung di Gunungkidul adalah salah satu pilihan tempat wisata yang tepat bagi kamu yang nggak suka keramaian. Wisata Yogyakarta terbaru ini masih alami dan sepi, karena belum banyak pengunjung yang datang menjelajah. Selain itu, pantai ini juga belum memiliki pengelola, jadi nggak ada biaya retribusi alias GRATIS yang dikenakan ketika berkunjung. Namun, hal itu mengartikan juga nggak banyak fasilitas yang tersedia, termasuk kamu perlu membawa bekal makanan dan minuman sendiri sebelum ke pantai ini.

Hotel terdekat: Casa Coco Resort dan Villa Kopiori 

8. Pantai Wohkudu

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @pantai_wohkudu

Meski nggak begitu luas, Pantai Wohkudu memiliki keindahan yang luar biasa. Lebarnya memang hanya antara 20-25 meter saja dan diapit batu karang besar di sisi kanan dan kirinya. Berada di tempat ini akan terasa seperti bersantai di pantai pribadi berkat lokasinya yang sepi dan tersembunyi. Deru ombak deras juga nggak terlalu terasa berkat beberapa batuan karang yang tersebar di sekitar pantai. Harga tiket masuk Pantai Wohkudu yaitu Rp5.000* per orang. 

Hotel terdekat: Villa Kopiori dan OYO 1533 The Paris Ocean

9. Pantai Krokoh

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @allaboutjogjakarta

Pantai tersembunyi di Gunungkidul selanjutnya adalah Pantai Krokoh yang berada di Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Pantai paling timur di Yogyakarta ini menghadirkan pantai indah berpasir putih yang sunyi dan tenang. Jernihnya air laut dan hembusan angin pantai yang sejuk membuat tempat ini sungguh istimewa untuk bersantai. Karena terbilang sunyi, ada baiknya membawa bekal jika hendak berkunjung. Pasalnya, nggak ada warung di sekitar pantai dan jarak perkampungan terdekat yaitu sekitar 500 meter dari pantai. Harga tiket masuk Pantai Krokoh yaitu Rp5.000* per orang.

Hotel terdekat: Villa Kopiori dan Casa Coco Resort

10. Pantai Widodaren

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @gunungkidul.ig

Widodaren dalam bahasa Jawa berarti Bidadari, cocok untuk menggambarkan keindahan pantai sunyi ini. Pantai ini menawarkan kawasan berpasir putih cantik dan menawan. Karang-karang di sekitar pantai dan tebing tinggi bisa didaki melalui tangga yang telah tersedia untuk menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. Bukit di pantai ini juga dipenuhi dengan rerumputan hijau yang lapang sehingga sangat nyaman digunakan untuk bersantai. Meski demikian, perlu diingat bahwa karena pantai ini masih belum terjamah, maka belum banyak pula fasilitas yang tersedia. Harga tiket masuk Pantai Widodaren yaitu mulai dari Rp5.000* per orang.

Hotel terdekat: Villa Kopiori dan Penginapan Griya Watukelir

11. Pantai Sedahan

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @areajogjajateng

Hidden gem Gunungkidul selanjutnya adalah Pantai Sedahan yang terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini menghadirkan pemandangan cantik dan menawan. Namun, karena termasuk tempat wisata baru, nggak banyak fasilitas yang tersedia. Meski demikian, fasilitas utama seperti tempat parkir dan toilet sudah ada di sini. Akses jalan menuju pantai ini sudah bisa dilewati oleh kendaraan beroda dua maupun empat. Akan tetapi, makin dekat ke lokasi, jalannya belum terlalu bagus. Jadi, sebelum ke sana pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima. Untuk harga tiket masuknya yaitu Rp5.000* per orang.

Hotel terdekat: Joglo Wediombo Cottage & Resto RedPartner dan Penginapan Griya Watukelir

12. Pantai Kesirat

tempat wisata di jogja

Pantai ini disebut-sebut sebagai tempat ideal untuk menikmati panorama senja sambil ber-camping ria. Menariknya, saat ke sini, kamu nggak akan menemukan pantai dengan ombak landai dan pasirnya yang putih. Tapi yang ada hanya jajaran tebing curam. Menurut penduduk sekitar, melihat sunset di Pantai Kesirat bisa membuat kamu merasakan ketentraman yang amat dalam. Nah, benar atau nggaknya, dibuktikan sendiri saja, ya! Harga tiket masuk ke Pantai Kesirat yaitu Rp10.000* per orang.

Hotel terdekat: Hotel Kukup Indah dan The Royal Joglo

13. Bukit Panguk

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @bukitpanguk_jogja

Tepatnya terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Bukit Panguk adalah spot wisata andalan Provinsi Yogyakarta. Dari atas, bukit ini menawarkan sensasi wisata romantis di balik Hutan Pinus Mangunan. Panorama negeri awan bisa kamu nikmati dengan balutan perbukitan yang tertutup kabut. Bukit Panguk menjadi salah satu tempat berburu sunset terbaik, loh, di Yogyakarta. Transisi langit dari warna biru ke jingga bakal bikin mata kamu terbuai, deh! Harga tiket masuk ke Bukit Panguk yaitu Rp3.000* per orang.

Hotel terdekat: RedDoorz @ Omah Kayu Homestay dan Seribu Batu Songgo Langit Resort & Camp Jogja

14. Pantai Siung

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @explorediyogyakarta

Terletak di kawasan Gunung Kidul, Pantai Siung dikenal luas akan aktivitas panjat tebingnya. Maklum, pantai ini dikelilingi banyak tebing batu gagah dan ekstrem yang berdiri tegak. Meski demikian, Pantai Siung tetap menawarkan pesona alam yang luar biasa cantik. Dengan latar lautan Samudra Hindia, ombak dan air jernih, serta pasir yang putih kecokelatan bersatu padu memanjakan mata. Sesekali hewan laut bercangkang seperti kerang pun naik, menemani sore kamu di bawah sunset yang memesona. Harga tiket masuk Pantai Siung yaitu Rp10.000* per orang.

Hotel terdekat: The Royal Joglo dan Villa Kopiori

15. Embung Nglanggeran

tempat wisata di jogja

Terletak di Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, telaga buatan ini merupakan salah satu spot sempurna untuk menikmati sunset. Dengan background pepohonan hijau yang begitu rindang serta bukit kapur yang mengelilinginya, membuat paduan objek dalam foto terlihat spektakuler. Ditambah, gradasi warna yang terjadi di atas permukaan air telaga saat sunset memperlihatkan suasana alami. Harga tiket masuk Embung Nglanggeran yaitu Rp10.000* per orang.

Hotel terdekat: OYO 1159 Bukit Indah Hotel & Restaurant Near RSUD Prambanan dan RedDoorz near Candi Ratu Boko 

16. Tebing Breksi

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @tebingbreksi_official

Tebing Breksi adalah tebing yang terbentuk dari batu kapur dengan pahatan yang berbentuk naga. Berkunjung ke tempat wisata Yogyakarta ini, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit hingga terbenam dengan indah. Selain itu, ketika cuaca mendukung, kamu juga bisa menikmati keindahan bintang pada malam hari dengan jelas dari tebing ini. Harga tiket masuk Tebing Breksi yaitu Rp10.000* per orang.

Hotel terdekat: RedDoorz near Candi Ratu Boko dan Abhayagiri – Sumberwatu Heritage Resort

17.  Museum Ullen Sentalu

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @teropongjogja

Museum Ullen Sentalu adalah salah satu destinasi wisata di Jogja yang paling ciamik bagi turis asing untuk belajar budaya Jawa. Terletak di kawasan Kaliurang, Ullen Sentalu adalah sebuah museum yang menyajikan pengetahuan tentang kebudayaan Jawa. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp50.000* per orang, museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram seperti Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman beserta koleksi bermacam-macam batik, baik gaya Yogyakarta maupun Surakarta. Dengan arsitektur bangunan bergaya Eropa kuno, menjadikan destinasi hits di Jogja ini sebagai salah satu tempat belajar yang seru dengan spot foto Instagramable.

Hotel terdekat: Akasa Hotel Kaliurang Yogyakarta dan Hotel Wijaya 1 Kaliurang

18. Taman Pelangi

tempat wisata di jogja
Ilustrasi, sumber: Steven Wilcox dari Unsplash

Terletak di Jogja bagian utara, Taman Pelangi masih satu kawasan dengan Monumen Yogya Kembali. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata hits Jogja ini yaitu pada malam hari. Pasalnya, kamu akan dimanjakan dengan gemerlap ratusan lampion. Selain menyuguhkan gemerlap cahaya lampion, terdapat fasilitas food-court bagi yang ingin kulineran malam. Dengan harga tiket masuk mulai dari Rp15.000*, Taman Pelangi cocok banget untuk destinasi wisata malam Jogja. 

Hotel terdekat: RedDoorz Plus near Jogja City Mall 5 dan Cotton House Monjali

19. Jalan Malioboro

tempat wisata di jogja

Jalan Malioboro menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis yang tengah berlibur. Yups, sepanjang jalan yang menghubungkan Stasiun Tugu dengan pintu masuk Alun-alun Malioboro, berjejer ratusan toko pernak-pernik tradisional. Mulai dari pernak-pernik tradisional seperti batik, blangkon, keris hingga kaos ala distro lokal bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau. Lumayan kan buat oleh-oleh sanak saudara hingga teman di kota asal. Nah, di ujung Jalan Malioboro, terdapat area taman dekat Istana Presiden yang bisa kamu manfaatkan buat bersantai sambil menikmati suasana damai khas Yogyakarta. Berwisata di Jalan Malioboro nggak ada biaya retribusi alias GRATIS.

Hotel terdekat: Grand Malioboro Yogyakarta dan Whiz Hotel Malioboro Yogyakarta

20. Benteng Vredeburg

tempat wisata di jogja

Bangunan peninggalan Belanda yang memiliki makna sebagai benteng perdamaian ini, merupakan tempat yang seru untuk dikunjungi kala main ke Jogja. Pasalnya, letaknya memang diapit oleh Malioboro dan Titik 0 Kilometer Kota Gudeg. Paling penting memang kita akan banyak belajar mengenai sejarah bangsa pra Kemerdekaan hingga orde baru lewat empat diorama yang ada. Tenang, tiap diorama akan terpampang rapi, baik melalui replika, patung, koleksi benda, foto-foto, dan lukisan bersejarah untuk memanjakan mata. Harga tiket masuk Benteng Vredeburg yaitu mulai dari Rp2.000* untuk anak dan Rp3.000* untuk dewasa per orang.

Hotel terdekat: Grand Malioboro Yogyakarta dan Nueve Malioboro Hotel Yogyakarta

21. Tugu Yogyakarta

tempat wisata di jogja

Kalau Jakarta punya Monumen Nasional, Yogyakarta punya monumen bersejarah. Yap, monumen yang berada di kawasan Jetis ini menjadi simbol utama bagi Yogyakarta, selain Alun-alun Malioboro. Main ke Yogyakarta belum lengkap kalau nggak mampir ke Tugu, bener nggak? Dibangun oleh Sultan Hamengkubuwana I, Tugu Yogyakarta dibangun sebagai patokan arah menghadap puncak Gunung Merapi. Kini, Tugu Yogyakarta makin keren dengan hadirnya lampu hias di sekitarnya sehingga kamu bisa berburu foto Instagramable di sana.

Hotel terdekat: Grand Zuri Malioboro Yogyakarta dan RedDoorz Plus near Tugu Jogja

22. Kotagede

tempat wisata di jogja

Kawasan Kotagede berjarak 5 km dari pusat Kota Yogyakarta. Kotagede pernah menjadi pusat kerajinan dan perdagangan. Juga masih merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Islam. Nggak heran jika banyak jejak pemukiman bangsawan yang masih atau pernah tinggal di sana. Suasananya yang aman dan damai, membuat Kotagede asyik dijelajahi dengan berjalan kaki. Kebanyakan, arsitektur di pinggir jalan raya Kotagede ini akan mengingatkanmu pada bangunan-bangunan Eropa, namun masih tetap banyak sentuhan Jawanya. Selain itu, di sepanjang jalan, kamu juga akan menemukan deretan toko yang hanya menjual kerajinan perak sebagai kerajinan turun menurun yang sudah ada sejak zaman Mataram.

Hotel terdekat: Griya Mataram Kotagede RedPartner dan Premier Guest House jogja

23. Gumuk Pasir Parangkusumo

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @gumukpasir

Jika kamu berkunjung ke Pantai Parangtritis, jangan lupa mampir juga ke salah satu tempat eksotik di Yogyakarta, yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo. Di sini, kamu bisa melihat gundukan pasir yang cocok banget buat bermain sandboarding hingga berfoto dengan pemandangan seperti di gurun pasir. Sebaiknya, berkunjung ke sini dilakukan pagi sebelum matahari terik atau sore hari menjelang matahari terbenam supaya kamu nggak kepanasan ya, SobiPegi. Harga tiket masuknya sendiri yaitu Rp10.000* per orang.

Hotel terdekat: OYO 1533 The Paris Ocean dan RedDoorz near Parangtritis Beach

24. Sawah Nanggulan (Pronosutan View)

tempat wisata di jogja

Salah satu yang lagi diperbincangkan hangat di jagat maya adalah Sawah Nanggulan Kulonprogo. Sesuai dengan namanya, Nanggulan Kulon Progo menawarkan hamparan sawah hijau yang begitu cantik. Nah, di tengahnya terdapat sebuah jalanan beton yang memanjang satu kilometer. Setiap pagi dan sore, ada banyak wisatawan yang memadati jalanan tersebut sambil menikmati pemandangan asri yang khas. Makin seru, karena aktivitas bertani masyarakat setempat juga bisa disaksikan langsung di sini, loh. Terletak di Pronosutan, Kembang, tempat wisata di Jogja terbaru ini juga jadi incaran muda-mudi Yogyakarta yang ingin berburu foto cantik. 

Hotel terdekat: RedDoorz near UMY Yogyakarta 2 dan OYO 3211 Ndalem Dasuriah Jogja 

25. Jurang Tembelan

tempat wisata di jogja

Liburan ke Yogyakarta lagi, yuk! Kali ini, kamu bisa ajak sahabat atau teman se-geng berburu foto alam yang Instagenic di Jurang Tembelan Kanigoro. Nah, wisata yang ditawarkan pun cukup mirip, yaitu pemandangan negeri di atas awan. Yang bikin beda adalah wisata alam Jogja satu ini buka selama 24 jam! Jadi, kamu bisa menikmati keindahan sunrise di pagi hari atau sunset pada petang hari. Jurang Tembelan punya spot foto berbentuk perahu yang terbuat dari bambu menghadap langsung ke jurang hijau tersebut. Dari ujung spot foto tersebut, kamu dapat menikmati udara segar khas Mangunan sekaligus memandang hamparan bukit dan hutan asri.

Hotel terdekat: D Omah Hotel Jogjakarta dan Seribu Batu Songgo Langit Resort & Camp Jogja

26. Air Terjun Kedung Kandang

tempat wisata di jogja

Lagi bingung mau ajak keluarga jalan ke mana pas liburan di Yogyakarta? Tenang, kawasan Gunungkidul siap membius kamu lewat pesona alamnya. Salah satunya, Air Terjun Kedung Kandang! Di sini, kamu bisa menikmati deretan air terjun kecil yang sejuk banget. Lantaran berbeda dengan air terjun di Jogja pada umumnya, arsiran air yang jatuh bakal bervariasi jika hulu diguyur hujan pada malam sebelumnya. Fenomena tersebut terjadi karena air yang jatuh bertemu dengan tebing-tebing batu vulkanik, bekas letusan Gunung Api Purba Nglanggeran. Dari enam tingkat, Air Terjun Kedung Kandang memiliki tiga kedung atau kolam kecil yang bisa kamu manfaatkan buat berendam.

Hotel terdekat: Kopilimo Cafe & Homestay Jogja dan Jowo Kluthuk Heritage

27.  HeHa Ocean View

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @hehaoceanview

Nama HeHa pada objek wisata ini diambil dari dua penggagasnya, yakni Herry Zudianto yang juga merupakan Wali Kota Yogyakarta dan Handoyo Mawardi. Konsep yang diusung bisa dibilang mirip dengan pendahulunya, yaitu HeHa Sky View. Namun, HeHa Ocean View lebih menawarkan pemandangan samudra biru yang megah. Meski panorama bahari merupakan daya tarik utama dari tempat wisata ini, ternyata masih banyak hal menarik lainnya yang sayang banget jika dilewatkan. Termasuk yang wajib kamu coba, yaitu spot-spot foto yang sengaja disiapkan oleh pihak pengelola. Nggak lupa, tempat ini sejatinya adalah pusat kuliner yang mengusung konsep luar ruangan dengan harga tiket masuk sekitar Rp10.000*—Rp20.000* per orang.

Hotel terdekat: Queen of The South Hotel  dan Hotel Kukup Indah

28. Obelix Hills

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @obelixhills 

Lokasi wisata ini terbilang baru, karena dibuka pada tanggal 5 Mei 2021. Meski demikian, Obelix Hills Jogja langsung viral karena pemandangan istimewa yang ditawarkannya. Konsep yang diusung sekilas mirip dengan Heha Sky View dan Heha Ocean View. Karena lokasinya yang berada di ketinggian, kamu bisa melihat indahnya pemandangan kota dan matahari terbenam yang cantik. Panorama khas inilah yang menjadikan Obelix Hills Jogja menjadi tempat sempurna untuk berfoto selfie. Bahkan, ada banyak spot foto yang Instagenic mulai dari Eagle Nest, The Edge, Teras Kaca, Three Mountains Tent, dan Skydeck. Dekorasi cantik dengan lampu hias yang menawan juga membuat tempat ini terasa begitu romantis. Harga tiket masuknya mulai dari Rp15.000* per orang.

Hotel terdekat: Abhayagiri – Sumberwatu Heritage Resort dan Amaranta Prambanan

29. Pantai Gesing

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @gunungkidul.ig

Lokasinya sendiri berada di Kabupaten Gunungkidul yang memang terbukti menyimpan banyak objek wisata pantai menarik. Jadi, kamu nggak perlu ragu lagi soal kecantikan Pantai Gesing. Sesampainya di sini, kamu bakal langsung disambut oleh lembutnya pasir putih, air laut yang jernih berwarna kehijauan, dan pemandangan tebing karang yang mengapit ke pantai. Walaupun nggak terlalu luas, tapi suasana tenang dari wisata alam Jogja satu ini dijamin bakal meneduhkan suasana hatimu. Cocok banget, nih, buat kamu yang lagi jenuh sama suasana kota. Tebing karang yang ada di Pantai Gesing juga bisa menjadi spot menarik buat menikmati pemandangan laut lepas. 

Hotel terdekat: Adinda Hotel dan Baron Hill Resort Gunung Kidul RedPartner 

30. Pantai Teras Kaca

tempat wisata di jogja

Pantai ini sebenarnya memiliki nama asli Pantai Nguluran. Namun, karena punya spot Instagenic berupa teras yang berlantaikan kaca maka pantai ini populer dengan nama Pantai Teras Kaca. Berlokasi di Kabupaten Gunungkidul, Pantai Teras Kaca bisa kamu jangkau dengan berkendara sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Dengan harga tiket masuk Rp15.000* per orang, pantai ini terletak di atas tebing sehingga kamu hanya bisa melihat pemandangan laut dari kejauhan. Namun jangan sedih dulu, karena wisata Jogja hits satu ini ternyata dipenuhi juga dengan berbagai spot Instagenic yang dijamin bikin kamu always happy

Hotel terdekat: Baron Hill Resort Gunung Kidul RedPartner dan OYO 1533 The Paris Ocean

31. Pantai Timang

tempat wisata di jogja

Terletak di kawasan Gunungkidul, Pantai Timang adalah destinasi tepat buat kamu yang suka bertualang. Berada di sebuah pulau yang juga bernama Pulau Timang, pantai ini hanya bisa dicapai dengan menggunakan gondola atau kereta gantung ala tradisional yang sangat sederhana. Terbuat dari kayu dan tambang saja, risiko perjalanan dengan gondola sepenuhnya tetap ditanggung oleh penumpang. Jadi, dibutuhkan ekstra waspada dan keberanian yang kuat buat menaiki wahana ini. Dengan tarif Rp100 ribu* per orang, kamu bisa merasakan sensasi ekstrem bergelantungan di atas gondola yang menyeberangi lautan luas. Apalagi Pantai Timang langsung berhadapan dengan Samudra Hindia yang dikenal memiliki ombak ganas.

Hotel terdekat: Penginapan Putra Darma dan Casa Coco Resort 

32. Pantai Watu Lumbung

tempat wisata di jogja

Berlokasi di Desa Jepitu, Gunungkidul, Pantai Watu Lumbung cukup mudah diakses dari Pantai Wediombo yang cukup terkenal. Meski berdekatan, Pantai Watu Lumbung menawarkan panorama alam yang lebih cantik, loh. Terutama terletak pada kumpulan karang eksotis yang tersebar di berbagai tempat dekat pantai. Yang bikin menarik adalah posisi karang-karang ini menjorok ke tengah laut, menyerupai pulau kecil dengan vegetasi hijau di atasnya. Nah, di setiap pulau karang yang besar tersebut, terdapat lubang-lubang menyerupai gua laut yang bisa kamu kunjungi. Banyak wisatawan memanfaatkan gua ini untuk bersantai sambil menikmati sunset.

Hotel terdekat: Penginapan Putra Darma dan Casa Coco Resort 

33. Waduk Sermo

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @jogjaviral

Berlokasi di Desa Hargowilis, Kabupaten Kulon Progo, Waduk Sermo menawarkan wisata sejuk nan asri dengan hamparan air jernih seluas 157 hektare. Dikelilingi pepohonan hijau, waduk ini juga jadi rumah bagi ribuan burung. Waduk Sermo juga menawarkan wisata air kepada setiap pengunjung. Pengelola menyediakan perahu nelayan yang bisa kamu sewa buat berkeliling selama 30 menit. Waduk Sermo adalah sebuah destinasi wisata menyejukan hati dengan panorama alam yang menawan. Jangan lewatkan juga momen sunset yang pasti bikin liburan kamu makin berkesan.

Hotel terdekat: Cordia Hotel Yogyakarta dan RedDoorz near Terminal Wates Kulon Progo

34. Tebing Gagah

tempat wisata di jogja

Terletak di kawasan Gunungkidul, Pantai Siung dikenal luas akan aktivitas panjat tebingnya. Maklum, pantai ini dikelilingi banyak tebing batu gagah dan ekstrem yang berdiri tegak. Banyak pelancong datang ke sini bukan sekadar untuk menikmati keindahannya. Namun juga menjajal adrenalin dengan menaklukkan satu demi satu tebing yang berjajar di Pantai Siung. Terlepas dari fakta menarik tersebut, Pantai Siung tetap menawarkan pesona alam yang luar biasa cantiknya. Dengan latar lautan Samudra Hindia, ombak dan air jernih bersatu padu memanjakan mata kamu yang ingin melepas penat dari aktivitas di kota.

Hotel terdekat: The Royal Joglo dan Villa Kopiori

35. Pantai Samas

tempat wisata di jogja

Ke Yogyakarta, jangan lupa berburu pantai cantiknya. Jika Parangtritis sudah pernah kamu jelajahi, saatnya kamu main ke Pantai Samas! Terletak di Desa Srigading, Sanden, Pantai Samas mudah diakses dari kawasan Parangtritis. Berjarak 35 kilometer dari Yogyakarta, Pantai Samas menawarkan buai alam yang menawan. Dibalut dengan pasir putih yang lembut, Pantai Samas memiliki delta-delta sungai yang terbentuk akibat sedimentasi di muara. Ombak yang besar khas Pantai Selatan berpadu dengan angin laut yang santai menjadi perpaduan pas buat kamu menikmati siang atau sore hari di sini.

Hotel terdekat: OYO 1533 The Paris Ocean dan Puri Brata

36. Air Terjun Sungai Mudal

Sumber: IG @sungaimudal

Ingin melepas penat sambil bermain air? Kuy.. Datang langsung ke air terjun di Jogja satu ini. Taman Sungai Mudal merupakan wisata alam terbuka yang menawarkan sungai jernih yang airnya bersumber dari mata air alami. Berlokasi di Kulon Progo, sumber air dari sungai ini ternyata dari sebuah gua. Fyi, saat musim hujan ketika debit air sedang naik, kamu bisa melakukan canoeing. Tiket masuk dipatok seharga Rp10 ribu* per orang belum termasuk wahana.  Ada juga gazebo yang disediakan oleh pihak pengelola yang bisa kamu gunakan untuk bersantai dan istirahat sambil memandangi keindahan alam sekitar.

Hotel terdekat: Rimbono Homestay dan Wijaya Kusuma Hotel Jogja

37. Gua Kebon

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @seputarjogja

Meskipun destinasi wisata ini bernama gua namun, pesona yang ditawarkan dari Gua Kebon bukan kegiatan penelusuran gua (caving), melainkan sebuah air terjun alami.  Begitu sampai di kawasan Gua Kebon, kamu akan disambut sejuknya udara dan rindangnya lingkungan sekitar. Bermain air adalah kegiatan favorit para pengunjung. Selain itu, objek wisata ini juga menyediakan kolam untuk terapi bagi yang membutuhkan. Daya tarik dari wisata Jogja hits satu ini, yaitu adanya stalaktit dan stalakmit di bagian cerukan atau gua yang ternyata telah terbentuk selama ratusan tahun, loh. 

Hotel terdekat: RedDoorz near Terminal Wates Kulon Progo dan OYO 2314 Hapsari Homestay Syariah 

38. Tumpeng Menoreh

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @seputarjogja

Tumpeng Menoreh sebenarnya merupakan sebuah restoran alias tempat nongkrong yang didirikan oleh musisi Erix Soekamti dan baru dibuka pada bulan Mei 2021. Daya tarik dari Tumpeng Menoreh, salah satunya dapat melihat view matahari terbit yang banyak menarik minat pengunjung. Selain itu, di sini SobiPegi juga dapat melihat bangunan berbentuk segi enam yang menawarkan view 360 derajat dengan pemandangan Bukit Menoreh dan tiga gunung megah di pulau Jawa. 

Hotel terdekat: Rimbono Homestay dan OYO 2519 Mayang Garini 

39. Bukit Pengilon

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @seputarjogja

Ingin wisata healing untuk melepaskan penat seketika? Coba kunjungi Bukit Pengilon yang terletak di Gunungkidul. Lebih tepatnya di Tepus, Purwodadi, Gunungkidul, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Destinasi wisata ini memiliki rute searah dengan Pantai Siung. Bukit Pengilon menawarkan panorama lanskap hijau khas padang rumput dipadukan eksotisme pemandangan air pantai. Fyi, dikarenakan tempatnya masih tergolong baru dan jauh dari pemukiman, maka fasilitas toilet dan warung masih belum ada. 

Hotel terdekat: Joglo Wediombo Cottage & Resto RedPartner dan Penginapan Griya Watukelir 

40. Candi Abang

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @exploresleman.ig

Candi Abang adalah salah satu situs peninggalan Kerajaan Hindu yang dibangun sekitar abad ke-9 atau abad ke-10. Dinamakan Candi Abang karena bangunan candi disusun dengan batu-bata merah, -dari kata abang yang artinya merah-. Situs ini bentuk aslinya diperkirakan seperti piramida. Konon, situs ini telah terkubur di dalam tanah dan tertutup oleh rerumputan hijau hingga menyerupai Bukit Teletubbies. Di sini, SobiPegi bisa melakukan aktivitas piknik dengan menggelar tikar atau foto-foto ciamik berlatar Bukit Teletubbies yang dipadukan dengan langit biru cerah. 

Hotel terdekat: Platinum Adisucipto Hotel & Conference Center dan Avia Hotel and Convention Kalasan

41. Kalibiru

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @wisatakalibiru

Terletak di kawasan Kulon Progo, Kalibiru hadir dengan buai alam yang menakjubkan. Berlatar Pegunungan Menoreh yang cantik, kamu bakal dimanjakan dengan lanskap alam yang luas, berpadu dengan vegetasi hijau alami. Udara yang sejuk ditambah dengan atmosfer damai dapat dinikmati dari atas bukitnya. Terbentang 450 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan penampakan Gunung Merapi hingga Waduk Sermo dari berbagai sudut. Jadi, kamu nggak bakal kekurangan bahan untuk posting foto baru di media sosial. Nah, Desa Wisata Kalibiru sendiri memiliki sejumlah wahana wisata yang unik seperti keberadaan Menara Pandang yang cukup hits. Bertumpu pada sebuah pohon pinus yang kokoh, Menara Pandang menawarkan spot foto yang cantik.

Hotel terdekat: OYO 2314 Hapsari Homestay Syariah dan RedDoorz near Terminal Wates Kulon Progo

42. Hutan Pinus Pengger

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @pinuspengger_photos_explore

Hutan Pinus Pengger merupakan hutan wisata yang terletak di Pathuk, Gunungkidul. Yang membedakan dengan Hutan Pinus Imogiri adalah spot selfie yang jauh lebih Instagenic dan menarik. Yang paling diincar oleh turis saat ke sini adalah pesona rumah piramida! Dibangun dari kumpulan ranting, kamu dapat masuk dan duduk di dalamnya. Makin cantik jika kamu ke Hutan Pinus Pengger pada malam hari. Instalasi lampu yang menerangi kawasan ini mampu untuk menyempurnakan hasil jepretan sebelum kamu unggah ke media sosial.

Hotel terdekat: Penginapan Rudi dan OYO 1159 Bukit Indah Hotel & Restaurant Near RSUD Prambanan

43. Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @pesonajogja

Pegunungan Nglanggeran merupakan kompleks pegunungan purba yang sudah nggak aktif sejak 60–70 juta tahun silam. Di dalamnya, terdapat beberapa gunung dengan kontur batu karst yang sangat indah. Dan sejak ditemukan beberapa puluh tahun yang lalu, Pegunungan Nglanggeran disulap menjadi sebuah ekowisata yang cantik. Terdapat beberapa gunung purba yang berada di kompleks wisata Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran. Sebut saja Gunung Kelir, Gunung Gedhe, Gunung Bongos, Gunung Buchu, dan Gunung Blencong. Kalau berkunjung ke sini, jangan lupa abadikan momen spesialmu, ya!

Hotel terdekat: OYO 1159 Bukit Indah Hotel & Restaurant Near RSUD Prambanan dan Abhayagiri – Sumberwatu Heritage Resort 

44. Pintoe Langit Dahromo

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @indoflashlight

Berada dalam satu baris dengan Bukit Lintang Sewu dan Bukit Mojo, Pintu Langit Dahromo menawarkan spot foto dalam sebuah pintu menghadap ke panorama Pegunungan Sewu dan Kota Yogyakarta dari atas. Kamu nggak perlu menyewa fotografer handal atau menggunakan green screen untuk mendapatkan foto dengan kualitas tiga dimensi. Cukup melangkah masuk ke dalam pintu yang tersedia, kamu sudah bisa berbagi foto ciamik di sosial media. Nggak heran sih, para muda mudi Kota Pelajar nggak bosan-bosannya datang ke wisata hits di Jogja ini. 

Hotel terdekat: Duta Guest House dan Ros In Hotel 

45. Hutan Pinus Mangunan

tempat wisata di jogja
Ilustrasi, sumber: foto oleh Gustav Gullstrand dari Unsplash

Hutan Pinus Mangunan merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan yang lokasinya nggak jauh dari Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Karena itu, orang-orang kerap menyebutnya dengan nama Hutan Pinus Imogiri. Di kawasan ini, SobiPegi bisa menyaksikan deretan pohon pinus yang tegak menjulang dengan indahnya. Saat angin bertiup, daun-daunnya bakal mengeluarkan aroma khas hutan pinus yang tajam. Nggak heran jika banyak yang mencari ketenangan saat berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri. Selain itu, hutan indah ini juga sering dimanfaatkan oleh pasangan muda untuk foto pre wedding. 

Hotel terdekat: Bukit Lintang Sewu Glamping dan OYO 2047 Opak Village

46. Masjid Gedhe Kauman

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @jogjaseni

Hayoo, siapa yang suka berkunjung ke Yogyakarta tapi belum pernah mampir ke tempat bersejarah ini? Masjid Gedhe Kauman merupakan masjid peninggalan dari Kesultanan Yogyakarta yang berada di sisi barat kompleks Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Masjid ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I, pada 29 Mei 1773 sebagai sarana ibadah keluarga Kerajaan Yogyakarta dan rakyatnya. Masjidnya pun sekarang masih digunakan untuk sarana ibadah bagi keluarga keraton dan masyarakat, loh. Jadi, waktu berkunjung ke Jogja, jangan lupa mampir ke sini, ya!

Hotel terdekat: Mawar Asri Hotel dan Yogya Kembali Malioboro Hotel RedPartner 

47. Sindu Kusuma Edupark

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @objek_wisata_jogja

Ehmm, buat kamu yang belum tahu, Yogyakarta juga punya taman bermain yang nggak kalah menarik dari Dufan atau Jatim Park, loh. Menikmati wahana-wahana atraktif di taman bermain memang lebih menyenangkan kalau ditunjang dengan udara yang sejuk seperti di destinasi wisata satu ini. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp30.000* per orang, Sindu Kusuma Edupark menawarkan belasan wahana yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu wahana indoor dan outdoor. Tiap wahana dikenakan biaya masuk tambahan di luar harga tiket masuk objek wisata. Menariknya, sebagian nama wahana di Sindu Kusuma Edupark menggunakan bahasa Jawa, loh. 

Hotel terdekat: Roemah Audy Jogja City Mall Yogyakarta RedPartner dan RedDoorz Syariah near Sindu Kusuma Edupark

48. Kali Kuning, Lereng Gunung Merapi

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @jogjaseni

Destinasi wisata Kali Kuning menyimpan segudang pesona keindahan alam yang nggak ada duanya! Di sini, SobiPegi akan menjumpai dan merasakan lebih banyak pemandangan yang menarik seperti hutan pinus, rasamala, bunga kantong semar, pohon kina, dan lain-lain. Pas banget buat kamu yang lagi hunting foto Instagenic. Ada juga Jembatan Plunyon yang merupakan jembatan yang masih berdiri tegak setelah peristiwa letusan Gunung Merapi tahun 2010 silam. Kondisi jembatan ini masih layak diseberangi, meskipun seperti nggak berpenghuni. 

Hotel terdekat: Penginapan Sedyo Rahayu dan Villa Amaryllis Kaliurang

49. Stonehenge

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @potretjogjaofficial

Penasaran dan ingin berkunjung ke situs bersejarah Stonehenge seperti di Wiltshire, Inggris? Indonesia juga punya loh, tepatnya di Cangkringan, Jogja atau di lereng Gunung Merapi dengan lahan seluas 200 meter persegi. Stonehenge sendiri merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu dan Neolitikum, serta terdiri dari bebatuan tinggi yang dibentuk sedemikian rupa. Nah, Stonehenge versi lokal ini dibangun dari batu-batu yang berasal dari erupsi Gunung Merapi. Jika berkunjung ke sini, datang ketika hari cerah, ya. Harga tiket masuknya yaitu Rp15.000* per orang.

Hotel terdekat: @K Hotel Kaliurang dan Hotel Wijaya 1 Kaliurang

50. Air Terjun Sidoharjo

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @explorejogja

Air Terjun Perawan atau yang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Sidoharjo oleh masyarakat sekitar, merupakan air terjun tertinggi di Yogyakarta. Memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter, wisata jogja terbaru ini terletak di Dusun Madigondo, Kelurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Tenang, tempatnya bisa dijangkau oleh kendaraan roda dua dan empat. Air terjun di Jogja satu ini masih sangat asri, SobiPegi akan dimanjakan oleh pemandangan tebing dan pepohonan yang hijau. Kamu bisa melakukan aktivitas bermain air atau berendam di sini, dan yang terpenting tetap jaga kebersihan supaya lingkungannya tetap terjaga dengan baik.

Hotel terdekat: The Gade Village Balkondes Ngargogondo dan OYO 2519 Mayang Garini

51. Kebun Teh Nglinggo

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @kebuntehnglinggo_photo

Kebun Teh Nglinggo terletak di Perbukitan Menoreh menawarkan lanskap hijau khas perbukitan teh yang masih asri. Untuk mencapai kebun teh satu ini, memakan jarak sekitar 40 kilometer dari Kota Jogja. Lantaran berada di ketinggian 700-900 mdpl , membuat wisata alam Jogja ini memiliki udara yang sangat sejuk. Bahkan saat pagi hari atau musim hujan tiba, kabut selalu menyelimuti lokasi ini. Selain dapat menikmati pemandangan kebun teh layaknya kepingan surga, kamu dapat melihat pemandangan Kota Jogja dari atas. Nggak cuma itu, kamu juga dapat menikmati teh sangrai khas petani setempat yang disajikan di warung makan di sekitar kebun teh. Kapan lagi menyeruput teh fresh yang langsung dipetik dari kebunnya?

Hotel terdekat: Rimbono Homestay dan Nabhan Homestay

52. Air Terjun Kembang Soka

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @_petualangcantik

Masyarakat lokal sering menyebutnya air terjun warna, karena memang memiliki berbagai warna yang muncul secara alami. Aliran air di sini begitu jernih dan berlapis-lapis. Cocok bagi kamu yang hobi berburu foto cantik dengan latar alam. Udara sejuk di sekitar air terjun mampu mengusir kepenatan yang menumpuk, karena rutinitas sehari-hari. Bila perut mulai terasa keroncongan, ada beberapa warung makan terdekat yang menjual makanan khas Yogyakarta, yaitu gudeg. Paket komplet, kan?

Hotel terdekat: Villa de Moyeng dan Omah Watu Blencong

53. Bukit Ngisis

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @explorekulonprogo

Masih satu lokasi dengan Kebun Teh Nglinggo, tepatnya di Nglinggo Barat, SobiPegi dapat melihat pemandangan eksotisme bukit dengan udara yang sejuk. Penamaan ‘Ngisis’ diambil dari bahasa Jawa yang artinya sejuk. Yups, kamu bisa menikmati pemandangan dari atas bukit ditemani dengan udara sejuk perbukitan yang dapat melepaskan penat sejenak. Bagi kamu sunrise-hunter, nggak usah capek-capek mendaki gunung. Cukup datang ke Nglinggo Barat, Kulon Progo, tepatnya di Bukit Ngisis, kamu akan mendapatkan view cantik matahari terbit yang memukau. Harga tiket masuknya yaitu Rp10.000* per orang.

Hotel terdekat: OYO 2519 Mayang Garini dan Rimbono Homestay 

54. Ayunan Langit Watu Jaran

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @voilajogja

Wahana ini juga dikenal dengan Sky Wing. Berlokasi di Desa Wisata Purwosari, Kulon Progo, sekitar 30 km dari Yogyakarta. Kamu bisa merasakan sensasi ekstrem dan bakal disambut dengan pemandangan asri khas pegunungan Kulon Progo. Sejak diluncurkan secara resmi pada tahun 2017, wisata Yogyakarta satu ini sukses menarik perhatian banyak wisatawan. Soal keamanan wahana tak perlu khawatir, kualitas ayunan berbahan baja tersebut diklaim mampu menopang beban hingga 500 kg. Gimana, tertarik merasakan pengalaman melayang selama 5-10 menit di sini?

Hotel terdekat: The Gade Village Balkondes Ngargogondo dan Rimbono Homestay 

55. Kebun Tebu Gendu

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @voilajogja

Kebun tebu ini dikelola oleh warga di Dusun Gendu Jatimulyo, Kulon Progo. Karena dirawat dengan sangat baik, Kebun Tebu Gendu justru memikat perhatian banyak orang untuk berburu selfie cantik dengan nuansa alam terbuka. Untuk menuju ke wisata alam Jogja satu ini, kamu dari arah Yogyakarta bisa langsung ke Jalan Godean. Lurus terus ke arah barat hingga perempatan Keteng, lalu ke kanan arah Kalibawang, dan lurus ke arah Goa Kiskendo. Ikuti saja jalan utamanya. Setelah melewati hamparan sawah akan ada jalan naik cukup menanjak. Tetap lurus, nantinya akan terlihat kebun tebu di sebelah kanan jalan.

Hotel terdekat: The Gade Village Balkondes Ngargogondodan Rimbono Homestay

56. Puncak Widosari

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @jogjaimages

Ingin mencoba pengalaman camping yang berbeda? Datanglah ke Puncak Widosari. Memiliki ketinggian sekitar 900 mdpl, panorama pegunungan yang memukau dan hamparan hijau yang luas dari atas bukit akan memanjakan mata. Namun, kamu harus berjalan kaki dari area parkir sampai tiba di atas puncak. Lokasi Puncak Widosari berada di Desa Tritis, Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Agar puas menjelajah, sebaiknya kamu berangkat pagi karena jam buka objek wisata ini mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Hotel terdekat: Homestay Banyumili dan RedDoorz near Terminal Wates Kulon Progo

57. Agrowisata Bhumi Merapi

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @exploreyogyajateng

Agrowisata Bhumi Merapi merupakan salah satu destinasi unggulan Yogyakarta, loh. Di tempat ini, kamu bisa melepas penat dan mengisi energi sebelum kembali beraktivitas. Tempat wisata ala Santorini Yogyakarta ini menyuguhkan suasana yang tenang, udara segar, dan panorama lereng Gunung Merapi yang memesona. Di wisata Kaliurang Jogja ini, kamu bisa mempelajari banyak hal, termasuk tentang peternakan dan pertanian. Mulai dari cara memberi susu anak kambing menggunakan dot, memerah susu kambing etawa, hingga mengolah kotoran menjadi pupuk. Hal yang menjadi magnet utama Agrowisata Bhumi Merapi adalah wahana Langlang Buana. Selain miniatur Santorini Yunani, di dalamnya terdapat berbagai juga miniatur Alpen Lodge dan Haji Lane Singapura. 

Hotel terdekat: Sambi Resort, Spa & Restaurant dan Griya Persada Convention Hotel & Resort Kaliurang

58. Puncak Segoro

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @gunungkidul_kece

Puncak Segoro adalah tebing tinggi yang menghadap Laut Kidul. Berhubung platform-nya ada di atas laut, kamu bisa menikmati pemandangan sunset dari ketinggian atau di atas puncak, alih-alih dari pantai. Selain itu, nikmati juga keindahan pemandangan laut yang terhampar jauh di depan mata. Puncak Segoro berada di kawasan pantai Gunungkidul. Lebih tepatnya, tujuan wisata ini ada di Wiloso, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Di sini kamu dapat menikmati pemandangan dari ketinggian, berburu sunset, dan foto-foto ciamik dengan latar belakang out of the box

Hotel terdekat:  RedDoorz near Parangtritis Beach dan  Baron Hill Resort Gunung Kidul RedPartner

Ada Juga Cafe dan Restoran Keluarga dengan View Kece

59. Bloomery Patisserie

tempat wisata di jogja
Sumber IG: @bloomerypatisserie

Beroperasi sejak 2020 lalu, Bloomery Patisserie telah membuka beberapa cabangnya selain di Yogyakarta. Sebut saja di Magelang, Semarang, dan Solo. Di Yogyakarta sendiri, cafe ini telah membuka dua cabang yaitu di Taman Siswa dan Jalan Kaliurang. Cafe hits di Jogja satu ini menawarkan berbagai varian dessert dengan menu andalannya, yaitu mile crepe, avalanche, dan letter cake. Variannya pun bermacam seperti mile crepe dengan belgian chocolate, lotus biscoff, dan red velvet. Eitss.. Di sini juga menyediakan berbagai macam minuman. Walaupun tempatnya minimalis tapi spot-spotnya nggak kalah menarik untuk foto ciamik.

Hotel terdekat: OYO 2008 Sellinas Family Residence Syariah dan Amaya Suites Hotel 

60. Viavia Artisan Bakery and Deli

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @viaviajogja.bakery

Selanjutnya, ada cafe ViaVia Artisan Bakery and Deli yang menyediakan roti artisan fresh setiap harinya. Mengusung konsep toko kue Eropa dipadukan dengan gaya retro, toko kedai ini menyediakan makanan dan minuman kekinian. Sebut saja cinnamons rolls, baguette, bagels, sourdough bread, croissant, apple pie, hingga cheesecake yogurt. Bagi kamu yang ingin menikmati menu sehat, bisa request menu dessert yang bebas gula, gluten, dan susu. Jadi, aman banget untuk SobiPegi yang sedang diet.

Hotel terdekat: Eclipse Hotel dan Adhisthana Hotel

61. Marisini Coffee

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @marisini.coffee

Marisini Coffee adalah tempat nongkrong yang dibuka pada Januari 2019. Walaupun tempat ini bisa dibilang baru, namun sudah menjadi salah satu tempat nongkrong favorit warga Yogyakarta maupun wisatawan, loh. Terletak di area persawahan, kamu bisa menikmati secangkir kopi dan hidangan lezat sambil memandangi panorama gunung merapi dari kejauhan. Cocok banget buat ngumpul bareng teman atau keluarga. Menu yang ditawarkan beragam, mulai dari hidangan lokal dan Western. Berbagai macam snack juga ada, loh. Seperti roti bakar, pempek, tahu gejrot, pisang goreng, dan tape goreng.

Hotel terdekat: Arilla Eclat Hotel dan OYO 895 Mahameru Residence Near RS Condong Catur 

62. Cafe Brick

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @cafebrickjogja

Mau kulineran sambil foto-foto pas liburan ke Yogyakarta? Ajak sahabat atau teman se-geng main ke kawasan Palagan, yuk! Di sana, ada sebuah kafe yang keren banget buat dikunjungi, Cafe Brick namanya. Jika pada umumnya kafe di Yogyakarta berkonsep tradisional atau modern, Cafe Brick justru mengusung gaya British vintage. Sesuai dengan konsepnya, kamu dapat menemukan banyak sekali spot foto yang unik, loh. 

Hotel terdekat: Dom Hotel Jogja dan OYO 895 Mahameru Residence Near RS Condong Catur

63. Eskala Eatery Bar and Coffee

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @eskalajogja

Eskala Eatery Bar & Coffee adalah salah satu restoran di Yogyakarta yang mengusung konsep industrial dengan desain yang unik dan modern. Di sini, kamu bisa menikmati suasana indoor, outdoor, maupun semi-outdoor. Selain menikmati berbagai macam minuman kopi yang nikmat, di kafe ini kamu juga bisa menikmati hidangan ala Barat hingga Asia, dan berbagai varian menu lainnya. Sebut saja ayam bakar bali, lemon chicken picata, lobster megono, dan empal nasi kemangi. Nggak hanya itu, setiap harinya Eskala juga menghadirkan hiburan DJ dan live music yang bisa kamu nikmati. Pas banget buat kamu yang lagi cari wisata malam Jogja.

Hotel terdekat: De Tropen Jogja Villa dan OYO 90033 DeHome Family

64. Kebon Ndalem

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @kebonndalem.yk

Cafe ini terletak bersebelahan dengan ikon Kota Yogyakarta yang sangat terkenal, yaitu Tugu Jogja. Mampir ke cafe ini, kamu bisa menikmati kopi dan sajian makanan lezat sambil menikmati pemandangan Tugu Jogja dari jarak dekat. Kamu bisa sekalian jalan-jalan ke Malioboro saat mampir ke sini. Wisata Jogja dekat Malioboro ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin memaksimalkan waktu berkualitas bersama teman maupun keluarga. Banyak spot-spot Instagramable yang bisa dijadikan stok foto di sosial media, loh. 

Hotel terdekat: Malioboro Prime Hotel Yogyakarta dan Kotta GO Yogyakarta 

65. Ekologi Desk & Coffee

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @ekologi.id

Pada awal berdirinya, kafe Ekologi mengusung konsep yang berbeda dari kafe biasanya. Ekologi nggak hanya sekadar tempat ngopi, namun juga sebagai co-working space. Ekologi mempunyai dua area; indoor dan outdoor yang dapat dinikmati. Untuk lantai satu, didesain sebagai cafe. Sedangkan lantai duanya, sebagai tempat co-working. Jika ingin menempati space-nya, kamu hanya perlu membeli produk Ekologi kemudian naik ke lantai dua. Tempatnya cozy banget, cocok buat kamu yang suka sama cafe dengan suasana tenang. Nggak hanya itu, mereka juga menyediakan beberapa buku bacaan loh, menarik banget kan? 

Hotel terdekat: Grand Tjokro Yogyakarta Hotel dan Arah Living 

66. Abhayagiri Restaurant

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @abhayagirirestaurant

Abhayagiri Restaurant berada di dalam Resort Sumberwatu Heritage (SWH). Tempat makan ini menawarkan nuansa yang begitu elegan dan pastinya nyaman untuk bercengkerama sambil menghabiskan waktu bersama keluarga. Daya tarik utama dari restoran ini tentu saja lokasinya yang berada di perbukitan. Jadi, kamu bisa memandangi hijaunya sawah luas dan Gunung Merapi yang begitu megah di kejauhan. Soal menu, kamu harus mencoba ayam brangas, ya. Sementara minuman rekomendasinya juga begitu beragam, ada cookies and cream, parang sunrise, dan purple lemonade

Hotel terdekat: Amaranta Prambanan dan Abhayagiri – Sumberwatu Heritage Resort

67. Warung Watoe Gajah

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @watoegadjah

Ingin menikmati sajian Nusantara khas Jogja dengan nuansa alam terbuka? Kuy.. Buruan berkunjung ke restoran satu ini. Di sini, SobiPegi dapat berwisata kuliner sekalian menikmati suasana pedesaan yang asri. Ada hamparan taman hijau yang tengahnya terdapat sungai mengalir bak membelah taman. Kamu tinggal pilih, mau menyantap makanan di outdoor dengan menggelar tikar dan lesehan. Atau bisa juga makan di gazebo-gazebo yang sudah disediakan pihak pengelola. Ada juga pendopo untuk pertemuan keluarga dengan kapasitas besar. Nggak hanya itu, menu yang ditawarkan juga variatif dan menggugah selera.

Hotel terdekat: Rumah Teras Jogja Guesthouse dan OYO 999 Garuda Guesthouse

68. Tepi Sawah Coffee & Eatery

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @tepisawah.coffeeeatery

Tertarik menyantap aneka makanan ringan dan secangkir kopi panas sambil menikmati pemandangan sawah yang begitu asri? Tempat paling tepat untuk dituju adalah Tepi Sawah Coffee & Eatery. Nggak hanya menawarkan ketenangan ditemani dengan suara deru angin dan desau gesekan padi di sawah, matahari terbenam juga menjadi teman bercengkerama paling pas di sini. Menunya juga beragam karena dibagi menjadi main course, snack, pasta, breakfast menu, serta noodle dan bakso. Rasanya yang lezat dan harganya sangat terjangkau menjadikan salah satu restoran favorit bagi pengunjung.

Hotel terdekat: Arilla Eclat Hotel dan Dom Hotel Jogja

69. Secret Garden Coffee and Chocolate

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @secretgardenjogja

Nggak hanya bersama keluarga, Secret Garden Coffee and Chocolate juga jadi pilihan restoran yang sangat pas untuk makan malam atau kencan romantis bersama pasangan. Pasalnya, kafe satu ini memang begitu unik dan cantik dengan mengadaptasi konsep taman yang berada di tengah kota. Ditambah dengan pemilihan warna vintage yang membuat nuansa tempat ini semakin cantik. Nggak heran, tempat ini sering dijadikan tempat wedding dengan konsep garden. Kamu bisa menemukan banyak pilihan menu dengan harga yang terjangkau di sini. 

Hotel terdekat: Ayaartta Hotel Malioboro dan Forriz Hotel Yogyakarta

70. Kelapa Resto Westlake Resort

tempat wisata di jogja
Sumber: IG @westlakeresto

Tempat makan keluarga dengan view keren dan pastinya harus kamu datangi di Jogja adalah Kelapa Resto Westlake Resort. Tempat ini menyuguhkan pemandangan danau yang begitu menenangkan. Kamu juga dapat memakai perahu dengan bentuk bebek untuk mengelilingi area danau sambil menunggu semua menu yang dipesan terhidang di meja. Menu pilihan yang bisa kamu coba yaitu olahan gurame, ikan nila, dan udang yang tentunya punya rasa yang begitu nikmat. 

Hotel terdekat: Sayana Homestay dan The Atrium Hotel & Resort Yogyakarta 

Biaya yang Diperlukan untuk Liburan ke Yogyakarta

Itu dia 70 rekomendasi tempat wisata murah dan kekinian di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Nggak hanya wisata alam memukau, ada juga wisata sejarah dan kuliner yang cocok banget buat hangout bareng teman. Pertanyaan selanjutnya, berapa biaya yang diperlukan untuk traveling/liburan ke Kota Jogja? Jawabannya tergantung kamu bepergian sendiri atau bersama keluarga, serta berapa lama kamu di sana.

Nah, buat yang mau traveling ke Yogyakarta dalam waktu dekat, kamu bisa memilih moda transportasi dengan harga terjangkau seperti tiket kereta atau tiket bus dan travel. Jangan lupa, booking hotel murah di Jogja hanya di Pegipegi!

Saatnya kamu traveling lebih sering dengan budget paling miring bareng Pegipegi! #PegipegiYuk #JuaraHargaTermurah

PESAN TIKET KERETA KE JOGJA PESAN TIKET BUS KE JOGJA PESAN HOTEL DI JOGJA

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: