Destinasi

7 Wisata Alam Mengagumkan Buat Liburan di Sukabumi

Lagi cari destinasi liburan yang seru buat akhir pekan? Jangan khawatir. Kalau Bandung terlalu jauh buat kamu, main ke kota maupun kabupaten Sukabumi aja, yuk!

Hanya 1,5 jam dari Bogor, Sukabumi merupakan sebuah kota yang dikeliling oleh alam yang luar biasa. Mulai dari gunung, danau, bukit hingga pantai bisa ditemukan di sini, lho.

Mulai dari Air Terjun Cimarinjung yang sejuk hingga Pantai Ujung Genteng yang menawan bisa kamu nikmati. Jangan lupa menikmati keindahan dan kemegahan dari Geopark Ciletuh.

Nah, sebagai referensi, Pegipegi punya 7 destinasi wisata alam yang seru buat kamu liburan di Sukabumi, Jawa Barat. Simak, yuk!

Air Terjun Cimarinjung

Air Terjun Cimarinjung merupakan satu dari sembilan air terjun yang ada di kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi. Karakteristik air terjun ini pun terbilang spesial, karena aliran air terjunnya sangat curam. Hal ini disebabkan karena proses erosi yang cukup lambat. Dengan ketinggian mencapai 45 meter, aliran air yang jatuh langsung menghantam permukaan batuan yang keras, menghasilkan debit air yang sangat deras. Hal ini disebabkan karena proses erosi yang cukup lambat. Suasana alam yang asri bersatu dengan cuaca yang selalu sejuk membuat Air Terjun Cimarinjung diburu banyak wisatawan pecinta petualangan. Deretan tebing batu yang ada di sekitar air terjun bahkan mengingatkan kamu akan setting tempat film Jurassic Park.

Air Terjun Benteng

Berada di Desa Bojongsari, Kecamatan Jampangkulon, Air Terjun Banteng selalu jadi destinasi utama para pelancong dari berbagai daerah. Mulai dari Bogor, Bandung hingga Cianjur. Maklum, Air Terjun Banteng menawarkan panorama alam yang cantik dan juga sejuk, lho! Dengan tinggi delapan meter dan lebar 80 meter, Air Terjun Banteng memiliki deretan batu kali yang mirip sekali dengan hewan-hewan, salah satunya banteng, lho! Air sungai yang jernih dapat kamu manfaatkan buat berenang. Apalagi, arusnya yang nggak terlalu deras cukup aman buat kamu bersantai sambil berendam di bawah aliran Air Terjun Banteng.

Pantai Pelabuhan Ratu

Apa yang terpikir dalam benakmu saat mendengar Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi? Biasanya sih, orang langsung terbayang akan Pantai Laut Selatan yang diyakini dihuni oleh Nyi Roro Kidul. Di balik mitos tersebut, Pelabuhan Ratu memang dikenal akan ombaknya yang sangat kuat. Kamu bisa menikmati suasana Pantai Pelabuhan Ratu di pagi hari. Karena Pelabuhan Ratu terletak di selatan, namun kamu bisa merasakan udara pantai yang segar. Main air dan pasir di sana juga asyik banget, soalnya airnya tidak terlalu dingin. Supaya tetap aman, main air di tepian pantai aja.

Situ Gunung

Danau Situ Gunung, terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), sekitar 15 km dari pusat kota Sukabumi. Rasakan atmosfer sejuknya pepohonan dan bukit hijau, serta udara bersih tak berpolusi yang terasa menyegarkan. Perjalanan menuju danau cantik ini bisa ditempuh dengan kendaraan dan parkirlah di area yang telah disediakan. Setelah itu, lanjutkan dengan jalan kaki sekitar 150 meter menuju danau. Sesampainya di sana, kamu akan disambut kicauan burung-burung yang merdu. Danau cantik ini pun terlihat makin eksotis karena dikelilingi hutan pinus dan bukit, sehingga suasananya terasa sejuk. Pantulan awan dan pepohonan dari air danau pun sukses mendamaikan suasana hati, apalagi yang sedang galau, tuh.

Geopark Ciletuh

Bosan liburan ke tempat wisata yang itu-itu saja? Tenang, kota Sukabumi, Jawa Barat siap bikin kamu terkejut lewat wisata Geopark Ciletuh! Kenapa harus ke sini? Yap, secara ilmiah, Geopark Ciletuh memang hanya sekumpulan batuan raksasa tertua di Pulau Jawa. Tetapi, kalau kamu lihat isinya, wisata Geopark Ciletuh menawarkan paket lengkap pantai, air terjun sampai bukit cantik untuk berburu sunrise dan sunset. Saking luasnya, kamu butuh waktu 3-4 hari untuk menjelajah isi dari Geopark Ciletuh. Ya, mirip taman dinosaurus yang ada di film Jurassic Park, sih.

Pantai Ujung Genteng

Sukabumi nggak cuma diberkahi dengan wisata alam khas pegunungan, tetapi juga bahari, lho. Salah satu yang wajib kamu singgahi adalah Pantai Ujung Genteng. Dengan latar Samudera Hindia, Pantai Ujung Genteng punya ombak yang tenang. Dengan hamparan batu karang yang menantang, kamu wajib menikmati suasana sunset yang menawan. Nggak cuma itu. Kamu juga bisa menonton atraksi alami penyu bertelur di Pantai Pangumbahan yang letaknya nggak jauh dari Pantai Ujung Genteng dan sedikit tersembunyi dari keramaian.

Gunung Gede

Buat yang hobi mendaki gunung yang super niat, Gede Pangrango, Jawa Barat adalah jawabannya. Dikenal dengan kekayaan alam, termasuk flora dan fauna langkanya, Gunung Gede dan Pangrango yang membentang dua Kabupaten, Cianjur dan Sukabumi menyajikan pemandangan hijau yang luar biasa. Kamu juga bisa mampir ke salah satu lembah terkenalnya, Lembah Suryakencana dan Lembah Mandalawangi di mana tanaman edelweis tumbuh.

Untuk yang berada di luar Sukabumi, jangan lupa untuk sekalianย cari hotel murahย di sanaย lewat Pegipegi, ya. Selamat liburan!

cari hotel murah lain di Sukabumi

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top