Destinasi

7 Wisata Alam di Pangalengan, Bandung yang Wajib Dikunjungi

Indonesia memang kaya akan tempat wisata yang indah. Bahkan, untuk mengunjungi Bandung aja nggak bakal ada habisnya! Jika berkunjung ke Bandung lagi, nggak ada salahnya untuk mengeksplor kawasan Pangalengan yang berada di Bandung Selatan. Pangalengan dikenal sebagai kawasan pertanian, perkebunan, dan peternakan, jadi kamu bisa merasakan suasana alam yang tidak bisa kamu temui di kota besar. Ada tujuh wisata alam di Pangalengan yang wajib kamu kunjungi. Di mana aja, ya?

1. Pemandian Air Panas Cibolang

Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika berendam di Pemandian Air Panas Cibolang. Soalnya, pemandian air panas yang bersumber dari Gunung Windu ini mata airnya mengeluarkan air panas yang mengandung belerang serta mineral yang bisa menyehatkan kulit. Bukan cuma menyehatkan kulit, tapi banyak penyakit yang bisa disembuhkan jika berendam di sana, salah satunya rematik.

Pemandian Air Panas Cibolang memiliki luas sekitar dua hektar dan berada pada ketinggian 1.450 meter di atas permukaan laut, sehingga udara di sekitarnya terasa sejuk. Lokasinya berada di Desa Wayang Windu, dekat banget dengan Perkebunan Teh Malabar Pangalengan.

2. Perkebunan Teh Malabar

Dari Perkebunan Teh Malabar, kamu bisa melihat pemandangan indah dari ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut. Dengan luas sekitar 2.022 hektar, Perkebunan Teh Malabar bisa mengolah 60 kg pucuk teh setiap harinya dnegan melibatkan tenaga kurang lebih sebanyak 1.860 orang. Tempat ini cocok banget untuk berburu sunrise. Jadi, kalau mau main ke sini, datanglah pagi-pagi! Selain Perkebunan Teh Malabar, kamu juga bisa mengunjungi perkebunan teh lain di Pangalengan, seperti Perkebunan Teh Purbasari, Perkebunan Teh Pasir Junghun, Perkebunan Teh Pasirmalang, Perkebunan Teh Cukulm, dan lain-lain.

3. Curug Pangaten

Disebut Curug Panganten karena curug ini memiliki dua aliran air terjun yang saling berdampingan layaknya sepasang pengantin di pelaminan. Curug Panganten juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah soalnya berada di balik rimbunnya hutan tropis hijau yang berlumut. Air sungainya juga sangat bersih dan jernih, sehingga bikin udara di sekitarnya segar. Di sekitar Pangalengan juga masih ada curug lain yang bisa kamu kunjungi, seperti Curug Malabar, Curug Cisadawindu, Curug Ciruntah, Curug Plengan, Curug Sanghiang, Curug Cikakapa, Curug Cibaliung, Curug Patra, dan Curug Cihideung.

4. Situ Cileunca

 

Situ Cileunca adalah danau yang terletak di Desa Pulosari. Danau ini berada pada ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut, luasnya 180 hektar, dan dikelilingi oleh Perkebunan Teh Malabar. Pada zaman penjajahan Belanda, Situ Cileunca digunakan sebagai sumber listrik warga Bandung, juga digunakan sebagai sumber air bersih dengan kapasitas air 9,89 juga meter kubik. Nggak heran jika udara di sekitarnya sangat segar. Masyarakat di sekitar Situ Cileunca menggunakan perahu kayu dengan motor tempel kecil sebagai sarana transportasi.

5. Sungai Palayangan

Kamu juga bisa melakukan rafting di Pangalengan, tepatnya di Sungai Palayangan, sungai yang berawal dari Situ Cileunca dan berakhir di Hutan Pinus Rahong. Sungai yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam, sehingga cocok untuk pemula maupun yang sudah expert. Bukan hanya asyik untuk main rafting, tapi Sungai Palayangan juga asyik untuk menikmati suasana, soalnya sungai ini dikelilingi oleh hutan pinus, perkebunan teh, dan kebun sayuran. Sungai lain di Pangalengan yang bisa kamu manfaatkan untuk rafting adalah Sungai Cisangkuy.

6. Gunung Puntang

Gunung Puntang memiliki ketinggian 2.223 meter di atas permukaan laut, sedangkan kawasan bumi perkemahannya berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Sehingga, udaranya sangat segar. Pemandangan di sekitarnya juga sangat indah dan asri. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Gunung Puntang, seperti berkemah, trekking, atau bersepeda. Menariknya, di sana terdapat Air Terjun Siliwangi yang menambah daya tarik Gunung Puntang, juga ada kolam cinta yang berbentuk lambang hati (love). Tapi, kolam tersebut sudah tidak terawat lagi.

7. Kampung Cai Ranca Upas

ranca-upas

foto oleh: traveliday.com

 

Kampung Cai Ranca Upas berada di jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam EndahKampung Cai Ranca Upas memiliki luas sekitar 215 hektar dan dikelilingi hutan lindung dengan aneka tanaman, seperti Pohon Huru, Jamuju, Pohon Kurai, Kihujan, Kitambang, Hamirug, Puspa, dan Pasang. Sedangkan, fauna-fauna yang ada di sana adalah beragam jenis burung dan jenis satwa lainnya. Di Kampung Cai Ranca Upas juga ada penangkaran rusa. Lucunya, kamu bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa di sana.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Seru kan menjelajah kawasang Pangalengan di Bandung Selatan! Supaya bujet liburan kamu terjangkau, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Bandung lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bandung pesan tiket kereta api murah ke bandung cari hotel murah di bandung

Foto utama: http://www.ragamtempatwisata.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 6,256 times, 75 visits today)

Comments

To Top