Tips

7 trik supaya nggak gampang sakit saat travelling

Asyiknya menjalani traveling kadang bikin kita lupa mempertahankan gaya hidup sehari-hari. Mulai dari menjaga pola makan, sampai disiplin soal waktu istirahat. Nggak heran, tubuh pun jatuh sakit, dan ujung-ujungnya traveling jadi nggak asyik, deh. Selain nggak puas mengeksplorasi lokasi wisata, sakit saat travelling juga berpotensi membuat pengeluaran membengkak dari seharusnya. Nah, mulai sadar, kan, pentingnya menjaga kesehatan saat traveling? Yuk, lakukan lima trik ini supaya tubuh nggak gampang sakit saat traveling!

1. Rajin cuci tangan
Hal ini kelihatannya sepele, tapi salah besar jika kamu abaikan begitu saja. Selama travelling, kamu akan bertemu banyak orang—yang mungkin saja sedang sakit—atau kontak fisik dengan berbagai tempat yang mungkin saja jadi sarang bakteri, seperti pegangan pintu toilet dan kursi kendaraan umum. Hindari berpindahnya kuman dengan rajin mencuci tangan, terutama sebelum makan. Biasakan untuk tidak menyentuh wajah—terutama bibir dan hidung—terlalu sering. Untuk cara praktis, bisa juga membawa hand sanitizer di dalam tas kamu.

2. Tetap aktif
Menjaga badan supaya tetap bergerak aktif selama liburan memang agak susah, travelers. Apalagi kalau kamu melewati perjalanan panjang yang mengharuskan banyak duduk di pesawat, mobil atau moda transportasi lainnya. Nah, untuk menjaga siklus tubuh tetap aktif, biasakan jalan kaki saat berpindah tempat wisata jika jaraknya tidak terlalu jauh. Lebih seru lagi, sewa sepeda untuk mengeksplor beberapa spot yang jaraknya berdekatan. Nggak hanya membuat tubuh sehat, kamu juga bisa menekan biaya transportasi, kan.

www.theguardian.com

www.theguardian.com

3. Konsumsi makanan sehat
Biasakan untuk mengawali hari dengan sarapan bergizi—misalnya buah dengan yoghurt—yang disediakan di hotel tempatmu menginap. Jangan lupa untuk selalu membawa air mineral dan camilan bergizi di dalam tas seperti granola bar dan roti sobek, yang pas untuk mengganjal lapar di tengah asyiknya traveling. Ketika waktu makan, pilih makanan yang bergizi misalnya nasi dengan lauk pauk dan sayuran. Hindari soda dan makanan cepat saji yang dampaknya nggak baik untuk tubuh.

arsenal-scotland.blogspot.com

arsenal-scotland.blogspot.com

4. Paparan sinar matahari
Traveling memang nggak bisa jauh-jauh dari kegiatan outdoor. Berjemur di bawah sinar matahari memang bagus untuk asupan vitamin D, asalkan nggak lebih dari 10 menit. Setelahnya, pastikan kamu sudah melindungi kulitmu dari ancaman kanker kulit dengan memakai krim tabir surya. Hati-hati, kolagen pada kulit yang menipis membuat kulit lebih mudah berkerut dan dipenuhi noda, lho.

5. Istirahat cukup
Waktu traveling yang terbatas kadang ‘memaksa’ kita memforsir waktu untuk jalan-jalan, dan hanya menyisakan sedikit waktu untuk istirahat. Padahal memaksakan diri seperti ini akan membuat tubuh kelelahan, dan besoknya justru jatuh sakit. Biasakan untuk tidur minimal delapan jam setiap harinya, matikan lampu dan ponsel agar tidur lebih berkualitas. Keesokan harinya tubuh kembali fit, traveling jalan terus, deh.

fitlife.tv

fitlife.tv

6. Rajin makan buah
Sebenarnya buah nggak hanya penting dikonsumsi saat traveling saja, sih. Tapi berhubung traveling butuh tenaga lebih, buah-buahan bisa menjadi suplemen yang aman dan paling bermanfaat untuk tubuh. Konsumsi aneka sayur dan buah berwarna cerah seperti merah, oranye, dan hijau yang bisa menjadi antioksidan. Sementara aneka buah beri seperti blueberry dan anggur hitam bisa menjaga kolagen kulit tetap elastis. Sebuah studi bahkan menyatakan, rajin makan tomat dapat mencegah kulit terbakar kemerahan saat di bawah sinar matahari. Ehm, tapi bukan berarti nggak pakai krim tabir surya juga, lho!

7. Hindari stres

Mencak-mencak ketika pesawat delay? Menggerutu saat melihat antrean untuk ke toilet umum? Duh, sayang banget kalau momen liburan kamu rusak gara-gara mood yang buruk. Padahal, traveling dimaksudkan untuk melepas penat dan menjauhi aura negatif, kan. Selain mood buruk menular ke teman-teman sekitar, kamu juga bisa stres dan ujung-ujungnya malah sakit kepala, tuh. Solusinya, ambil sisi positif dari setiap hal menyebalkan yang kamu alami, misalnya manfaatkan waktu delay untuk mengabari keluarga dan mengunggah foto liburan di media sosial.

www.smartertravel.com

www.smartertravel.com

(Visited 372 times, 1 visits today)

Comments

To Top