Tips

7 trik hemat baterai ponsel saat liburan

Buat sebagian orang, yang namanya ponsel memang bagai nyawa kedua. Sehari-hari terbiasa asyik dengan ponsel, tentunya begitupun saat kita traveling. Nggak hanya dipergunakan untuk foto atau eksis di media sosial, ponsel juga bisa dimanfaatkan saat mencari arah dengan memanfaatkan aplikasi peta digital. Tapi apa jadinya jika baterai ponsel low batt saat traveling? Mau ngecharge juga susah karena traveling biasanya dihabiskan seharian penuh di luar ruangan. Nah, biar terhindar dari masalah, pegipegi punya 7 trik untuk menghemat baterai saat traveling.

1. Matikan beberapa fitur
Agar baterai ponsel lebih hemat, ada beberapa fitur yang bisa dimatikan tanpa mengganggu kinerja ponsel. Matikan Wi-Fi karena nggak semua daerah punya jaringan Wi-Fi—apalagi jika kamu traveling ke gunung atau pantai. Selain itu, matikan fitur location service dan bluetooth, non aktifkan semua fitur notifikasi, dan buat ponsel dalam keadaan silent (tanpa getar). Selain menghemat baterai, momen traveling jadi makin asyik karena nggak diganggu dering ponsel berulang kali.

2. Gunakan seperlunya
Cara paling utama agar baterai ponsel hemat tentu saja dengan meminimalisir pemakaian. Kurangi memakai ponsel untuk hal yang nggak perlu, misalnya mendengarkan musik, atau main games. Jika bosan melanda saat di perjalanan, atasi dengan ngobrol bersama partner traveling kamu. Bagi solo traveler, bisa juga menikmati pemandangan di sekitar, membaca novel, atau beristirahat agar tubuh bugar saat traveling dimulai. Satu hal utama, pastikan baterai sudah diisi sampai penuh saat akan traveling.

www.cnn.com

www.cnn.com

3. Manfaatkan peta
Hari gini, traveling tanpa pemandu wisata bukan masalah. Kita bisa memanfaatkan aplikasi peta digital yang ada di ponsel untuk mencari arah lokasi wisata yang kita tuju, semudah sentuhan jari. Tapi tentu saja aplikasi tersebut menghabiskan banyak daya baterai. Makanya, manfaatkan peta konvensional dan bertanyalah pada penduduk setempat saat kamu kesulitan mencari alamat. Dengan begitu baterai ponsel aman dan nggak cepat habis, kan.

moviespix.com

moviespix.com

4. Ganti mode 3G ke 2G
Salah satu cara efektif untuk mempertahankan baterai tetap hemat adalah dengan mengubah jaringan 3G menjadi 2G. Walau koneksi internet jaringan 2G lebih lambat, tapi energi baterai yang digunakan lebih sedikit dibandingkan dengan jaringan 3G. Atau coba cara yang lebih ekstrem dengan mengaktifkan fitur Airplane Mode, sehingga ponselmu nggak bisa melakukan kontak apapun yang memakai data selular. Bedanya dengan ponsel yang dimatikan, kamu masih bisa memakai ponsel untuk foto, kalkulator, dan apapun fitur yang nggak memakai data selular.

5. Matikan ponsel saat sinyal lemah
Buat kamu yang traveling keliling kota, kekuatan sinyal ponsel bukan masalah. Tapi bagi kamu yang traveling ke gunung, hutan, atau daerah terpencil lainnya, tentu ada kalanya akan sulit mendapat sinyal ponsel. Kalau sudah begitu, segera matikan ponsel. Ketika sinyal provider lemah, ponsel akan melakukan usaha ekstra untuk mendapatkan sinyal dan ini membuat penggunaan baterai makin boros. Begitu berada di lokasi yang strategis, baru, deh, nyalakan kembali ponsel kamu.

www.economist.com

www.economist.com

6. Minimalisir cahaya layar ponsel
Logikanya, semakin terang layar ponsel maka semakin banyak energi yang dibutuhkan. Tentu saja hal ini berpengaruh ke daya baterai ponsel yang terus menipis. Padahal, traveling umumnya dilakukan di luar ruangan, sehingga layar yang terlalu terang pun nggak ada pengaruhnya, kan. Sebaiknya atur cahaya layar ponsel pada mode Auto-Brightness sehingga ponsel akan otomatis menyesuaikan dengan situasi. Ketika di kondisi terang, maka layar ponsel meredup, dan ketika di dalam ruangan otomatis akan lebih terang.

7. Atur kamera

Traveling tanpa berfoto, rasanya nggak lengkap. Maklum, kini guna ponsel bergeser karena adanya fitur kamera yang memudahkan untuk mengabadikan momen, pemandangan, maupun sekadar selfie. Supaya baterai tetap hemat, biasakan untuk nggak mengecek hasil foto setelah mengambil foto. Atur juga fitur flash menjadi Auto-Flash, sehingga kamera ponsel akan menyesuaikan dengan cahaya di sekitar. Ketika di luar ruangan—terutama saat ada matahari—flash nggak akan bekerja. Namun ketika di dalam ruangan atau saat kondisi gelap yang butuh penerangan, flash otomatis menyala.

www.finedininglovers.com

www.finedininglovers.com

(Visited 425 times, 1 visits today)

Comments

To Top